Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wuling Formo VS Gran Max? Mana yang Lebih Bersahabat Sama Kantong?

Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry emang paling pas dijadikan mobil niaga, tapi gimana dengan mobil Wuling Formo yang baru meluncur? Mobil ini harganya lebih murah Rp 20 jutaan ketimbang dua mobil bikinan Jepang.

Mobil ini memang hadir dalam tiga varian, pertama adalah blind van dan minibus tujuh hingga delapan penumpang. Persis banget sama Gran Max, dan tentunya ini bisa jadi alternatif buat pengusaha-pengusaha yang butuh mobil niaga murah.

Mitsubishi sejatinya juga punya L 300 tapi sayangnya mobil ini sudah gak diproduksi. So, kemungkinan mobil Wuling yang baru ini bisa jadi pilihan buat para pengusaha nih.

Asal kamu tahu, Formo memang cocok buat jadi kendaraan niaganya para pengusaha UKM. Mengapa? Karena harga mobil ini ada di kisaran Rp 135 hingga Rp 136 jutaan saja! Ketimbang beli Gran Max atau Carry bekas, apa gak lebih baik beli Wuling Formo?

Sejatinya, banyak banget hal yang harus jadi pertimbangan buatmu yang ingin membawa pulang mobil ini. Tapi sebelum kita bahas soal pertimbangannya, gimana kalau kita bahas dulu simulasi cicilan dan gaji ideal untuk membawa pulang mobil ini? Berikut ulasannya.

Simulasi cicilan Mobil Wuling Formo

Simulasi membeli mobil Wuling.

Sebut saja, kamu ingin membeli sebuah blind van Formo yang harganya Rp 135,8 juta. Dan kamu memilih kredit kendaraan bermotor di Astrido Finance. Maka kurang lebih seperti inilah simulasinya.

Harga mobil: Rp 135,8 juta

DP: Rp 135,8 juta x 20 persen = Rp 27.160.000

Jumlah pinjaman: Rp 367 juta – Rp 73,4 juta = Rp 293,6 juta

Tenor: 48 bulan (empat tahun)

Bunga: 8,55 persen per tahun

Cicilan per bulan Rp 3.037.393

Pertama-tama tentu, tugas kamu adalah mengumpulkan uang sebesar Rp 30.197.393 plus-plus terlebih dulu untuk pembayaran pertama yaitu DP dan cicilan awal. Biaya plus-plus yang dimaksud adalah biaya lain yang harus kamu persiapkan.

Gaji ideal membeli Wuling Formo

Wuling Formo.

Ketika kamu memutuskan untuk membeli sesuatu dengan cara kredit atau cicilan, kamu sama saja berhutang. Dan sesuai dengan prinsip kesehatan finansial, utang ideal tentu gak boleh melebihi 30 persen dari pemasukan bulanan.

Kira-kira dengan cicilan Rp 3.037.393 jutaan perbulan, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa mereka yang ideal membawa pulang mobil ini adalah yang bergaji atau berpenghasilan Rp 10.200.000 perbulan. Kira-kira apakah penghasilanmu segitu?

Ketahui ini dulu sebelum beli mobil Wuling Formo

Wuling Formo, kendaraan niaga tiada duanya (Instagram).

Setelah tahu simulasi dan minimal gaji ideal membeli mobil ini, apakah kamu langsung ke showroom besok atau weekend ini? Jangan buru-buru lho, ketahui dulu beberapa fakta soal mobil ini.

Dan kita akan bandingkan juga soal bagaimana perbandingan Wuling Formo dengan Gran Max. Yuk simak ulasannya lagi di bawah ini.

Formo lebih lebar daripada Gran Max

Wuling Formo menggunakan basis Confero paling standar (Instagram).

Wuling Formo menggunakan basis Confero paling standar. Dimensinya 4.493 x 1.691 x 1.715 mm (PxLxT) dan jarak antar-poros roda 2.720 mm. Sementara itu Gran Max ukurannya 4.045 x 1.665 x 1.900 mm dan jarak sumbu rodanya 2.650 mm.

Soal lebar, Formo memang lebih unggul daripada Gran Max tapi dia kalah tinggi. Formo juga punya kabin lebih lapang untuk memuat barang, karena jarak sumbu roda juga lebih panjang. Tapi kalau soal bagasinya, Gran Max masih menang 1 liter (Formo 42 liter, dan Gran Max 43 liter).

Tenaga Formo masih kalah daripada Gran Max

Daihatsu Gran Max (Instagram).

Formo menggendong mesin kecil baru dari Wuling, empat silinder dengan kapasitas 1,2 liter. Tenaga maksimalnya 77,5 hp pada 5.600 rpm dan torsi 110 Nm pada rentang 3.600 – 4.000 rpm.

Sedangkan Daihatsu Gran Max menggendong mesin K3-DE 4-silinder 1.3 liter bertenaga 88 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 114 Nm pada 4.400 rpm. Keduanya sama-sama memakai transmisi manual dengan lima percepatan yang mengirimkan output ke penggerak roda belakang.

Dari kapasitas dan tenaga, jelas banget bahwa Gran Max lebih unggul dari Formo.

Keunggulan dan kenyamanan dalam penggunaan

Wuling Formo (Instagram).

Yang asyik dari blind van mobil Wuling ini adalah fitur AC, head unit audio standar dan power window. Termasuk lengkap di segmennya dong, kalau Gran Max BV justru gak pakai AC, kalaupun mau harus tambah sekitar Rp 4 jutaan untuk tipe varian yang ber AC.

Akan tetapi, soal kepraktisan akses masuk barang dan sebagainya, Gran Max memang lebih nyaman. Mengapa? Jelas saja karena fitur pintu gesernya yang praktis. Bentuk kotak yang memang dirancang khusus sebagai mobil niaga, sedangkan Formo bentuknya justru kayak mobil keluarga.

Jaringan servis dan harga sparepart

Jaringan servis Wuling belum banyak tersedia di Jakarta (Instagram).

Bicara soal harga sparepart, mobil Wuling termasuknya murah lho. Tapi sayangnya, menurut informasi dari situs Wuling, jaringan servis Wuling gak banyak di Jakarta. Cuma ada sekitar 11 dealer dan service center yang ada di Jakarta.

Kalau dibandingkan dengan Daihatsu, jelas Daihatsu yang menang. Gran Max juga punya sparepart yang harganya terjangkau, dan soal ketersediaan gak usah ditanya deh, pasti ada.

Selain itu, Gran Max juga merupakan salah satu mobil terlaris per September 2018. Mobil ini menduduki peringkat ke delapan. Fakta ini menunjukkan kalau resale value dari Gran Max bisa bertahan dengan baik ketimbang Wuling.

Itulah serba serbi dan perbandingan singkat mobil Wuling Formo dan pesaingnya. Kira-kira jadi pilih yang mana nih? Wuling atau Gran Max?

Kadang pilihan ini memang sulit, lantaran di satu sisi Gran Max yang harganya lebih mahal mungkin bisa jadi investasi jangka panjang buatmu. Tapi untuk yang pendapatan perbulannya masih ngepas, Formo juga cukup menggoda.

Ketika kamu berpikir untuk membeli Gran Max bekas untuk kebutuhan usaha, maka risikonya juga cukup besar walau harganya murah. Yang namanya mobil niaga pasti sering dipaksa kerja keras bagai kuda bukan? Yang ada, kantongmu bisa jebol gara-gara harus beli sparepart baru.

Jadi, pikir-pikir yang matang dulu ya sebelum beli. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Posting Komentar untuk "Wuling Formo VS Gran Max? Mana yang Lebih Bersahabat Sama Kantong?"