Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Kartu Kredit Tidak Pernah Digunakan? Simak Dulu Ini Deh Biar Gak Nyesel

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Siapa sih yang gak kenal dengan kartu kredit? Hampir semua orang saat ini pasti punya deh si ‘uang plastik’ ini di dompetnya. Gak sedikit juga orang yang walau sudah memiliki kartu kredit namun masih enggan menggunakannya.

 

Orang-orang ini enggan bertransaksi dengan kartu kredit demi menghindari biaya-biaya yang timbul akibat pemakaian ‘kartu sakti’ tersebut. Coba deh singkirkan dulu jauh-jauh stigma negatif tentang kartu kredit.

 

Terutama bagi yang sudah memiliki kartu kredit nih, yakin mau melewatkan beragam manfaat yang bisa diperoleh? Mau punya kartu kredit tidak pernah digunakan sampai kapan?

 

[Baca: Ingin Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit Coba Manfaatin Fasilitas Point Rewards Deh]

 

Satu hal yang harus dipahami, akan tetap ada konsekuensi yang mengikuti walau kartu kredit gak digunakan loh. Saat kartu kredit sudah diaktifkan, dia akan terus ‘hidup’ sampai suatu saat pemegang atau pihak bank menonaktifkannya.

 

Nah, gimana, rugi kan kalau dipikir-pikir. Punya kartu kredit tapi gak pernah digunakan untuk bertransaksi. Tambahan lagi, saat memasuki tahun kedua, kita tetap wajib membayar iuran tahunan.

 

Sebelum memutuskan untuk ‘nganggurin’ kartu kredit yang sudah terlanjur diaktifkan, simak dulu deh hal-hal berikut:

 

1. Biaya Tahunan

Setiap kartu kredit pasti disertai dengan yang namanya biaya tahunan atau annual fee. Iuran ini akan otomatis dibebankan saat kartu kredit aktif. Di tahun pertama, bank biasanya membebaskan annual fee alias gratis. Hal ini dilakukan untuk menarik nasabah agar mau memiliki kartu kredit.

 

kartu-kredit-tidak-pernah-digunakan-1

Kenapa kalau lihat duit dibilang mata hijau ya, padahal merah tuh hehehe 

 

 

Bayangin aja, jika kita punya kewajiban bayar iuran tahunan yang lalai dibayar, bisa-bisa malah numpuk utang dong. Semisal iuran tahunan sebesar Rp 250 ribu dan kartu kredit aktif selama 3 tahun maka total tagihan annual fee sudah Rp 750 ribu. Wow, jumlah yang lumayan tuh.

 

2. Susah Mendapat Fasilitas Pinjaman

Saat utang menumpuk dan ternyata gak bisa melunasi, siap-siap saja masuk blacklist Bank Indonesia (BI). Blacklist adalah daftar yang memuat nasabah bank yang kreditnya bermasalah, nah loh!

 

Kalau kita masuk ke daftar ini dengan skor rendah alias kreditnya bermasalah, dipastikan kita bakal susah dapetin fasilitas pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain. Makanya, harus hati-hati.

 

[Baca: Alasan Kenapa Kamu Butuh Kartu Kredit Buat Membantu Keuanganmu]

 

3. Risiko Hilang

Tahu kan kalau kita punya barang yang jarang digunakan, pada akhirnya akan sedikit terlupakan atau malah hilang. Apa yang terjadi kalau kartu kredit sampai hilang, bisa fatal akibatnya.

 

Bagaimana jika kartu kredit jatuh ke tangan orang yang gak bertanggungjawab, bakal bisa disalahgunakan untuk bertransaksi secara ilegal. Sangat penting untuk selalu menyimpan kartu kredit di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

 

4. Nggak Bisa Menikmati Program

Pernah berpikir gak kartu kredit yang gak digunakan, bisa malah merugikan kita. Kok bisa?  Ya karena banyak kartu kredit yang menawarkan promo menarik mulai dari cashback hingga cicilan 0 persen.

 

kartu kredit tidak pernah digunakan

Yakin mau ngelewatin promo cicilan 0 persen, nanti nyesel deh gak bisa punya barang keren harga cetar! 

 

 

Walau banyak tawaran menarik, tetap saja kita harus memerhatikan penggunaannya. Jangan sampai tagihan membengkak dan gagal dilunasi. Celaka 13 nanti.

 

5. Dibombardir Program

Kartu kredit aktif yang dibiarkan nganggur bakal bikin pihak marketing bank makin getol ‘memaksa’ kita untuk bertransaksi. Pihak bank akan menganggap kita sebagai nasabah yang gak potensial. Bisa saja setiap hari kita dibombardir telepon atau sms agar aktif bertransaksi.

 

Gimana nih, sekarang udah ngerti kan prinsip kartu kredit yang aktif tapi dianggurin itu bakalan gimana dampaknya. Nah, makanya jangan asal nganggurin kartu kredit.

 

 

Dengan penggunaan yang tepat dan cerdas, kartu kredit bisa membantu kok, contohnya untuk membeli tiket pesawat atau bayar tagihan listrik. Yang pasti selalu gunakan dengan bijak ya!

 

[Baca: Punya Kartu Kredit Banyak Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat Gak Percaya]

 

 

 

Image Credit:

  • http://d.ibtimes.co.uk/en/full/432108/indonesias-rupiah-drops-below-12000-dollar-first-time-since-2009.jpg
  • http://assets.bmdstatic.com/assets/images/promo/cicilan-bni-header.jpg

Posting Komentar untuk "Punya Kartu Kredit Tidak Pernah Digunakan? Simak Dulu Ini Deh Biar Gak Nyesel"