Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20W Btl Amplifier Dengan Tda2005

 yang sanggup dikonfigurasi sebagai penguat OTL stereo 20W BTL Amplifier Dengan TDA2005
TDA2005 merupakan IC ‘dual’ yang sanggup dikonfigurasi sebagai penguat OTL stereo, atau sebagai penguat BTL tunggal.
Ia ialah IC audio yang cukup populer, pernah sangat marak menjadi IC po-amp di banyak rancangan audio kendaraan beroda empat dari banyak sekali merek.
Meskipun rancangan po-amp audio kendaraan beroda empat kini ini sudah jauh bergeser, tetapi IC ini ternyata masih tetap banyak beredar di pasaran umum.
Para hobbyst dan para praktisi elektro tampaknya masih banyak yang suka dengan IC ini, meskipun bukan untuk keperluan audio kendaraan beroda empat lagi.
IC ini pertamakali muncul sekitar tahun 1985-1986, dan selama perjalanannya telah mengalami beberapa kali revisi pendokumentasian. Namun perusahaan SGS-Thomson (ST) semenjak awal mengeluarkan IC ini tetap dalam casing yang tidak pernah berubah, yaitu ‘Multiwatt11’.

TDA2005 dirancang untuk penggunaan kondisi tegangan DC di kendaraan beroda empat yang kasar, karenanya ia sanggup bertahan pada tegangan suplai yang melonjak hingga +28V (dalam keadaan tanpa sinyal input).
Normalnya, ia bekerja pada tegangan suplai (V+) 12V. Ketika bekerja untuk mengeluarkan daya output maksimal 20W pada beban speaker 4 Ohm, tegangan V+ (maks.) ialah 14,4V.
Power-supply konvensional sederhana sanggup saja digunakan, namun yang terbaik untuk keperluan ini ialah memakai DC regulator 14,4V khusus sebagaimana dibahas di dalam goresan pena ini : Sumber tegangan 13,2V dan 14,4V DC .

Rangkaian BTL TDA2005.

 yang sanggup dikonfigurasi sebagai penguat OTL stereo 20W BTL Amplifier Dengan TDA2005

Daftar komponen :
R1 = 120k
R2 = 1k
R3 = 2k
R4, R5 = 12Ω
R6, R7 = 1Ω
C1, C2 = 2,2uF/50V
C3, C9, C10 = 104 (mika/mylar/MKT)
C4 = 10uF/50V
C5, C7 = 100uF/16V
C6, C8 = 220uF/16V
IC1 = TDA2005 atau TDA2005s
Spkr = speaker 4Ω.

Gambar rangkaian beserta daftar komponen yang diterakan ialah untuk versi mono (tunggal). Untuk versi stereo rangkaian dibentuk dua kali yang berarti semua komponennya menjadi dua kali lipat.
Input rangkaian BTL TDA2005 ini sanggup disambungkan ke output banyak sekali rangkaian tone-control bertransistor. Dengan demikian ia menjadi power-amplifier dalam sebuah sistem amplifier lengkap.
Jika didahului dengan sebuah potentiometer 20k maka ia sanggup juga pribadi digunakan sebagai penguat/amplifier dari banyak sekali output audio meskipun tanpa perhiasan pengaturan nada.

Petunjuk perakitan amplifier TDA2005.
IC1 memerlukan keping pendingin/heatsink alumunium yang cukup memadai.
Ketika IC ini digunakan untuk mengeluarkan daya maksimal atau mendekati daya maksimal dalam waktu lama, panasnya harus tersalurkan dengan baik. Jika tidak maka IC akan gampang rusak.
Speaker yang digunakan haruslah speaker berimpedansi 4Ω bila diinginkan daya maksimal sanggup dicapai secara optimal. Ukuran diameter speaker terserah saja, tapi sebaiknya antara 4,5 inch hingga dengan 6 inch.
Apabila sulit mendapat speaker 4Ω, dua speaker 8Ω sanggup saja diparalel untuk mendapat impedansi 4Ω. Dalam hal ini setiap speaker dipandang sebagai sebuah resistor alasannya memiliki nilai resistansi ‘Ohm’.
Ketika disambungkan secara paralel maka balasannya (dalam hal impedansi) ialah sama saja ibarat speaker 4Ω. Lihat klarifikasi teknis ihwal ini dalam ulasan yang lebih spesifik : Mengenal Resistor .

Untuk melengkapi proyek praktek ini, berikut disertakan juga rancangan PCB yang sanggup diusahakan untuk dibuat.
File-nya (dengan ukuran aktual) sanggup diunduh di sini : PCB BTL TDA2005 .

Silakan diunduh file layout PCB-nya dan di-print untuk pembuatan PCB.
Jika PCB sudah dibuat, tata-letak komponen serta sambungan perkabelannya kira-kira ibarat ini :

 yang sanggup dikonfigurasi sebagai penguat OTL stereo 20W BTL Amplifier Dengan TDA2005

Gambar yang diperlihatkan ialah tata-letak komponen pada PCB 20W BTL amplifier dengan TDA2005, serta penyambungan-penyambungan perkabelannya dalam tampak atas.

Happy soldering!

Posting Komentar untuk "20W Btl Amplifier Dengan Tda2005"