Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Rumah Emang Wajib, Tapi Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

Setiap orang pasti pengin banget membeli rumah dan punya rumah sendiri. Rasanya udah tenang aja gitu bila kamu udah tinggal di rumah sendiri. Kamu gak perlu bayar sewa tempat tinggal lagi ataupun takut biaya sewa tersebut naik setiap tahun.

Selain secara tunai, banyak juga yang memilih buat membeli rumah dengan cara KPR. Mereka ini berpikir, lebih baik buat membayar cicilan rumah yang mirip dengan bayar kontrakan namun nanti rumah tersebut jadi milik sendiri.

Pemikiran-pemikiran tersebut emang benar. Akan tetapi, saat kamu memutuskan buat membeli rumah, keputusan tersebut adalah komitmen jangka panjang.

Khusus buat kamu yang membeli rumah dengan cara KPR, ada beberapa hal yang kamu perlu tanyakan secara jujur pada diri sendiri. Adapun pertanyaan yang bisa kamu ajukan pada diri sendiri adalah sebagai berikut.

1. Udah punya tabungan dan investasi?

Gimana kamu mau beli rumah atau minimal ajukan KPR kalau kamu gak punya tabungan atau investasi?

Contoh, saat kamu pengin beli rumah dengan harga Rp 400 juta. Dari angka tersebut, kamu harus punya minimal Rp 80 juta buat bayar uang muka rumah tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu menabung dan investasi sedini mungkin biar angka tersebut segera tercapai.

Jangan pernah gunakan pinjaman buat membayar uang muka saat mau ajukan KPR. Cara tersebut malah bikin beban utang kamu makin bertambah. Itu namanya kamu mengutang buat bisa ngutang.

2. Sedang punya utang atau gak?

Pada dasarnya, persentase jumlah utang kamu dari total pendapatan gak boleh lebih dari 30 persen. Jadi, bila gaji kamu saat ini Rp 15 juta maka total cicilan kamu gak boleh lebih dari Rp 4,5 juta.

Punya utang gak salah, kok. Namun, kamu perlu pastikan tujuan utang kamu buat apa dan persentasenya berapa.

Bila saat ini kamu masih terbelenggu sama yang namanya utang kartu kredit karena kebiasaan konsumtif maka sebaiknya tunda dulu beli rumah. Sebab, kamu perlu mendisiplinkan diri soal uang terlebih dahulu.

Andaikata yang kamu punya adalah utang produktif, kamu pun patut mempertimbangkan beberapa hal. Sekalipun presentase utang produktifmu udah lebih dari 30 persen bila ditotalkan dengan cicilan KPR, sebaiknya sabar dulu. Kamu musti hitung kembali apakah biaya sewa rumah atau kostmu saat ini ditambah ongkos transportasi kamu hampir setara dengan cicilan rumah tersebut.

Contoh, dengan gaji kamu Rp 15 juta, kamu punya cicilan Rp 1 juta. Namun, selama ini kamu sewa kosan di pusat kota sebesar Rp 2 juta. Dari angka tersebut sebenarnya kamu bisa KPR rumah dengan cicilan Rp 4,5 juta.

Kamu bisa mengambil porsi buat sewa kos buat bayar cicilan aja. Meski dengan catatan, kamu perlu tambah sedikit biaya transportasi.

3. Baru dapat kerjaan baru atau pengin resign?

Pertanyaan ini khususnya patut kamu ajukan buat kamu yang pengin ajuin KPR. Biasanya saat bakal ajuin program cicilan rumah, kamu bakal ditanyain berapa lama udah bekerja.

Jadi, pastikan buat settle dulu di pekerjaan sekarang sekitar minimal satu tahun. Dengan gitu, pengajuan KPR kamu lebih mudah disetujui.

Gak cuma karena alasan itu aja, pekerjaan baru belum tentu pasti buat kamu. Apalagi kalau kamu masih dalam masa probation atau belum kenal banget sama perusahaan sekarang. Ingat lho, KPR adalah komitmen jangka panjang. Jadi, pastikan kamu bisa bayar cicilan selama bertahun-tahun.

4. Punya uang gak setelah membeli rumah?

Sayangnya, beberapa orang cuma berfokus buat mengumpulkan DP rumah dan biaya administrasi terkait. Namun, mereka lupa buat memastikan apakah uang mereka bakal masih stabil atau gak setelah beli rumah.

Ada baiknya buat pastikan tabungan dan investasi kamu gak ludes gitu aja setelah membeli rumah. Pasalnya, kebutuhan setelah membeli rumah pun sangat penting. Kamu gak tahu kan bisa jadi ada kebutuhan dadakan.

5. Gimana reputasi kredit kamu di SLIK OJK?

Pertanyaan ini berkaitan banget dengan pertanyaan nomor dua. Beban utang yang tinggi dan pembayaran yang gak lancar bakal memengaruhi reputasi kredit kamu di Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK) atau yang sebelumnya dikenal dengan istilah BI Checking. Padahal, buat mengajukan KPR, reputasi kredit kamu bakal diperiksa.

Oleh sebab itu, mulai saat ini pastikan lunasi cicilan kamu tepat waktu. Selain supaya reputasi kredit kamu bagus, hal tersebut juga menandakan kamu sehat secara finansial.

Nah, setelah kamu bisa jawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa bikin keputusan deh jadi membeli rumah di tahun ini atau gak.

Ingat, lho, jawablah pertanyaan di atas sejujur-jujurnya. Toh hal tersebut berkaitan dengan kenyamanan finansial kamu nanti saat udah jadi beli rumah. Jangan sampai setelah KPR rumah, kamu malah melarat.

Posting Komentar untuk "Punya Rumah Emang Wajib, Tapi Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini"