Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Cuma Update Facebook, Kenali Apa Itu Jakarta Smart City dan Manfaatnya

Jakarta emang istimewa dibanding kota lain di Indonesia. Kota ini telah dilengkapi teknologi terkini bernama Jakarta Smart City.

 

Aplikasi ini dibikin pemerintah DKI buat membantu masyarakat Ibu Kota dalam kehidupan sehari-hari. Mau lapor petugas pemerintah nakal, bisa. Mau ngasih tahu jalan rusak, bisa juga.

 

Yang paling baru, program ini diproyeksikan untuk membantu pebisnis. Jadi, nantinya bisnis yang dijalankan di Jakarta bakal lebih mudah, terutama dalam soal investasi.

 

Tapi manfaat Jakarta Smart City sekarang juga sudah bisa dirasakan. Salah satunya, untuk menghemat keuangan.

Gimana ceritanya program ini bisa dipakai buat menghemat keuangan? Yuk mari kita bedah sama-sama:

 

1.Makan enak dan murah

Dalam aplikasi ini terdapat informasi mengenai restoran dan warung yang ada di Jakarta. Dari info itu bisa digali fitur-fitur tempat makan tersebut.

 

Jakarta Smart City

Makan enak bareng temen-temen paling seru ye, gak usah ribet hompimpa tinggal search di Jakarta Smart City

 

 

Jadi, kita bisa cari tempat makan yang enak dan murah lewat aplikasi Jakarta Smart City. Kalau lagi tanggal tua, bisa deh ngulik aplikasi ini.

 

[Baca: Kenapa Tanggal Tua Selalu Identik dengan Hidup Prihatin? Mungkin Ada yang Salah dengan Cara Mengatur Keuangan Kamu]

 

 

2.Ngirit waktu

Waktu adalah uang. Begitu kata pepatah lama. Lewat Jakarta Smart City, kita bisa ngirit waktu dengan menghindari jalanan yang macet akibat rusak atau hal lain.

 

Kalau bisa ngirit waktu, artinya kita bisa ngirit duit bensin plus energi. Kita juga bisa terhindar dari stres gara-gara terjebak macet gak habis-habis.

 

3.Tahu aturan resmi

Di Jakarta Smart City juga ada daftar dinas di DKI. Dari dinas-dinas ini bisa dikorek info mengenai hal-hal yang berhubungan dengan biaya.

 

Misalnya biaya ngurus izin usaha atau bahkan pemakaman. Jadi, kita tahu aturan resmi dan terhindar dari mark-up biaya oleh oknum-oknum tertentu. Rugi kan kalau biayanya gratis eh ternyata dipaksa bayar.

 

4.Promosi bisnis

Mau promosi bisnis lewat aplikasi ini juga bisa, lho. Jakarta Smart City terhubung dengan layanan Qraved. Nah, kalau kita mendaftarkan usaha di Qrave, otomatis info usaha ini muncul juga di aplikasi.

 

Jakarta Smart City

Dukung usaha lokal dong, jangan import mulu bro!

 

 

Dengan begitu, orang-orang bisa mengetahui usaha kita lewat aplikasi. Jangan lupa beri keterangan sejelas-jelasnya ya, termasuk alamat usaha, biar bisa dikunjungi warge Jakarte dan sekitarnye.

 

[Baca: 5 Ide Bisnis Franchise Terbaik yang Patut Dicoba buat Nambah Pundi-Pundi]

 

 

5.Dapat hadiah

Aplikasi Jakarta Smart City gak hanya terhubung dengan Qrave di bidang kuliner. Aplikasi ini terkoneksi dengan Qlue, tempat kita buat melapor apa pun yang berhubungan dengan pemerintah DKI, dari kelurahan sampai provinsi.

 

Yang asyik, kadang ada kompetisi di layanan ini. Misalnya yang melapor paling banyak akan dapat hadiah berupa handphone. Lumayan, daripada beli baru keluar duit lagi.

 

Jadi, ada dua keuntungan yang didapat:

– Laporan ditindaklanjuti dan dibereskan

-Dapat hadiah gratis

 

Selain manfaat buat keuangan, banyak manfaat lain yang bisa ditarik dari Jakarta Smart City. Oiya. Ada dua macam aplikasi ini.

 

Yang pertama adalah Jakarta Smart City Portal. Yang kedua adalah Jakarta Smart City Apps. Keduanya berbeda, tapi saling terhubung.

 

Jakarta Smart City

Namanya juga Jakarta Smart City, musti smart juga dong sebagai warga Jakarte jangan gaptek lagi ye!

 

 

Manfaat aplikasi Jakarta Smart City juga bisa diakses melalui situs Internet di smartcity.jakarta.go.id/. Jadi, gak perlu sedih buat yang gak punya smartphone.

 

Berita terkini seputar Jakarta dan rekaman kamera CCTV juga bisa diakses di program ini, lho. Jadi, memang segudang manfaatnya.

 

 

Dan untungnya lagi, aplikasi ini tersedia gratis. Gak perlu siapin kartu kredit atau potong pulsa buat beli aplikasi. Tinggal download, sudah. Silakan nikmati deh sepuasnya.

 

[Baca: Mau Beli Aplikasi Android Tanpa Kartu Kredit? Begini Caranya]

 

 

 

Image Credit:

  • https://www.qraved.com/journal/wp-content/uploads/2015/05/28-5-6-restoran-keren-dengan-live-music-di-jakarta.jpg
  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1061610/big/023717800_1448004840-20151120-Target-KUR-30-triliun-di-2015-Jakarta-AY4.jpg
  • http://www.opengovasia.com/ext/resources/photologue/photos/2015/Smart-city-Jakarta.jpg

Posting Komentar untuk "Jangan Cuma Update Facebook, Kenali Apa Itu Jakarta Smart City dan Manfaatnya"