Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Kredit Tanpa Agunan Ilegal yang Menawarkan Bunga Kecil

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami,Finansialku.com

 

logo finansialku

Pasti kita sudah familiar dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Hampir semua bank di negeri ini menyediakan fasilitas tersebut. Tapi hati-hati! Sekarang ini marak penipuan KTA loha, alias KTA ilegal.

 

Oknum gak bertanggung jawab biasanya menawarkan kredit berbunga rendah atau KTA ilegal melalui sms. Biasanya mereka mengatakan produknya adalah KTA dengan bunga rendah dan cepat cair. Padahal produk tersebut murni penipuan KTA.

 

[Baca: Ini Nih Mindset Soal Kredit Tanpa Agunan yang Bikin Keuangan Kita Jalan di Tempat]

 

 

Perlu diketahui, KTA adalah produk kredit yang dikeluarkan oleh perbankan atau institusi keuangan lain yang sudah mendapatkan izin OJK. KTA (personal loan). KTA juga merupakan jenis kredit yang cukup mudah persyaratannya. Cukup menyertakan KTP, bukti gaji dan mengisi formulir-formulir.

 

Kurangnya informasi dan literasi keuangan masyarakat Indonesia, menyebabkan banyak oknum gak bertanggung jawab melakukan tindak penipuan. Ada yang menawarkan bunga kecil, meminta biaya administrasi, minta biaya pengurusan dan lain sebagainya. Nah mari kita bahas dulu modus-modus penipuan KTA.

 

Bagaimana sih cara oknum-oknum tersebut menghubungi calon korban? Ternyata ada beberapa cara, seperti melalui telepon, sms, email dan juga website bodong (pishing).

 

kredit tanpa agunan

Sms penipuan gak cuma mama minta pulsa, tawaran KTA ilegal juga banyak

 

 

3 Langkah preventif supaya gak terjebak penipuan KTA

Saat kita mendapat penawaran KTA tetapi dalam hati kita merasa ragu, sebaiknya kita perhatikan langkah-langkah berikut:

 

1. Pastikan Orang dan Lembaganya

Saat mendapat penawaran KTA yang meragukan, kita harus menanyakan siapa nama tenaga pemasaran dan asal perusahaannya. Biasanya orang tersebut akan memberi jawaban yang meyakinkan dan menyebut nama salah satu bank.

 

Telepon bank tersebut dan tanyakan status dari orang yang menawarkan KTA. Pastikan orang tersebut adalah tenaga pemasaran yang aktif dan tanyakan juga mengenai produk KTA. Langkah ini adalah langkah preventif yang utama, agar kita terhindar dari penipuan KTA.

 

Ow ya, kita juga bisa loh membandingkan produk KTA dari beberapa bank. Kita berhak kok memilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan. Coba aja banding-bandingin sendiri bunganya. Jangan mau diintimidasi untuk langsung mengiyakan tawaran KTA apalagi yang ilegal.

 

 

[Baca: Selain Bunga 5 Macam Biaya Kredit Tanpa Agunan KTA Ini Patut dipastikan Sebelum Teken Kontrak dengan Bank]

 

 

2. Bagaimana dengan menghitung cicilan KTA jika top up

Kita juga harus memastikan, sebelum mengambil produk KTA atau produk keuangan apapun, kita sudah mempelajari produk dan syarat-syarat yang berlaku. Pastikan kita benar-benar mengetahui, kewajiban dan hak. Gak hanya sekedar terbuai dengan dana segar yang diiming-imingi ya.

 

3. Proses KTA tidak Perlu Biaya Pelicin Pengajuan Aplikasi

Ingat ya, SOP atau prosedur dalam pengajuan KTA gak pernah ada namanya biaya pelicin. Pengajuan KTA kita akan dicek oleh analis bank. Tenaga pemasaran produk KTA gak bisa menjamin apakah pengajuan disetujui atau tidak.

 

kredit tanpa agunan

Ngajuin pinjaman di bank tuh buka kayak beli jajanan di supermarket bro, harus dianalisa dulu sama ahlinya

 

 

Tenaga pemasaran hanya berkewajiban untuk membantu nasabah dalam melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Mereka juga sudah dibayar oleh pihak bank, jadi kita gak perlu mengeluarkan biaya pelicin.

 

 

[Baca: Infographic Cara Mengajukan KTA di Duitpintar.com Lengkap Sampai Tuntas]

 

 

Kebanyakan korban penipuan KTA adalah orang-orang yang sedang dalam kondisi kepepet. Satu hal yang perlu kita ketahui dan ingat: dalam kondisi apapun juga, kita harus berhati-hati dan berusaha melakukan langkah-langkah preventif agar gak terkena penipuan KTA atau penipuan lainnya.

 


Jangan sampai kena tipu ya!

 

 

 

Image Credit:

  • http://lipsus.kontan.co.id/assets/lipsus_kta/images/img04.JPG
  • http://freshconsultant.co.id/wp-content/uploads/2016/01/banking-business-financial-analyst-desktop-accounting-charts-pens-indicates-graphics-50578031-640×330.jpg

 

Posting Komentar untuk "Waspada Kredit Tanpa Agunan Ilegal yang Menawarkan Bunga Kecil"