Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gak Perlu Mahal, Hanya Rp 1,2 Juta Kamu Bisa Liburan ke Boyolali Lho!

Nama Kabupaten Boyolali mendadak jadi bahan perbincangan belakangan ini karena pidato dari Prabowo Subianto. Kabupaten ini memang terkenal dengan produk olahan peternakan sapi, dan selain itu gak sedikit juga obyek wisata menarik yang bisa kamu nikmati di Boyolali.

Bicara soal biaya liburan ke sana, tentu saja murah meriah. Alias gak sampai Rp 1,5 juta lho! Buat warga Jakarta, liburan ke Boyolali jelas lebih murah ketimbang ke Bali.

Kira-kira, dengan bujet sebesar itu kamu bisa ngapain aja ya di Boyolali? Simak yuk ulasannya di bawah ini.

1. Bus ke Kabupaten Boyolali

Naik bus saja biar hemat (Pixabay).

Gak perlu naik pesawat dulu ke Semarang atau naik kereta yang cari tiketnya agak ribet. Naik bus aja juga asyik walau jarak tempuhnya memang agak lama.

Dari Cilandak, kamu bisa naik Bus Agramas (Executive AC) menuju Boyolali. Biayanya gak mahal kok, kurang lebih Rp 185 ribu. Turunnya bisa di Terminal Boyolali langsung.

Sementara itu untuk pulangnya, kamu bisa naik Bus Pahala Kencana VIP dengan harganya yang lebih murah. Alias cuma Rp 160 ribu. Kalau ditotal, biaya transportasi kamu cuma Rp 345 ribu aja.

Biar seru nih, berhubung 20 November 2018 tanggal merah, kamu bisa berangkat ke Boyolali dari tanggal 16 hingga 20. Puas deh liburannya.

2. Penginapan murah di Selo, Boyolali

Bermalam di penginapan murah (Pixabay).

Mau lebih irit? Cari saja penginapan murah di Selo, Boyolali. Cek di Traveloka dan pastinya masih ada kok yang harganya semalam cuma Rp 70 hari. Di bawah itu tentunya juga ada kalau kamu memang niat mencarinya.

Kecamatan Selo memang terkenal dengan penginapan-penginapan murahnya. Terutama bagi mereka yang mau mendaki gunung.

Yang kamu butuhkan tentu cuma tiga malam bukan? So, Rp 70 ribu x 3 malam = Rp 210 ribu. Cukup irit kan, daripada nginap di hotel, Rp 450 ribu mungkin cuma bisa semalam saja.

3. Rental motor

Sewa motor saja supaya lebih irit (Pixabay).

Untuk transportasi di sana, sewa motor saja juga sudah cukup kalau kamu gak mau naik bus. Asalkan Googlemaps atau Waze harus diinstall di ponsel.

Informasi seputar rental motor di Boyolali memang agak susah. Di internet pun sangat minim, dan kebanyakan rental motor itu ada di Solo. Ada baiknya untuk cari informasi seputar hal ini sebelum kamu pergi ke sana.

Untuk harga rental motor di Solo, biasanya motor bebek dipatok harga Rp 30 ribu per hari. Kalau memang kamu bakal di sana empat hari, otomatis biaya sewanya Rp 120 ribu. Dan sediakan tambahan Rp 100 ribu ya untuk BBM.

4. Buat anggaran untuk makan

Anggaran (Ilustrasi).

Gak usah mahal-mahal untuk makan di sana, coba anggarkan saja uang Rp 20 ribu untuk sekali makan. Pasti kenyang kok.

Dengan bujet makan Rp 240 ribu, rasanya cukup banget untuk bisa makan kenyang di sana. Asalkan kamu gak banyak jajan yang lain-lain ya.

5. Wisata alam

Panorama Gunung Merbabu (Shutterstock).

Ini yang cukup terkenal di Kota Boyolali. Kabupaten ini terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan sangat indah dan mempesona, sayuran hijau yang luas dan berbukit-bukit.

Selain panorama, Kabupaten Boyolali juga memiliki tempat wisata berupa mata air alami yang mengalir secara terus menerus dan sangat jernih yang dikelola dengan baik menjadi tempat wisata air, kolam renang, hingga kolam pancing.

Di kawasan lereng gunung Merbabu, banyak juga tempat-tempat wisata alam yang luar biasa keren. Sebut saja seperti Bukit Gancik, Alam Sutera, dan sebagainya. Tiket masuknya juga cuma Rp 5 ribu perak. Murah!

6. Tempat pemerahan sapi Cepogo

Kabupaten Boyolali seringkali disebut Kota Susu.

Nah berhubung Kabupaten Boyolali seringkali disebut Kota Susu, maka wajib banget untuk menyambangi Kecamatan Cepogo. Kecamatan ini adalah daerah pegunungan yang udaranya sangat sejuk dan sering disebut lokasi agrowisata sapi perah.

Selain bisa melihat proses pemerahan susu sapi, kamu juga bisa nyoba-nyoba memerah susu sapi sendiri di sana. Dan pastinya bisa juga dong mencicipi segarnya susu sapi asli Boyolali.

Mereka juga menjual beberapa produk-produk olahan susu, sebut saja seperti susu, keju, yogurt, dodol, kerupuk, dan sebagainya. Anggarkan saja Rp 70 ribu untuk belanja di sini.

7. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang (travelingyuk.com).

Obyek wisata lain di Kabupaten Boyolali yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Kedung Kayang. Obyek wisata ini gak jauh dari Selo yang jadi tempat penginapanmu.

Daerah wisata ini memiliki pemandangan alam berupa air terjun yang terletak di antara dua kabupaten, yaitu Boyolali dan Magelang. Air Terjun Kedung Kayang yang memiliki ketinggian 30 meter ini masih alami dan belum dieksploitasi!

Pastinya asyik banget untuk berfoto-foto ria di sini. Setelah itu diunggah ke Instagram biar ngehits kayak travel blogger.

Seperti itulah cara hemat untuk jalan-jalan ke Kabupaten Boyolali. Untuk mengukur seberapa hematnya, mari kita hitung saja pengeluaranmu selama di sana.

Biaya transportasi bus: Rp 345 ribu

Penginapan: Rp 210 ribu

Sewa motor dan bensin: Rp 220 ribu

Makan: Rp 240 ribu

Jajan: Rp 70 ribu

Lain-lain: Rp 100 ribu

Total: Rp 1,185.000

Jika memang kamu gak pakai sewa motor, tentu saja bisa lebih murah lagi liburannya. Apalagi kalau makannya bisa di bawah Rp 20 ribu.

Tertarik mencoba? (Editor: Winda Destiana Putri).

Posting Komentar untuk "Gak Perlu Mahal, Hanya Rp 1,2 Juta Kamu Bisa Liburan ke Boyolali Lho!"