Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyiasati Dapur Kecil dengan Kitchen Set Rp 5 juta

 

Buat para mommies dan mereka yang hobi masak, dapur adalah tempat favorit di rumah. Tapi, gak sedikit orang yang sulit menyalurkan hobi kuliner itu karena satu alasan: dapur mini.

 

Dapur mini memang bisa bikin mood masak hilang. Dari yang awalnya semangat beli bahan-bahan di pasar atau supermarket, jadi down lantaran proses masak terhalang ukuran dapur yang kecil.

 

Mau gerak sana-sini jadi gak enak. Mau ambil sendok, eh, nyenggol panci. Mau naruh wajan, eh, minyak jatuh.

 

Namun, seharusnya hobi itu gak lantas ditinggalkan begitu aja gara-gara dapur mini. Kita bisa kok menyiasati dapur kecil agar lebih nyaman dipakai buat masak.

 

Kuncinya adalah memilih kitchen set yang sesuai dengan kondisi dapur. Kitchen set adalah nyawa dari suatu dapur.

 

Jika dapur gak teratur, bisa-bisa gak ada “tukang masak” di rumah. Soalnya, niat masak langsung hilang begitu lihat dapur berantakan.

 

menyiasati dapur kecil

Dapur nggak musti terpisah dengan ruang makan, malah lebih praktis kan?

 

 

Padahal manfaat memasak sendiri buanyak sekali. Makanan lebih bisa dijamin kebersihan dan kesehatannya. Dan, yang juga penting, bisa ngirit duit ketimbang makan di luar.

 

[Baca: Masak Sendiri atau Beli? Yang Mana Yang Bisa Ngamanin Keuangan Keluarga?]

 

Meski demikian, gak jarang orang layu sebelum berkembang untuk menata dapur. Soalnya, kata mereka, ya, kitchen set itu mahal.

 

Iya betul, mahal. Kalau lihatnya di supermarket kelas internasional yang menyasar kalangan elite.

 

Ada kok kitchen set bagus yang bisa ditebus dengan bujet Rp 5 juta. Bagaimanapun, kebutuhan harus disesuaikan dengan kemampuan finansial.

 

Kalau memang baru bisa mengalokasikan Rp 5 juta buat kitchen set, gak apa-apa. Ketimbang maksa beli kitchen set mahal sampai harus kredit, terus di tengah jalan utang gak kebayar, hayo. Mau kejebak utang?

 

[Baca: Stress Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Begini Opsi Penyelesaiannya]

 

Kitchen set Rp 5 juta udah cukup kok untuk bikin dapur jadi nyaman. Kuncinya ada di pengaturan perabot dapur. Bahkan kitchen set puluhan juta rupiah juga gak bisa bikin nyaman jika perabot ditaruh asal-asalan.

 

Untuk menyiasati dapur mini dengan kitchen set Rp 5 juta, kita perlu menjalankan strategi khusus. Berikut ini contohnya:

 

menyiasati dapur kecil

Biarkanlah cahaya matahari itu masuk ke dapurmu, seperti ia menerangi hatimu

 

1. Biarkan cahaya masuk

Sebisa mungkin bangun dapur dengan jendela besar dan ventilasi memadai. Dengan begitu, cahaya alami matahari bisa masuk saat siang.

 

Masuknya cahaya ini menimbulkan kesan lapang, karena gelap identik dengan sesak dan sempit. Selain itu, perputaran udara jadi lebih bagus, sehingga gak ada keluhan dapur pengap.

 

2. Pilih warna terang

Kitchen set sebaiknya berwarna terang agar tidak menimbulkan kesan sempit. Begitu juga untuk cat tembok dapur. Selain itu, bisa taruh perabot berwarna perak mengkilat di tempat terbuka agar ada kesan modern dan gemerlap.

 

3. Maksimalkan ruang atas tembok

Kabinet atau rak harus terpasang di bagian atas tembok dapur. Jadi, peralatan masak bisa dimasukkan ke rak itu saat gak dipakai jika rak bawah penuh. Dengan begitu, bisa masak tanpa nyenggol panci dan kawan-kawan.

 

 

menyiasati dapur kecil

Taruh perabotan dapur yang sering dipakai saja, daripada menuhin dapur

 

 

4. Seleksi perabot

Gak semua perabot makan harus ditaruh di dapur. Misalnya kulkas, bisa diletakkan di ruang keluarga. Perabot kecil seperti coffee maker dan blender juga sebaiknya ditaruh di rak setelah selesai dipakai, gak ditinggal begitu aja.

 

Kitchen set Rp 5 juta tersedia di beberapa supermarket dan toko khusus kitchen set. Untuk mempermudah pencarian, manfaatkan Internet.

 

Jadi, bisa banding-bandingin harga kitchen set tanpa harus wira-wiri dari satu toko ke toko lain. Pastikan juga bahan kitchen set itu berkualitas. Paling gak, kualitasnya sesuai dengan harganya, bukan di bawahnya.

 

So, gak ada alasan lagi untuk berhenti masak karena dapur mini. Siapa tahu hobi masak kita itu berkembang jadi sarana bisnis untuk mendulang lebih banyak penghasilan.

 

[Baca: 8 Ide Bisnis Rumahan yang Gak Bakal Ikutan Lesu Kayak Rupiah]

 

 

 

Image credit:

  • http://3.bp.blogspot.com/-MlCzIVwwtJE/UiHsvcIeVfI/AAAAAAAALHg/Z0d7PULCCzs/s1600/4-Desain_Meja_Sederhana_Dapur_Kecil_tiperumahminimalis.blogspot.com.jpg
  • http://desain-minimalis.com/tips-pencahayaan-dapur-modern/desain-dekorasi-dapur-putih/
  • http://gambarrumahh.com/wp-content/uploads/2014/04/Cara-Mudah-Membuat-Perabot-Dapur-Stainless-Steel-Kinclong.jpg

Posting Komentar untuk "Menyiasati Dapur Kecil dengan Kitchen Set Rp 5 juta"