Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asiknya Menulis Kalimat Narasi

Hai kartuneters, ketemu lagi dengan postingan

saya, belum bosen kan? Hehehe…

Kali ini saya mau menyebarkan perihal ilmu menulis nih. Udah usang sih saya copy paste goresan pena ini ke laptopku, tapi dijamin belum busuk kok. Mudah-mudahan bisa nambah ilmu untuk kalian dan nambah pahala buat saya 😀

Cekidot!


Asyiknya Menulis Kalimat Narasi

By: Joni Lis Efendi

www.menulisdahsyat.blogspot.com


Dalam cerpen, narasi mengambil bab yang terpenting. Narasi inilah penggambaran kisah terasa apik, suasana kisah sanggup diresapi dengan indah dan penggambaran emosional tokoh kisah terlukis menawan. Defenisi sederhana dari kalimat narasi yaitu penggambaran apapun yang dilakukan oleh tokoh kisah yang bersifat dinamis menyerupai pergerakan fisiknya (berbicara, berjalan, duduk, tidur, diam, dll), pikiran-pikirannya, dan perasaannya.


Yuk, kita menulis kalimat narasi yang keren, sehingga cerpenmu jadi elegan dan memukau. Trik menulis kalimat narasi yang hidup dalam cerpen.

1.Gunakan kalimat aktif (contoh: Aku melihat tampang kain kusut di mukanya)

2.Fokus kisah pada tokoh bukan pada latar atau aksesoris cerita.

3.Kalimat yang pendek, lugas dan terang (idealnya panjang kalimat cerpen 10-12 kata). Semakin panjang kalimatnya, semakin kabur citra imajinasi pembaca)

4.Hidupkan dengan teknik menulis 5 indra (penglihatan, pendengaran, peraba, penciuman dan pengecap) contoh: Aroma keju dari pemanggang roti memualkan perutku. Lidahkuku sudah sanggup mencicipi pahit keju hangus itu. dst

5.Percantik dengan metafora atau majas, contoh: Aku mendapati api di matamu.

6.Fokus pada kisah tokoh jangan melenceng ke topik yang lain.


Kalimat narasi yang hidup akan menggerakan plot, membuat suspen (ketegangan), konflik, antiklimaks dan ending. Selain itu, kepiawaian penulis mengolah campuran kalimat narasi yang enak dan gurih bisa menghidupkan suasana kisah dalam benak pembaca. Sehingga pesan kisah yang diinginkan penulis hingga kepada pembaca.


Nah, kini giliranmu menulis sebuah kalimat narasi yang bercerita perihal tokoh kisah yang susah memendam rindu.


Contoh:


Kesendirian ini memasungku dalam labirin waktu tak berujung. Perjumpaan di senja rumpang, saya melihat mawar di senyummu. Lengkingan gaung rindu ini merasuk hingga ke relung hatiku. Dan, kini sudah seratus senja saya masih setia mematung di sini. Di daerah ini, kuingin mengecap kembali lembut suaramu. Di antara deburan ombak membasahi hatiku, kuingin kau yang mengantarkan sepucuk melati untukku.


Sekarang giliran kau menuliskan satu paragraf kalimat narasi.

penulis: Hadianti Ramadhani



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Asiknya Menulis Kalimat Narasi"