Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

28 Juta Orang Diprediksi Mudik di Lebaran Tahun Ini

27,9 juta orang akan mudik pada lebaran tahun ini. Itulah angka estimasi Kementerian Perhubungan dari survei yang digelar beberapa waktu lalu. Jumlah itu berarti ada peningkatan jumlah pemudik sebesar 6,99 persen dibanding tahun 2013.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub Elly Adriani Sinaga mengungkapkan penyebab utama masyarakat melakukan mudik lebaran kali ini  karena 12 wilayah yang menjadi sampel survei mengalami peningkatan jumlah penduduk. "Penduduk kita di 12 provinsi ini melakukan mudik lebaran," ujarnya.

Dalam melakukan survei, Balitbang Kementerian Perhubungan mengambil sampel pada 12 wilayah, Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. 

Dari survei terungkap pula moda transportasi darat tetap menjadi tumpuan pemudik. Rinciannya 48% pemudik Jabodetabek  akan melewati pantura, di mana 61% menuju Jawa Tengah dan 39% ke Jawa Timur. Lalu jalur Selatan akan dibebani 38% pemudik Jabodetabek, 4% menuju Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung, serta 10% menuju ke Barat.

Lalu dilihat dari profesinya, 28% pemudik merupakan karyawan swasta, diikuti berturut-turut 27% wiraswasta, 17% PNS/TNI/POLRI, 10% pelajar/mahasiswa, 9% ibu rumah tangga dan 9% profesi lainnya. Kemudian prediksi hari puncak mudik ialah pada H-3 dan puncak pebalik H+4. Hampir semua moda angkutan mempunyai puncak mudik dan balik yang sama.

 

Referensi: http://www.dephub.go.id/read/berita/279-juta-penduduk-akan-melakukan-mudik-lebaran-2014-61878/61878

Posting Komentar untuk "28 Juta Orang Diprediksi Mudik di Lebaran Tahun Ini"