Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Tentang Keuangan Gak Melulu Harus dari Buku, Kamu Bisa kok Belajar dari 10 Film Ini

Denger kata “belajar”, gak sedikit orang yang langsung berubah raut wajahnya. Jadi merengut. Entah kenapa, ya, belajar itu jadi hal yang mengerikan buat beberapa orang. Apalagi ditambah kata “buku” dan “keuangan”.

 

Duarrr. Lengkaplah kengeriannya. Padahal buku memberikan banyak manfaat buat yang lagi belajar keuangan.

 

[Baca: Jika Budaya Malas Membaca Tetap Dipelihara, Jangan Mengeluh Jadi ‘Orang yang Tertindas’]

 

 

Tapi gak apa-apa. Belajar tentang keuangan sejatinya bisa dilakukan kapan pun, di mana pun, dan dengan sarana apa pun. Akan lebih mangkus dan sangkil alias efektif dan efisien kalau belajar dilakukan dengan hati gembira, bukan terpaksa.

 

Kalau kurang suka membaca, bisa saja belajar keuangan dengan saran lain yang menyenangkan: film! Kurang enak apa coba. Nonton film bisa sekalian belajar ngatur finansial. Plus bisa juga sekaligus pedekate dengan gebetan.

 

Ada sederet film yang bisa dijadikan guru agar keuangan pribadi dan keluarga, kalau udah punya, aman terkendali. Cek daftarnya di bawah ini:

 

1.Jerry Maguire (1996)

 

belajar tentang keuangan

Siapa sih yang gak suka sama kegantengan Tom Cruise, duh mak bikin deg-deg ser ya

 

 

Film ini jadul, tapi ide ceritanya masih relevan. Tokoh dalam film ini diceritakan sangat bersemangat untuk meraih posisi puncak. Dan, yang sangat penting, jangan sampai menghamba pada uang. 

 

Sebab, lebih penting menghormati manusia ketimbang uang. Selain itu, ada pembelajaran bahwa performa bisnis naik-turun itu wajar. Yang jelas, kita mesti siap menghadapi fenomena itu biar gak kaget dan terbawa arus.

 

2.The Pursuit of Happiness (2006)

Jadi salesman jangan malu. Itulah yang dikisahkan dalam film ini. Seorang salesman yang hidupnya dan keluarga susah akibat utang akhirnya sukses berkat kerja keras.

 

belajar tentang keuangan

Sedih sih film ini hiks, tapi jangan sampai mewek 7 hari 7 malem ya bro

 

 

Dari salesman, dia naik kelas menjadi pialang saham. Meski bidang ini bisa dibilang asing baginya, dia mau tekun belajar. Akhirnya, bisnis investasi inilah yang mengantarnya ke gerbang kemakmuran.

 

[Baca: Investasi Saham Online Murah Modal Cuma Rp 300ribu, Siapa yang Nggak Tergiur?]

 

 

3.Shawshank Redemption (1994)

Nasib orang siapa yang tahu. Kita hanya bisa bersiap untuk menjalani skenario terburuk. Itulah petikan nilai yang bisa kita ambil dari film ini.

 

belajar tentang keuangan

Hidup dibui menyiksa diri, amit-amit ya bro!

 

 

Gak ada yang nyangka seorang bankir kaya raya akan dipenjara dan jadi hidup susah. Nyatanya, dia hanya korban salah tangkap. Meski akhirnya berhasil kabur, kehidupan finansialnya jadi terbalik 180 derajat setelah dipenjara.

 

[Baca: Melihat Pentingnya Asuransi bagi Masa Depan Keuangan Anda]

 

 

4.Field of Dreams (1984)

Buat yang punya mimpi jadi pengusaha besar, kejarlah mimpi tersebut. Biar saja orang-orang meledek, merendahkan. Bulatkan saja tekad agar mimpi itu jadi kenyataan.

 

belajar tentang keuangan Inget, fokus sama inti filmnya ya, jangan terpesona sama Mas Kevin Costner hehehe

 

 

Itulah nilai dari film ini dalam soal keuangan. Menjadi sukses itu hanya soal siap atau tidaknya diri sendiri, bukan orang lain.

 

[Baca: Baca Tanda Kamu Siap Jadi Pengusaha: Keluar dari Zona Nyaman]

 

 

5.Boiler Room (2000)

Kesuksesan ada setiap hari, setiap jam, setiap detik. Tinggal kita sadar atau tidak dan bisa atau tidak memanfaatkan kesempatan tersebut.

 

Cerita Boiler Room berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengelola keuangan dengan baik, sudah sepatutnya mata kita selalu jeli dalam mengambil kesempatan yang ada.

 

belajar tentang keuangan

Mengambil setiap kesempatan bro, jangan takut sama resiko

 

 

6.Margin Call (2011)

Amerika dilanda krisis moneter pada 2008. Semua pelaku usaha panik, dari pebisnis sampai investor. Tapi, pengusaha tetap harus berpikir jernih. Film ini memberikan contoh yang bagus soal itu.

 

Kalau kita mau terjun jadi pengusaha atau investor, harus pandai-pandai baca situasi ekonomi. Jangan sampai salah langkah, lalu keuangan jadi amburadul.

 

belajar tentang keuangan

Cocok nih buat para investor, aih sadap!

 

 

7.Trading Places (1983)

Dengan nonton film ini, kita bisa ketawa-ketiwi sambil belajar keuangan. Film komedi ini menceritakan kehidupan bankir makmur yang bertukar posisi dengan pengemis melarat.

 

Dari film ini kita bisa belajar memaknai hidup. Selain itu, pelajaran berbisnis komoditas bisa diambil untuk dipraktikkan dalam kehidupan nyata.

 

belajar tentang keuangan

Daripada stres putus cinta, mending nonton film komedi yang penuh makna ini bro

 

 

8.The Godfather (1972)

Gak hanya duit, keluarga juga penting buat kita. Jadi, keliru kalau menjunjung uang di atas segala-galanya. Itulah pesan moral yang bisa diambil dari film ini.

 

Film ini juga mengungkapkan bahwa uang bisa menjadi sumber malapetaka. Polisi bisa dibeli dengan uang. Begitu juga hakim dan jaksa. Walhasil, kriminalitas merajalela.

 

belajar tentang keuangan

Hati-hati kalau gak mau uang jadi malapetaka

 

 

9.Moneyball (2011)

Bisnis bukan hanya soal mengambil langkah yang diambil pebisnis sukses lainnya. Itulah yang dilakoni tokoh dalam film ini. Meski bertindak kontroversial, manajer tim bisbol di film ini membuktikan bahwa keputusannya tepat.

 

Dia gak mau mengontrak bintang besar yang bayarannya mahal tapi prestasinya jeblok. Justru dia mencari pemain muda yang gak terkenal tapi secara statistik berperforma bagus dan, yang sangat penting, harganya murah. Jadilah timnya sukses secara finansial dan prestasi.

 

belajar tentang keuangan

Mas Brad Pitt bakal bikin cewek-cewek nahan nafas deh nontonnya hehehe 

 

 

10.Wolf of Wall Street (2013)

Film ini membuktikan bahwa kita mesti selalu bijak dalam menggunakan duit. Kalau gak bijak, kebangkrutan yang diperoleh.

 

Bijak dalam hal ini antara lain kudu punya perencanaan keuangan dan disiplin mengikuti rencana itu. Jadi bukan cuma bikin rencana lalu tetap berleha-leha borosin duit.

 

belajar tentang keuangan

Siapa bilang film gak bisa ngajarin kita soal bijak sama duit

 

 

[Baca: Jangan Cuma Bisa Ngeluh, Simak Nih Cara Mengelola Keuangan dengan Benar]

 

 

Gimana, ada yang udah pernah ditonton? Mungkin waktu itu nonton hanya sekadar mengisi waktu luang. Kali ini, bisa ngambil manfaat lebih dari nonton film-film itu.

 

 

Kalau belum nonton, buruan deh beli DVD-nya. Kalau bisa pinjam sih lebih baik, lebih ngirit..he-he-he. Ayo belajar keuangan dari aktivitas mengasyikkan ini.

 

 

 

Image Credit:

  • http://www.fitacrosscultures.com/wp-content/uploads/2014/11/jerry-maguire-8.png
  • https://sustainabilityatspu.files.wordpress.com/2013/04/still-of-will-smith-and-jaden-smith-in-the-pursuit-of-happyness-large-picture.jpg
  • http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02772/shawshank1_2772806b.jpg
  • https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/69/9a/2f/699a2f9327e7edfbb14d3bbb8c70dbe0.jpg
  • https://i.ytimg.com/vi/kgCLG4gCAvI/maxresdefault.jpg
  • https://i.ytimg.com/vi/uj4QrAcwVi0/maxresdefault.jpg
  • http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/01559/trade_1559847i.jpg
  • http://1.bp.blogspot.com/-rqXxmkN_0to/T0yJYjOYroI/AAAAAAAABKc/92ofgKB-L1I/s1600/The+Godfather_Poster.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-uCfby28qQuw/TlCEExXwbHI/AAAAAAAABgk/ntGqM2CmE_w/s1600/moneyball-movie-2011-9_jonah-hill.jpg
  • http://static.indianexpress.com/m-images/M_Id_454621_Wolf_of_Wall_Street.jpg

 

Posting Komentar untuk "Belajar Tentang Keuangan Gak Melulu Harus dari Buku, Kamu Bisa kok Belajar dari 10 Film Ini"