Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Oppo Ini!

Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia. Vendor yang satu ini sudah dikenal sebagai vendor ponsel yang populer, namanya juga dikenal tidak hanya di kota besar tetapi juga hingga ke daerah.


Sebagai salah satu vendor ponsel yang cukup besar namanya, Oppo cukup rajin mengeluarkan ponsel tiap ponsel. Setidaknya dalam satu tahun ada 4 hingga 5 seri HP Oppo yang keluar. Tidak heran juga banyak yang mencari HP Oppo ini.


Pertanyaanya, mengapa HP Oppo banyak yang cari? Apa kelebihan dan kekurangan dar HP Oppo ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan soal 10 kelebihan dan kekurangan HP Oppo secara umum yang dibagi menjadi 5 kelebihan dan 5 kekurangan. Simak eksklusif detailnya berikut ini.


Kelebihan HP Oppo


1. Kamera Selfie yang Bagus


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Oppo mempunyai beberapa lini produk ponsel. Ada Oppo seri A (Oppo A3s, Oppo A83, Oppo A37, dan lainnya) yang ada di kelas harga murah, ada seri F (Oppo F5, Oppo F7, Oppo F9, dan seri F lainnya) yang ada di kelas menengah, ada seri R (Oppo R15, Oppo R17 Pro, dan lainnya) dan seri Find (Oppo Find 7, Oppo Find X) di kelas atas.


Di Indonesia, Oppo fokus pada kelas menengah dan kelas harga murah (seri F dan seri A). Biasanya yang sering dijagokan yaitu seri F. Dalam setiap kesempatan, ketika seri F muncul, Oppo selalu menjagokan kamera depannya alias kamera selfie. Tren ini tentu terus berlanjut.


Kamera depan atau kamera selfie Oppo F seri memang bagus, apalagi sejak seri Oppo F5, kamera depannya sudah dilengkapi dengan teknologi AI Beautify. Hal inilah yang menciptakan seri HP Oppo identik dengan kamera selfie.


Tidak hanya Oppo seri F, beberapa HP Oppo seri A juga dibekali dengan kamera depan yang tergolong bagus. Jangan tanya kalau untuk kelas atas, Oppo seri R dan seri Find terang mempunyai kamera depan yang tergolong bagus. Terlebih Oppo R17 Pro termasuk salah satu HP Oppo yang tidak hanya manis di kamera depan tetapi juga di kamera belakang.


Karena alasan-alasan tersebut, masuk akal jikalau HP Oppo akan selalu identik dengan kamera selfie. Tidak aneh jikalau banyak para perempuan, terutama para penyuka selfie, lebih menentukan memakai HP Oppo dibandingkan HP dari merek lain.


2. VOOC Flash Charge


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Oppo mempunyai teknologi pengisian cepat yang disebut VOOC Flash Charge. Teknologi ini yaitu salah satu nilai jual lebih dari HP Oppo. Ketika Oppo mulai masuk pasar Indonesia, teknologi VOOC Flash Charge ini jadi salah satu nilai jual utama dari produk HP Oppo.


Teknologi VOO Flash Charge ini memungkinkan HP bisa diisi cukup penuh dalam tempo yang singkat. Sebagai contoh, Oppo F9 bisa sanggup waktu bicara selama 2 jam sesudah diisi selama 5 menit saja. Contoh lainnya yaitu ketika kondisi baterai ponsel ada pada 35% kemudian diisi daya dalam tempo 20 menit, maka baterai pada ponsel tersebut sanggup terisi menjadi 70%.


Dengan hasil tersebut, cukup beralasan jika VOOC Flash Charge diklaim mempunyai kecepatan pengisian daya 4x lebih cepat dari pengisian daya biasa. Oppo juga berbagi teknologi ini lebih lanjut, yakni Super VOOC Flash Charge yang tertanam di Oppo Find X Lamborghini Limited Edition. Teknologi ini terang lebih cepat dari VOOC Flash Charge biasa.


Sayangnya, tidak semua HP Oppo mendukung fitur VOOC Flash Charge. Fitur ini tidak tertanam di HP Oppo kelas terjangkau. Setidaknya, ada tiga HP Oppo yang beredar resmi di Indonesia yang mendukung fitur ini, yakni Oppo F9, Oppo Find X, dan Oppo R17 Pro.


3. Desainnya Selalu Menarik


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Daya tarik HP Oppo lainnya yaitu soal desain. Belakangan alias di seri HP Oppo terbaru, Oppo sering menghadirkan desain HP yang menarik dan beda. Misalnya, desain bodi pola berlian yang ada di Oppo F7 Youth dan Oppo F9 atau desain kece nan menarik yang ada di Oppo A3s dan Oppo A7.


Desain bodi HP Oppo ini yang menarik yang menjadi daya tarik lain. Apalagi pilihan warna yang ditawarkan juga cukup menarik perhatian. Tidak heran jikalau kemudian HP Oppo sering mencuri perhatian lewat desainnya. Tentunya selain kualitas kamera depan yang memang jadi unggulan


4. Memproduksi HP Sesuai Selera Pasar


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Oppo sering mengeluarkan beberapa tipe ponsel yang sesuai kebutuhan pasar. Saat tren selfie merajarela, Oppo menghadirkan beberapa tipe HP yang fokus pada selfie. Saat orang-orang mengakibatkan HP untuk bermain gim, Oppo pun menghadirkan fitur untuk mendukung mobile gaming, seperti fitur untuk menolak panggilan atau pesan ketika main gim.


Ketika pasar membutuhkan HP dengan bezel tipis, Oppo juga menghadirkan produk menarik menyerupai Oppo Find X. HP yang satu ini yaitu salah satu HP yang mempunyai desain menarik dan konsep yang menarik. Betapa tidak, Oppo Find X ini jadi salah satu pionir kehadiran HP dengan bezel sangat tipis serta fitur kamera tersembunyi.


Bisa dibilang, meskipun tidak mempunyai seri khusus seperti HP khusus untuk gaming atau HP khusus untuk multimedia, Oppo selalu menghadirkan seri ponsel menarik yang tidak ketinggalan zaman. Karena alasan itulah, tidak berlebihan jikalau menyebut tiap seri HP Oppo yang keluar biasanya sudah sesuai kebutuhan.


5. Memiliki Strategi Marketing yang Bagus


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!

* sumber: www.gizmochina.com


Oppo ini yaitu salah satu merek HP yang cukup laku di pasar Indonesia. Di banyak sekali data, biasanya Oppo sering masuk 5 besar sebagai vendor yang mengapalkan ponselnya. Data dari IDC juga menyebutkan kalau Oppo ini berada di posisi 3 sebagai vendor yang banyak mengapalkan smartphone (18%) pada kuartal kedua 2018.


Prestasi tersebut tidak lepas dari taktik marketing Oppo yang mau tidak mau, suka tidak suka, harus diakui tergolong bagus. Ketika sebuah ponsel Oppo meluncur, Oppo selalu menghadirkan taktik marketing yang cukup masif. Misalnya dengan merekrut brand ambassador ternama dan juga memasang iklan yang masif di TV dan media cetak maupun media online.


Tidak hanya itu, Oppo juga sering beriklan di banyak jalan raya ibukota. Di banyak sekali kota, banyak ditemukan reklame iklan Oppo yang khas dengan warna hijaunya. Belum lagi, Oppo juga sering memperlihatkan kolaborasi dengan outlet penjual ponsel dengan memasang banner atau spanduk Oppo. Strategi inilah yang terbilang manis dan menciptakan merek Oppo praktis dikenal orang.


Kekurangan HP Oppo


1. Overprice


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Strategi marketing yang masif dan baik yang dilakukan Oppo bekerjsama berefek pada harga jual produk ponselnya. Efek tersebut yaitu harga HP Oppo yang cenderung overprice jika dibandingkan dengan HP lain dengan spesifikasi serupa.


Contohnya yaitu ketika Oppo R17 Pro hadir dengan harga kisaran Rp9 juta, tidak sedikit yang menganggap harga tersebut terlalu mahal, terlebih sebab chipset yang digunakan HP tersebut hanyalah Snapdragon 710. Hal yang sama juga terjadi ketika Oppo mengeluarkan tipe ponsel seri F menyerupai Oppo F5, Oppo F7, dan Oppo F9.


Bagi sebagian kalangan techno enthusiast, harga Oppo termasuk kurang wajar. Namun ternyata Oppo mempunyai pangsa pasarnya tersendiri yang ternyata cukup banyak orang membeli HP Oppo terutama di seri F. Biasanya mereka yang membeli HP Oppo seri F memang tidak menyidik jeroan tetapi fitur menarik menyerupai kehadiran kamera depan yang baik atau adanya VOOC Flash Charge.


2. Harga Jual Oppo Second Turun Drastis


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!

* sumber: www.yugatech.com


Sebuah anomali ketika sebuah ponsel dengan merek terkenal menyerupai Oppo, mengalami penurunan harga jual second yang cukup drastis. Tidak menyerupai merek Samsung atau iPhone yang biasanya harga jual second alias bekasnya masih tergolong bagus.


Sebenarnya, penurunan harga bekas pada merek ponsel hal yang masuk akal tetapi untuk Oppo harus diberi catatan. Pasalnya, tidak sedikit outlet atau counter ponsel yang tidak mau membeli HP Oppo bekas dengan harga yang masuk nalar meskipun gres digunakan satu ahad misalnya.


Hal ini terjadi sebab Oppo menerapkan taktik satu harga untuk semua penjual ponsel. Misalnya Oppo F9 gres dijual dengan harga Rp4.299.000. Seluruh outlet yang menjual Oppo F9 harus menjual dengan harga tersebut, dihentikan lebih dan dihentikan kurang. Jika tidak, maka outlet atau penjual tersebut akan mendapatkan hukuman dari Oppo menyerupai pemutusan kerjasama.


Nah, harga jual tersebut bekerjsama sudah termasuk komisi untuk outlet yang kerjasama dengan Oppo. Sebagai contoh, satu unit Oppo F9 dengan harga Rp4.299.000 ini di dalamnya terdapat komisi sebesar Rp500 ribu untuk outlet jikalau produknya terjual. Biasanya juga Oppo mengatakan bonus kepada Outlet jikalau bisa menjual HP Oppo cukup banyak.


Strategi kerjasama ini dengan outlet inilah yang juga menciptakan HP Oppo gencar dijual, menyerupai yang dijelaskan pada poin 5 di penggalan kelebihan. Imbasnya, hal ini menciptakan banyak penjual sering memperlihatkan HP Oppo dengan gencar kepada calon pembeli, terutama pembeli yang masih ragu untuk membeli ponsel dari satu merek tertentu.


Nah, imbas lain dari hal ini yaitu outlet yang menjual HP Oppo terbaru cukup gencar. Sayangnya, ketika orang mau menjual, biasanya outlet tidak mau dengan harga tinggi sebab ketika outlet menjual HP Oppo bekas, para penjual ponsel tersebut tidak mendapatkan untung sebesar ketika menjual HP Oppo baru.


Sebenarnya permasalahan harga ini tidak terlalu kuat di online. Banyak penjual HP Oppo yang menjual dengan harga di bawah harga yang ditentukan. Tidak sedikit juga yang menjual HP Oppo bekas di online dengan harga yang masih cukup masuk akal.


3. Build Quality HP Oppo Kurang Bagus


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Salah satu yang menciptakan Oppo kurang menarik adalah build quality produknya yang kurang bagus. Oppo sering menghadirkan produk ponsel dengan kualitas produk yang kadang tidak sebaik kompetitor. Meskipun desain bodi ponselnya kini sudah manis dan menarik, tetapi biasanya desainnya masih terbuat dari plastik sehingga kadang ponsel terasa kurang kokoh.


Kekokohan HP Oppo pernah diuji oleh Jerry Rig Everything, channel Youtube luar negeri yang sering menguji ketahanan sebuah ponsel. Channel tersebut pernah mengetes ketahanan Oppo Find X dan alhasil HP tersebut begitu praktis dibengkokan dengan kedua tangan. Padahal Oppo Find X ini termasuk HP Oppo yang cukup mahal.


4. ColorOS yang Kadang Bikin Berat


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!

* sumber: www.unbox.ph


HP Oppo tipe apapun hadir dengan tampilan UI yang disebut ColorOS. UI ini yaitu tampilan antarmuka yang dibesut Oppo dengan banyak sekali fitur menarik. Hanya saja kadang ColorOS ini sering malah menciptakan HP terasa lebih berat. Meskipun banyak fitur menarik tetapi tidak sedikit yang merasa ColorOS terasa berat, semisal terjadi pada Oppo F7.


5. Jarang Memberikan Pembaruan OS


Oppo yaitu vendor yang cukup terkemuka di Indonesia Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Ini!


Satu poin penting dari HP Oppo yaitu jarangnya HP Oppo mendapatkan pembaruan sistem operasi Android. Oppo memang tergolong cukup pelit untuk mengatakan pembaruan sistem operasi. Misalnya, Oppo F9 yang hadir dengan Android 8 Oreo belum tentu mendapatkan derma Android 9 Pie.


Hal ini juga pernah terjadi pada HP Oppo keluaran usang yang biasanya memang jarang mendapatkan pembaruan, meski hanya satu kali pembaruan sistem. Kalaupun ada pembaruan sistem, biasanya yang diperbarui yaitu UI ColorOS-nya saja.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari HP Oppo secara umum. Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku pada setiap ponsel. Masih ada beberapa tipe HP Oppo yang memang manis di satu sisi tetapi mempunyai kekurangan di sisi lain. Semoga warta ini membantu.


Posting Komentar untuk "Yuk, Ketahui 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Oppo Ini!"