Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makalah Pengantar Bisnis

Contoh Kata Pengantar Dalam Pembuatan Makalah)
DAFTAR ISI..................................
Bab I PENDAHULUAN...........................
1.1 Latar Belakang.............................
1.2 Perumusan Masalah..........................
1.3 Tujuan.....................................

Bab II PEMBAHASAN...........................
2.1 Pengantar Bisnis...........................
2.1.1 Pengertian Bisnis........................
2.1.2 Tujuan Bisnis............................
2.1.3 Fungsi Bisnis...........................
2.1.4 Elemen-elemen dalam sistem bisnis.......
2.2 Manajemen..................................
2.2.1 Pengertian Manajemen.....................
2.2.2 Fungsi manajemen.........................
2.2.3 Sarana manajemen.........................
2.2.4 Prinsip Manajemen........................
2.2.5 Manajemen dalam perusahaan...............

Bab III PENUTUP.............................
3.1 Kesimpulan ...............................
3.2 Saran ...............................
DAFTAR PUSTAKA..........................


BAB 1
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang
Setiap perusahaan memiliki tantangan untuk tetap mempertahnkan usahanya antara lain bagaimana untuk mempertahankan usahanya antara lain bagaimana menjaga kualitas pelayanan agar dapat bersaing dg produk pengganti lainya yg sekarang banyak bermunculan.
Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan pelayanan yang memuaskan, sesuai dengan atau melebihi harapan pelanggan. Sehingga dirasakan sangat penting untuk mengetahui pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan.

1.2 Perumusan Masalah
Dalam memberikan pelayanan seringkali terjadi perbedaan kualitas antara yang diberikan suatu perusahaan yang diharapkan oleh pelanggan. Besarnya perbedaan kualitas tersebut tergantung dari seberapa besar perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya serta tergantung pada perilaku pelanggan dalam membeli, menggunakan dan mengevaluasi jasa yang diberikan.

1.3 Tujuan
Adapun dari penulisan makalah ini yaitu khususnya untuk memenuhi tugas pengganti Ulangan Tengah Semester, dan pada umumnya untuk mengulas tentang materi pengantar bisnis dan manajemen.


BAB II
PEMBAHASAN



2.1 Pengantar Bisnis

2.1.1 Pengertian bisnis
Bisnis Merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya :

a. Menurut Hughes dan Kapoor : “ Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry”, yang berarti bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.
b. Menurut Musselman dan Jackson: Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
c. Menurut Griffin dan Ebert : “ Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”, yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa dan bertujuan untuk menghasilkan profit ( laba). (1996)
d. Menurut Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004).

2.1.2 Tujuan Bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha tentu kita mempunyai tujuan, unuk sebelumnya kita harus berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

2.1.3 Fungsi Bisnis
Adapun makalah yang dapat saya buat kurang lebihnya harap dimaklumi. Dan pada intinya Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga, kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan. Misalnya, Bisnis industri garmen merupakan salah satu bisnis yang paling laris saat ini, banyak orang- orang yang memerlukan fashion atau model pakaian yang kualitas bagus dan terjangkau harganya. Dengan demikian, industri garmen seperti inilah yang menjadi solusi bagi masyarakat menengah ke bawah.

3.2 Saran
Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan makalah ini yang jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, kritik dan saran sangat membantu penulis dalam mencapai tujuan yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA
Widyatmini. 1996. Diktat Pengantar Bisnis. Gunadarma : Jakarta.
DH Basu Swastha DR. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty : Yogyakarta.
Solihin Ismail. 2006 . Pengantar Bisnis. Prenada Media : Jakarta
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

Posting Komentar untuk "Contoh Makalah Pengantar Bisnis"