Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyandang Disabilitas Kulonprogo Ikuti Training Kewirausahaan

Jakarta, Kartunet – Menjadi entrepreneur atau wirausaha ialah salah satu solusi yang sanggup ditempuh penyandang disabilitas untuk mengentaskan kemiskinan. Hal ini disadari oleh sebuah forum berjulukan BisnisUKM.com dengan mengadakan pembinaan kewirausahaan untuk penyandang disabilitas di Kecamatan Naggulan, KulonProgo Yogyakarta (27-10).


Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari (27 – 29 Oktober 2014) ini dihadiri oleh 35 orang penyandang disabilitas atau keluarganya. Sebagai mitra, digandeng Pusat Rehabilitasi Yakkum Jogja yang cakupan kerjany termasuk tempat Kulonprogo.


Dari pembinaan ini diperlukan penerima mempunyai pengetahuan memadai mengenai konsep-konsep kewirausahaan. Maka sebagai trainer, hadir bapak Rahmatniwa, SKM dari BisnisUKM.com


Sektor wirausaha dipilih sebab kondisi ekonomi keluarga penyandang disabilitas yang yang cenderung lebih miskin. Maka, menciptakan penyandang disabilitas atau keluarga biar lebih sanggup bangkit diatas kaki sendiri menjadi suatu prioritas utama. Pelatihan yang berlangsung tiga hari ini dibagi menjadi tiga sesi materi.


Hari pertama Bapak Rahmatniwa, SKM menitikberatkan pada pengetahuan ihwal awal menjalankan sebuah perjuangan atau bisnis. Dalam hal ini pelaku perjuangan harus peka terhadap duduk perkara yang ada pada konsumen dan menawarkan solusi yang tepat. Solusi yang diberikan berbentuk inspirasi bisnis yang dituangkan menjadi produk perjuangan yang ditawarkan.


Di hari kedua, ia secara lebih dalam menjelaskan lebih lanjut ihwal siapa konsumen, apa jenis perjuangan dan produk yang ditawarkan, serta bagaimana mendistribusikan dan memasarkan produk.


Di hari terakhir, bahasan berlanjut pada bagaimana merencanakan sumber daya apa saja yang dibutuhkan untuk melangsungkan acara bisnis. Oleh trainer juga dijelaskan ihwal kawan perjuangan yang sanggup mendukung perjuangan pelaku bisnis. Di simpulan sesi, seluruh penerima diajak untuk berperan aktif dalam menciptakan acara perjuangan dan perhitungan biaya perjuangan yang akan dijalankan. Sehingga penerima mengetahui dari awal apakah planning bisnis yang dibentuk berpotensi menghasilkan untung atau rugi.


Pelatihan kewirausahaan ini diperlukan sanggup memberi bekal bagi penerima penyandang disabilitas dan keluarga untuk memulai perjuangan secara matang biar bisa bersaing dengan baik pada pasar yang ada. Karena dengan berwirausaha, minimal sanggup menjadi solusi untuk duduk perkara kemiskinan yang dihadapi oleh dirinya dan keluarga.(DPM)


sumber: Bisnis UKM



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Penyandang Disabilitas Kulonprogo Ikuti Training Kewirausahaan"