Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Pusing Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Simak Solusi Gratis dari BI

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Zaman semakin modern dan kebutuhan hidup makin menuntut. Itulah mengapa fasilitas kredit pun sekarang makin mudah diakses siapa saja.

 

Hanya dengan ngasih data diri, bisa dapet kredit tanpa agunan. Walaupun usaha cuma skala rumah tangga, kredit usaha mikro bisa cepet didapet loh.

 

Tapi, sayangnya gak sedikit yang kemudian terlena dengan mudahnya proses memperoleh kredit ini. Tanpa pikir panjang, mereka ambil kredit buat memenuhi kebutuhan.

 

[Baca: Gali Lubang Tutup Lubang Jangan Mau Tercekik Ini Jalan Keluar dari Utang]

 

 

Ujung-ujungnya, gak jarang mereka kelimpungan karena terlilit utang bank. Penyebabnya, gak ngatur keuangan setelah dapet kredit.

 

Bahkan ada yang seperti belum siap dapet kucuran dana segar dalam jumlah banyak. Walhasil, dana yang seharusnya berguna buat pribadi malah dihabiskan buat hal-hal yang gak bermanfaat.

 

terlilit utang bank

Paling gak tahan kalau ada papan SALE, ata gelap dan kalap ujung-ujungnya penyesalan tiada akhir

 

 

Misalnya nih ambil kredit UKM, rencana sih mau buat nambahin modal. Tapi pada saat bersamaan ditawarin sepeda motor merek terbaru. Jadinya kredit dari bank diambil sebagian buat nebus motor.

 

Itu namanya gegabah dan gak bertanggung jawab. Bahkan ada juga yang setelah stres terlilit utang kartu kredit malah ambil jurus langkah seribu alias kabur.

 

Kalau sudah kabur, apa masalah bakal selesai gitu aja? Yang ada kita jadi buron, sementara utang bank terus membelah diri kayak amoeba, semakin numpuk lantaran terus berbunga. Hiyy serem…

 

[Baca: Surat Terbuka untuk Temanku yang Punya Utang Sama Aku]

 

 

Bantuan Gratis Bank Indonesia

Seharusnya kita bersikap terbuka saja kalau memang gagal melunasi kredit. Ada Bank Indonesia selaku pemerintah yang mau membantu sebagai penengah, kok. Gak usah khawatir soal biaya, gratis lagi.

 

Bank Indonesia udah nerbitin Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 8/5/PBI/2006 tentang mediasi perbankan.

 

terlilit utang bank

Jangan percaya sama tukang obat di pasar bro, sama yang legal dan pasti-pasti aja ya

 

 

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa Bank Indonesia bisa membantu dengan 3 kelebihan berikut ini:

 

1. Bebas biaya

2. Periode mediasi maksimal 60 hari kerja terhitung sejak penandatanganan perjanjian mediasi

3. Mediasi dilakukan secara fleksibel dan informal

 

Eits sebentar, ada syarat tambahan lain yang ditetapkan, antara lain:

 

1. Nilai kredit yang bermasalah di bawah Rp 500 juta

2. Belum pernah melewati jalur mediasi lewat BI atau lembaga mediasi lain, seperti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau Pusat Mediasi Nasional

3. Belum masuk proses peradilan

4. Umur sengketa maksimal 60 hari terhitung sejak masalah itu disampaikan bank kepada nasabah

 

Untuk meminta bantuan gratis ini, kita hanya perlu menyiapkan segala persyaratan yang ditentukan Bank Indonesia. Kita bisa mengunjungi BI langsung atau menelepon ke (021) 500131 untuk mendapat informasi mediasi ini.

 

Namun harus diingat, Bank Indonesia hanya bertindak sebagai mediator. Jadi, keputusan akhir tentang sengketa itu tetap ada di tangan bank terkait.

 

Agar Tidak Gagal Bayar Cicilan

Meski gratis, tetap saja proses mediasi itu memakan waktu, tenaga, dan biaya. Biaya itu bukan buat BI tentunya, ya, tapi misalnya ongkos transport dan beli es teh manis kalau haus di jalan hehehe. Jadi, sebaiknya proses itu dihindari. Caranya, jangan gagal bayar cicilan.

 

terlilit utang bank

Kalau perlu tandain deh tuh, biar bayar cicilan gak telat. Jangan cuma inget sama tanggal merah aja masbro!

 

 

Utang itu bukan durian runtuh atau rezeki nomplok dari langit. Kita wajib melunasinya. Itu sebabnya kita kudu punya rencana matang sebelum ngajuin permohonan utang.

 

[Baca: Terjerat Utang Simak Cara Mengelola Utang yang Bertumpuk Ini Deh]

 

 

Lihat pendapatan kita, apakah cukup buat bayar cicilan per bulan. Porsi cicilan utang yang disarankan adalah 40% dari total pendapatan. Kalau gaji Rp 10 juta, berarti kita bisa mengalokasikan Rp 4 juta buat cicilan per bulan.

 

 

Selain itu, kita mesti bikin rencana keuangan dan mematuhinya. Disiplin dalam mengelola keuangan itu wajib. Kecuali kita udah siap obat stres gara-gara terlilit utang bank.

 

 

 

Image Credit:

  • https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/04/22/56239/750xauto-ladies-kamu-hobi-belanja-dan-boros-cara-ini-bisa-bantu-berhemat-1604220.jpg
  • http://media.viva.co.id/thumbs2/2008/10/23/56702_bank_indonesia_663_382.jpg
  • https://d3hhi5knjyj98j.cloudfront.net/f_auto,q_70/sa1nghelcqzufsvh4tc9

 

Posting Komentar untuk "Kamu Pusing Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Simak Solusi Gratis dari BI"