Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulitkah Menghindari Bokek di Akhir Bulan? Coba Beberapa Tips Berikut Yuk Bunda

Artikel Ini dipersembahkan oleh Content Partner Kami, theAsianparent.com

 

Siapapun kita dan apapun profesi kita, baik ibu bekerja, ibu rumah tangga atau buka usaha sendiri, pasti pernah mengalami bokek. Iya, bokek alias gak punya uang di akhir bulan atau bahkan pada pertengahan bulan!

 

Ada beberapa hal yang mengakibatkan ‘penyakit’ bokek selalu datang setiap bulan. Misalnya saja harga barang kebutuhan pokok yang labil kayak abege, jumlah pemasukan yang gak seimbang dengan pengeluaran atau karena kurang bijaksana dalam mengatur keuangan.

 

[Baca: Tips Biar Gak Mengalami Tanggal Tua Males Buka Dompet]

 

 

Tenang saja, bunda. Coba beberapa tips mengelola keuangan secara sederhana ini yuk untuk menghindari bokek di akhir bulan.

 

1. Prioritas Pengeluaran

Kurang pertimbangan dalam prioritas pengeluaran yang harus segera dieksekusi bisa berperan besar dalam terjangkitnya penyakit bokek dalam kehidupan kita.

 

Pengeluaran untuk makan sehari-hari, keperluan sekolah anak, melunasi cicilan dan utang, tagihan listrik, air dan telepon sebaiknya  didahulukan saat menerima gajian atau menerima gaji suami.

 

Jika pemasukan kita gak cukup untuk membayar semua hal di atas secara bersamaan, kita dapat menunda pembayarannya dua atau tiga minggu kemudian sambil mencari tambahan pemasukan.

 

menghindari bokek di akhir bulan

Zaman sekarang musti kreatif ya Bunda, lumayan kan bisa buat beli bedak sama lipstick haseeek

 

 

Tapi, jangan lupa mencatat tanggal jatuh tempo. Hal ini bertujuan agar kita tetap bisa melunasi semua kewajiban meski sedikit terlambat. Akan lebih baik lagi kalau gak terlambat karena ada denda akibat keterlambatan yang harus dibayar dan hal itu akan menambah pengeluaran.

 

2. Batasi Jajan

Membeli jajanan, masakan jadi atau camilan sering kali menjadi hiburan bagi sebagian kaum perempuan alias doyan ngemil.

 

Stres dan kelelahan akibat pekerjaan, baik rumah tangga maupun kantor, belum lagi masalah klasik ibu-ibu seperti tingkah laku anak-anak yang gak selalu manis dan masalah dengan suami kadang membuat kita ingin ‘melarikan diri’ dari semua hal itu sejenak.

 

Cobalah untuk membuat jajanan lezat sendiri di rumah agar keinginan untuk ngemil terpenuhi, namun gak membuat dompet bokek.

 

[Baca: Kenapa Tanggal Tua Selalu Identik dengan Hidup Prihatin Mungkin Ada yang Salah dengan Cara Mengatur Keuangan Kamu]

 

 

Atau jika sedang merasa malas atau gak punya waktu untuk melakukannya, cukup tarik nafas dalam-dalam. Setelah itu bayangkan berbagai macam kesulitan seandainya kita benar-benar bokek sebelum tanggal gajian. Niscaya keinginan Anda untuk jajan maupun makan di luar akan sirna.

 

menghindari bokek di akhir bulan

Nyaaam, ngiler gak sih lihat jajanan pasar tradisional gini? Bawaannya pengin borong sekalian sama penjualnya hahaha

 

 

3. Hindari Berhutang

Bagi beberapa orang berhutang dianggap sebagai salah satu jalan keluar yang cukup praktis untuk menyelesaikan masalah bokek di akhir bulan. Tapi, mereka sering lupa bahwa utang harus dilunasi, kapanpun tenggat waktu yang disepakati.

 

Kita sudah akan dibebani pengeluaran tambahan pada gaji di bulan mendatang untuk membayar utang. Jadi bagaimana kita akan memenuhi perencanaan pengeluaran di bulan mendatang jika pemasukan sudah jelas akan berkurang (dan ancaman bokek yang siap menghadang)?

 

Ketika sudah gak punya pilihan lain, berhutang bisa saja dipilih sebagai solusi. Namun, hindari berhutang pada rentenir, karena selain kita gak bisa menunda tanggal pelunasan utang, bunga pinjaman jumlahnya sering gak masuk akal.

 

4. Berusaha Menabung

Jangan menunggu sisa gaji atau jatah pemberian suami untuk ditabung. Jika bunda benar-benar berniat untuk menabung, cobalah untuk melakukannya begitu menerima pemasukan. Gak perlu dalam jumlah besar, sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan.

 

Uang yang kita sisihkan dalam tabungan bisa digunakan untuk keperluan di masa depan. Bisa juga digunakan sebagai dana cadangan jika ada kebutuhan mendadak seperti anak sakit, mobil rusak, atap rumah bocor dan lainnya tanpa harus berhutang.

 

[Baca: 5 Cara Ini Bisa Diterapkan Buat Kamu yang Bergaji Rp 2 Juta Agar Bisa Menabung]

 

menghindari bokek di akhir bulan

Kalau udah pegang duit, pasti lupa daratan, tahan Bunda, jangan langsung kalap ya

 

 

Coba mulai dengan menyimpan sisa uang receh dalam celengan. Pakai celengan ayam yang terbuat dari tanah liat agar uang gak bisa diambil atau digunakan juga bisa loh. Nah, selamat mencoba!

 

 

 

Image Credit:

  • http://tips-cara.info/wp-content/uploads/2015/01/Kreatif-Mencari-IDE-Peluang-USAHA-BISNIS-yang-Sesuai-700×400.jpg
  • http://cdn.bisnisukm.com/2010/04/IMG_1476.jpg
  • http://4.bp.blogspot.com/-UjyOgb5_uqs/U6kVxcCKTdI/AAAAAAAAACI/OHDXiIwZ15U/s1600/duit.jpg

 

Posting Komentar untuk "Sulitkah Menghindari Bokek di Akhir Bulan? Coba Beberapa Tips Berikut Yuk Bunda"