Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Investasi untuk Pemula Bisa Belajar Dari Cara Berenang Loh

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami,Finansialku.com

 

logo finansialku

 

Kamu bisa berenang gak nih? Emang kenapa sih ngomongin soal renang? Tahu gak sih, ternyata sebenarnya ada kesamaan loh antara belajar renang dengan belajar investasi. Kalau kamu tahu kesamaan antara kedua hal tersebut, kemungkinan untuk bisa sukses berinvestasi semakin besar.

 

[Baca: Biar Gak Bingung Begini Cara Menentukan Investasi Sesuai Rencana Keuangan]

 

 

Supaya Pandai Berenang, Belajar Renang Harus Basah

Ada guru renang yang mengatakan, kalau ingin pandai berenang ya harus mau basah dong. Jadi gini loh maksudnya, mana ada sih perenang profesional yang bisa jadi sukses dalam bidangnya tersebut hanya berdasarkan teori semata.

 

Coba deh kamu perhatikan anak-anak kecil yang jago renang, mereka biasanya mendapat pengarahan di darat lalu setelah itu mempraktekkan di air.

 

Jika terus diperhatikan secara cermat, anak-anak kecil yang baru belajar berenang itu akan gimana reaksinya saat baru pertama blajar? Biasanya untuk anak-anak pemula, mereka akan takut turun ke kolam.

 

Nah, sekarang kamu tahu kan, mana mungkin bisa berenang kalau cuma tahu teori berenang yang baik tanpa praktek.

 

[Baca: Pengin Investasi Eits Tunggu Dulu Pilih Instrumen Investasi Sesuai Usia Ya]

 

 

Lalu apakah ada risiko tenggelam atau risiko lainnya? Risiko tersebut gak mungkin dihindari ya saat berenang. Tapi, gak perlu khawatir berlebihan. Cara mengatasinya adalah dengan dampingan guru renang selalu menjaga disamping murid-murid pemula.

 

belajar investasi untuk pemula

Berenang ya harus basah, kalau mau kering mah tidur aje bro!

 

 

Alternatif lain bagi pemula adalah dengan menggunakan pelampung dan berenang di kolam yang lebih dangkal. Untuk orang-orang yang sudah jago renang, juga masih perlu melakukan pemanasan sebelum berenang.

 

Supaya Pandai Berinvestasi, Belajar Investasi Harus Menjalankannya

Sama halnya dengan berinvestasi. Gak mungkin ada orang yang pandai dalam investasi kalau hanya membaca buku, mengikuti seminar tanpa praktek. Disitulah letak kesamaan antara belajar berenang dan belajar investasi.

 

Apakah ada risiko rugi? Tentu saja ada dong. Lalu harus bagaimana? Ya mulai belajar investasi dengan nominal yang kecil, ibarat berenang di kolam dangkal tadi. Gunakan metode investasi dan cara mengelola uang yang benar (ibarat menggunakan pelampung). Belajar lah juga dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan.

 

Dr. Alexander Elder, seorang guru investasi dan juga profesional trader mengatakan, pada saat kita belajar investasi atau trading, fokuslah untuk berinvestasi dengan cara yang benar. Keuntungan berupa return akan mengikuti setelahnya jika kita sudah berinvestasi dengan cara yang benar.

 

[Baca: Buat Para Pemula Baca 5 Panduan Berinvestasi Ini Ya]

 

 

Jadi, gimana? Masih ragu atau gak pede untuk mulai berinvestasi? Belajar investasi untuk pemula ternyata bisa belajar dari berenang kan. Singkirkan dulu rasa takut berlebihan kamu deh. Segala sesuatu di dunia ini penuh dengan pilihan.

 

belajar investasi untuk pemula

Jangan dikit-dikit takut, takut sama kecoa, bahkan bayangan sendiri!

 

 

Apapun pilihan yang kita ambil pasti ada konsekuensi dan risiko yang mengikuti.

 

 

 

Image Credit:

  • http://i0.wp.com/akubisamendengar.com/wp-content/uploads/2015/06/Pelatih-mengajarkan-renang-anak-dengan-gangguan-dengar.jpg?fit=640%2C377
  • http://media.nationalgeographic.co.id/daily/640/0/201603171142633/b/foto-ada-alasan-evolusi-di-balik-rasa-takut-manusia-terhadap-gelap.jpg

 

Posting Komentar untuk "Belajar Investasi untuk Pemula Bisa Belajar Dari Cara Berenang Loh"