Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang Wajib Dicermati Sebelum Pindah Tagihan Kartu Kredit

Lunasin utang kartu kredit! Itukah resolusi tahun baru yang dibikin? Kalau iya, sudah kantongi caranya?

Enggak usah putar otak lama-lama. Cukup manfaatkan transfer balance. Itu lho, jurus pindahkan utang tertagih dari satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya dari bank lain.

Maksudnya bukan berarti menghapus utang lho, tapi mencari solusi pelunasan yang lebih menguntungkan. Misalnya mengubah utang itu jadi cicilan nol persen yang pastinya meringankan isi dompet.

pindah tagihan kartu kredit
Pindah tagihan itu intinya untuk “meringankan” bukan “menghapuskan” ya. Kalau bisa dihapuskan ya semuanya juga mau dong hehehe. (menghapus tulisan/Okezone)

Masih ragu? Oke, berikut ini alasan logis mengapa perlu mempertimbangkan transfer balance kartu kredit.

1. Ketika cicilan kartu kredit dikenai bunga. Artinya ada dua beban yang ditanggung, yakni utang pokok plus bunga.

Tahu sendiri kan bunga kartu kredit itu dikenal paling tinggi. Nah, lewat transfer balance, ada opsi lunasi tagihan dengan cicilan nol persen. Lebih ringan kan?

2. Bikin bagus catatan kredit. Maksudnya, saat pakai transfer balance maka penggunaan kartu kredit sebelumnya menjadi nol persen.

Tentu catatan bagus itu bisa didapat dengan syarat jangan tambah utang lagi di kartu kredit yang baru. Beda kalau sudah lunas, silakan gunakan.

3. Ingin nikmati fitur di kartu kredit baru. Mungkin ini bisa jadi alasan ketika fasilitas kartu kredit lama sudah tak sesuai lagi dengan kebutuhan.

Ketika ada tawaran lebih baik dari penerbit kartu kredit lain, kenapa tidak diambil? Lagi pula, kepemilikan kartu kredit sekarang kan dibatasi. Transfer balance bisa jadi cara untuk mengurangi jumlah kartu kredit di dompet.

Ketika sudah mantap untuk transfer balance, berikutnya pahami dengan seksama aturan mainnya. Ini jadi penting agar keuntungannya jadi maksimal.

Biaya transfer

Paling pertama, ketahui dulu berapa biaya transfer balance kartu kredit. Jangan harap ini gratisan ya?

pindah tagihan kartu kredit
Semua pasti ada biayanya, transfer balance pun begitu (memberikan kartu kredit/Dougroller)

Lazimnya, permintaan transfer balance ini dikenakan biaya rata-rata Rp 25 ribu. Tapi tergantung sama kebijakan penerbit kartu kredit. Tanyakan dengan detail soal ini.

Suku bunga

Pastikan dulu besaran suku bunga yang ditawarkan sebelum transfer balance. Syukur-syukur nol persen dalam jangka waktu yang lama meski susah menemukan.

Rata-rata tawaran cicilan nol persen ini berlaku antara tiga sampai enam bulan. Alangkah baiknya kalau dinegosiasikan dulu. Misalnya ajukan permintaan cicilan nol persen berlaku selama setahun. Namanya aja usaha.

Maksimal tagihan di kartu kredit lama

Bank biasanya membatasi limit tagihan yang bisa dilakukan transfer balance. Misalnya maksimal 80 persen dari tagihan. Jadi kalau tagihannya Rp 10 juta, yang dilunasi oleh bank cuma Rp 8 juta.

Pastikan juga, plafon kartu kredit yang baru di atas kartu kredit lama. Kalau dibawah, ya siap-siap kena biaya over limit. Keluar duit lagi.

Denda dan biaya pinalti pelunasan dipercepat

Jangan lupa juga soal biaya pinalti gara-gara utang kartu kredit dilunasi sebelum jatuh tempo. Ketahui dulu di awal agar niat menekan pengeluaran gara-gara utang kartu kredit tercapai.

Begitu pun dengan denda. Pastikan dulu tidak ada denda yang dikenakan saat ambil fasilitas transfer balance.

Tetap bayar tagihan sebelum transfer balance disetujui

Hindari sikap sok pede dengan menyepelekan tagihan kartu kredit lama. Tetap bayar tagihan yang jatuh tempo sampai ada kepastikan transfer balance dari penerbit kartu kredit lain disetujui.

pindah tagihan kartu kredit
Ingat mas bro dan mbak sist, mentang-mentang mau bikin yang baru yang lama dilupain. Jangan habis manis sepah dibuang hehe, tagihan is tagihan (bayar pakai kartu kredit/Istockphoto)

Puasa gesek dulu

Ada baiknya jangan gunakan kartu kredit dulu sampai utang tagihan lunas atau minimal mendekati lunas. Cara ini lebih bijak agar fokus dulu pada sisa tagihan yang menjadi beban pengeluaran bulanan.

Ingat di niat awal pas bikin resolusi, yakni melunasi utang kartu kredit bukan untuk menambah utang. Komit dong sama tujuan itu.

Last but not least…

Transfer balance bisa jadi jurus jitu menghindar beban bunga besar sekaligus memperbaiki catatan kredit. Bila itu goal-nya, sesegera mungkin cari penerbit kartu kredit yang menawarkan transfer balance yang terbaik.

Yang tak kalah penting lagi, bangun motivasi pada diri sendiri untuk memberesi sisa tunggakan utang kartu kredit itu dalam tempo secepat-cepatnya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Celakahlah Mereka yang Biasa Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit]

[Baca: Daftar Denda Kartu Kredit yang Bisa Dihilangkan]

[Baca: Kenali Angka-angka yang Tertera di Lembaran Tagihan Kartu Kredit]

Posting Komentar untuk "Hal-hal yang Wajib Dicermati Sebelum Pindah Tagihan Kartu Kredit"