Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji di Bawah Rp 3 Juta Jangan Khawatir. Bisa Pinjam Kredit Tanpa Agunan Loh

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

Dalam kondisi mendesak alias kepepet terkadang kita berpikir gak ada jalan keluar, padahal gak mungkin ya ada masalah tanpa solusi. Seperti kata pepatah, tiada rotan akar pun jadi.

Nnah, pepatah ini bisa berlaku dalam banyak situasi dan kondisi loh, termasuk soal pinjam-meminjam dana.

Harus diakui bahwa bank terkenal agak kurang ramah dengan mereka yang penghasilannya pas-pasan jika sudah menyangkut soal kredit. Salah satunya meminjam KTA alias kredit tanpa agunan di mana syaratnya harus punya kartu kredit dulu.

[Baca: Mengapa Kartu Kredit Penting Sebelum Mengajukan KTA Ternyata Ini Jawabannya]

Padahal kalau mau bikin kartu kredit di bank itu syaratnya ketat juga. Pada saat inilah tiada rotan akar pun jadi menemukan relevansinya. Zaman sekarang pinjam KTA tuh gak harus ke bank kok.

Emangnya ada lembaga lain selain bank yang menyediakan KTA? Ada sejumlah alternatif yang bisa dipakai sebagai pengganti bank. Di antaranya lewat online ke lembaga kredit partikelir.

Lembaga ini banyak tersedia, terutama di kota-kota besar. Keberadaannya sangat bermanfaat buat masyarakat yang membutuhkan KTA tapi gak masuk kriteria bank.

kredit tanpa agunan
KTA emang mengiurkan, apalagi sekarang ada yang online

Apalagi mereka yang gak pernah sama sekali berhubungan dengan bank. Eh, memangnya ada yang gak punya rekening di bank pada zaman sekarang ini?

Jangan salah masbro, nyatanya emang masih banyak loh orang yang belum punya akses perbankan. Biasanya sih mereka yang sudah gak muda lagi, yang masih simpan emas di gigi. Hehehe.

Hampir semua bank punya syarat KTA yang serupa. Di antaranya:

– Kartu identitas diri

– Surat keterangan penghasilan

– Kartu kredit

Syarat nomor 1 dan 2 sih simple ya. Tapi, orang-orang sering kepeleset di syarat ketiga loh.

Pasti timbul pertanyaan, kenapa sih kartu kredit jadi syarat KTA? Kalau buat yang gajinya di bawah Rp 3 juta kan jadi susah buat pinjam KTA, soalnya otomatis bakal susah juga punya kartu kredit.

[Baca: Udah Punya Kartu Kredit Trus Ngajuin KTA Emang Gak Bahaya Tuh]

Jadi begini. Kartu kredit menjadi syarat karena dipandang sebagai dasar bahwa kita sebagai peminjam rajin melunasi tagihan kartu tersebut.

kredit tanpa agunan
Kartu kredit emang bikin simpel hidup tapi hati-hati ya

 

Karena itu, punya kartu kredit saja belum pasti KTA bakal diterima. Yang lebih penting, tagihannya sudah lunas belum, terus pelunasannya tepat waktu atau molor-molor.

Bukan apa-apa, karena KTA gak mensyaratkan agunan alias jaminan, jadi wajar saja kalau bank lebih ketat menetapkan syarat. Kalau KTA dipinjam gak bisa dilunasi, gimana? Bank juga kan yang rugi.

Kembali ke soal alternatif selain bank, lembaga penyedia pinjaman online umumnya menerapkan syarat yang lebih ringan. Soalnya, gak mungkin dong mereka bersaing dengan bank yang namanya lebih mentereng.

Jadi, salah satu cara untuk mengembangkan bisnis ya dengan menawarkan syarat yang lebih ringan ketimbang bank, antara lain:

– Kartu identitas

– Punya penghasilan tetap

– Masa kerja minimal 3 bulan

Eits nanti dulu! Meski syaratnya ringan, biasanya nih produk KTA-nya kurang memikat ketimbang yang ditawarkan bank. Misalnya tenor alias masa pinjaman lebih singkat.

Karena itu, ketika akan memilih pinjam KTA online, pertimbagkan ini dulu:

– Nama perusahaan penyedia pinjaman. Makin terkenal, makin baik.

– Biaya-biaya yang muncul, misalnya bunga dan penalti. Minta penjelasan sedetailnya untuk menghindari kecurangan.

Selain itu, karena pinjaman ini bersifat online atau lewat Internet, kita harus perhatikan situsnya. Jangan sampai kita memberikan data diri ke pihak yang berniat jahat.

kredit tanpa agunan
Iya sih gampang, tapi cek dulu ya beneran atau php tuh website KTAnya

Sebisa mungkin cari penyedia KTA online yang juga punya alamat di dunia nyata. Dengan begitu, saat ada masalah, kita bisa langsung datang ke alamat tersebut, gak kayak beli kucing dalam karung, gak jelas.

[Baca: Kalau Emang Berat Nyicil Coba Ajukan KTA Tenor Panjang di 14 Bank Ini]

Itulah tips buat kita-kita yang susah cari KTA dari bank. KTA online mungkin bisa menjadi solusi, asalkan kita benar-benar teliti dan bijak dalam memanfaatkan layanan tersebut.

 

 

 

Image Credit:

  • http://pinjaman-tanpaagunan.org/wp-content/uploads/2016/03/dana-tunai-bank-asing-lokal-kta-bank-dbs-scb-hsbc-danamon-niaga-mandiri-dana-bantuan-sahabat-kredit-tanpa-agunan-proses-cepat-cair-marketing-handal.png
  • http://www.teropongbisnis.com/wp-content/uploads/2015/06/3.-4-Langkah-Mudah-Bebas-Dari-Masalah-Kartu-Kredit-3.jpg
  • https://uangteman.com/blog/wp-content/uploads/2016/07/pinjaman-KTA-di-Solo.jpg

Posting Komentar untuk "Gaji di Bawah Rp 3 Juta Jangan Khawatir. Bisa Pinjam Kredit Tanpa Agunan Loh"