Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernah Drop Out dari Kampus! 5 Orang Ini Sukses dan Jadi Tajir Melintir

Menjadi orang kaya boleh dibilang jadi keinginan semua orang. Gimana gak mau, orang kaya kan punya banyak duit, jadi bisa beli apapun yang diinginkan.

Cara jadi orang kaya pun beragam, salah satunya ya dengan berbisnis seperti yang dilakukan oleh Jeff Bezos, orang terkaya di dunia. Kamu bisa juga mencontek cara Warren Buffett yang jadi kaya lewat investasi.

Kamu tentu memiliki cara sendiri untuk menghasilkan banyak uang hingga menjadi orang kaya. Jadi sukses dan punya banyak uang gak cuma dipengaruhi dari background pendidikan aja.

Ya, kesuksesan itu bukan hanya buat mereka yang berpendidikan tinggi aja lho. Percaya gak sih kamu, ternyata banyak lho orang yang bisa jadi kaya meski gak lulus kuliah karena dikeluarkan atau di drop out (DO).

Tapi perlu ditekankan di sini, mereka-mereka ini, yang bakal kita bahas sebentar lagi, bukan sukses karena DO lho ya. Mereka bisa sukses karena kerja keras dan gak mau terlarut oleh stigma status DO yang mereka sandang.

Siapa aja mereka? Berikut ini lima di antaranya.

1. Lady Gaga

Lady Gaga. (Instagram)
Lady Gaga. (Instagram)

Penyanyi kontroversial Lady Gaga pernah mengenyam bangku kuliah di NYU’s Tisch School of the Arts. sayangnya, saat berada di tingkat 2, Gaga malah di drop out dan memilih untuk fokus di musik.

Perjalanannya tak berjalan mulus. Gaga bahkan pernah mengalami kebangkrutan di tahun 2009 di mana ia kehilangan uang sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 43,9 miliar.

Gaga lantas pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat dan mendapat kontrak rekaman di The Fame. Berkat usaha dan kerja kerasnya, Gaga kini berhasil memiliki total kekayaan mencapai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,38 triliun menurut celebritynetworth.

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey. (Instagram)
Oprah Winfrey. (Instagram)

Kamu tentu sempat mendengar cerita tentang perjuangan Oprah Winfrey meraih kesuksesannya saat ini. Pasalnya, ia sempat hidup dalam kemiskinan.

Di usianya yang ke 19 tahun, Winfrey mendapat pekerjaan di stasiun radio sekaligus mendapat beasiswa penuh kuliah di Tennessee State University.

Meskipun berat, Winfrey akhirnya memutuskan untuk fokus di karier hingga akhirnya di drop out dari kampusnya. Karena saat itu, ia mulai sukses di bidang broadcasting.

Kini karier Winfrey pun semakin melonjak tinggi. Ia bahkan sempat dinobatkan sebagai salah satu orang berpengaruh di dunia.

Total kekayaannya kini pun gak tanggung-tanggung, yaitu mencapai 3,2 miliar atau setara dengan Rp 48,5 triliun menurut celebritynetworth.

3. Walt Disney

Walt Disney. (thewaltdisneycompany.com)
Walt Disney. (thewaltdisneycompany.com)

Bapak animasi yang sukses menciptakan karakter-karakter lucu, Walt Disney ternyata pernah dikeluarkan dari sekolah saat masih berusia 16 tahun.

Ia kemudian  bergabung dengan Palang Merah dan bertugas di Perancis. Baru pada tahun 1919, Disney memulai kariernya sebagai seniman. Empat tahun kemudian, ia mendirikan Walt Disney Productions bersama saudara laki-lakinya.

Disney yakin bahwa animasi itu dapat diterima oleh berbagai kalangan yang tak hanya menghibur tapi juga mengedukasi. Terbukti, animasi karya Walt Disney bahkan pernah meraih hingga 22 Piala Oscar. Luar biasa!

4. Steve Jobs

Patung lilin Steve Jobs di Madame Tussauds Beijing. (Shutterstock)
Patung lilin Steve Jobs di Madame Tussauds Beijing. (Shutterstock)

Pendiri Apple, Steve Jobs memutuskan untuk mengundurkan diri dari kampus karena ia merasa cuma menghambur-hamburkan uang orangtuanya saja.

Saat keluar dari Reed College di Portland, hidupnya malah tambah susah. Ia bahkan harus berjualan botol minuman agar tetap bisa makan.

Kesuksesannya mulai menghampirinya pada tahun 1976, di mana ia mendirikan Apple bersama Steve Wozniak. Namun, ia sempat dipecat karena sikapnya yang dianggap terlalu ambisius.

Selepas dari Apple, ia mendirikan perusahaan IT, NeXT Computer dan membeli Pixar. Pada awal 90an, ia kembali lagi ke posisinya semula di Apple.

5. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg. (Instagram)
Mark Zuckerberg. (Instagram)

Siapa sih yang gak kenal dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg? Ia sukses menciptakan media sosial terbesar dengan pengguna aktif 2 miliar.

Siapa sangka kalau Zuckerberg merupakan mantan mahasiswa drop out dari Universitas Harvard pada 2005.

Kini Zuckerberg kini berhasil menjadi orang terkaya di dunia ke empat dengan total kekayaan mencapai US$ 59,4 miliar atau sekitar Rp 907,02 triliun menurut Forbes.

Meski begitu, Mark Zuckerberg memutuskan untuk melanjutkan kuliah dan wisuda pada tahun 2017 lalu.

Nah, itu dia lima sosok dunia yang berhasil sukses menjadi orang kaya meskipun sempat di drop out dari kampus. Buat kamu yang mengalami hal serupa, jangan menyerah dan ciptakan mesin duitmu sendiri dari sekarang. (Editor: Ruben Setiawan)

Posting Komentar untuk "Pernah Drop Out dari Kampus! 5 Orang Ini Sukses dan Jadi Tajir Melintir"