Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengelola Keuangan dari Kim Kardashian, Kenapa Gak!

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami Bareksa.com

Bareksa Logo

Siapa sih yang gak kenal selebriti cantik yang selalu menarik perhatian media dan massa melalui penampilannya dari Negara Paman Sam, Kim Kardashian. Emang ada apa dengan Kim?

 

Ternyata ada hal-hal terutama dalam belajar mengelola keuangan yang bisa kita pelajari loh dari Kim. Top model dunia dan artis ini mengklaim dirinya sangat ketat dengan budget. Ketika ia ingin membeli sesuatu maka ia harus menjual sesuatu.

 

[Baca: Budget Keuangan Pribadi untuk Me Time Sebaiknya Berapa Yaaa]

 

 

Sekedar informasi nih, istri Kanye West ini mempunyai kekayaan bersih $85 juta (sekitar Rp 1,1 triliun). Ia juga baru saja meluncurkan buku baru, mobile aplikasi miliknya, merek baju dan juga reality show terbarunya.

 

Kim mungkin bukan tipe wanita pebisnis. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari pemilik merek sepatu ShoeDazzle ini, baik dalam berinvestasi maupun mengelola keuangan.

 

Dalam wawancara yang dimuat Marketwatch, Kim mengatakan kebiasaan tersebut sudah mulai dipupuk semenjak dirinya masih remaja.

 

Kim mengatakan dirinya mengambil kredit bersama ayahnya, Robert Kardashian, untuk membeli lima buah pasang sepatu Manolo Blahnik senilai $750 sepasang. Kim menjual sepatu-sepatu tersebut di eBay dengan harga $2.500 sepasang.

 

belajar mengelola keuangan

Wanita emang identik dengan sepatu cantik, tapi inget jangan sampai gak makan cuma gara-gara belanja sepatu terus!

 

 

Ia mengaku selalu fokus kepada bisnisnya. Berikut kutipan wawancara dengan Kim Kardashian:

 

Apa keputusan keuangan terburuk yang pernah diambil?

Kim mengaku pernah beberapa kali mengambil keputusan buruk terkait keuangan. Namun ketika kita membuat keputusan buruk itu juga mengajarkan kita sesuatu yang berharga.

 

Kim belum pernah berinvestasi pada sesuatu dan kehilangan banyak uang. Namun menurut Kim waktu adalah sesuatu yang amat berharga. Jadi jika kita menyia-nyiakan uang dan waktu kita pada sesuatu yang tidak berharga sama saja dengan kehilangan uang.

 

[Baca: Gunakan Jurus Jitu Investasi Emas Ini Kalau Gak Mau Gatot Alias gagal Total]

 

 

Adakah pembelian yang membuat Kim menyesal?

Kim pernah membeli hal-hal bodoh seperti perhiasan dan juga akssesoris yang akhirnya gak pernah ia pakai. Ia mengatakan bahwa kadang kita terlalu antusias dan kadang orang terlalu bagus dalam mempromosikan barangnya sehingga kita kewalahan dan gak berdaya menolak.

 

Adakah hal spesifik yang Kim sesali ketika membelinya?

Kim mengatakan hanya beberapa perhiasan dan ternyata perhiasan yang bukan merupakan seleranya.

 

Apa nasihat keuangan yang bisa Kim bagikan kepada orang lain?

Kim merasa beruntung karena orangtuanya mengajarkan mengenai kredit, menabung dan hal-hal semacam itu. Hal-hal ini bahkan gak diajarkan di sekolah.

 

belajar mengelola keuangan

 Jangan cuma jajan aja ya dek, ayo rajin nabung!

 

 

Menurut Kim hal-hal kecil seperti kredit, menabung dan menyeimbangkan atara penghasilan dan pengeluaran seharusnya juga diajarkan di sekolah. Sebab banyak orang gak mengerti tentang hal ini.

 

[Baca: Ini Alasan Kenapa Pendidikan Keuangan Anak Penting Diajarkan Sedini Mungkin]

 

 

Sejak dini Kim sudah diajari mengenai hal itu sehingga gak pernah jatuh ke dalam masalah keuanga yang besar. Kim juga sangat suka menyisihkan uang dari hasil pekerjaannya. Menurutnya membangun masa depan jauh lebih penting dan memastikan kita gak selalu dimanja sepanjang waktu.

 

 

 

Image Credit:

  • http://cdn.skim.gs/images/uv5pxjs7kxov34hiqnem/kim-kardashians-new-years-resolutions
  • https://cdn.spellbrand.com/wp-content/uploads/2015/08/manolo-blahnik-shoes-0.jpg
  • http://www.mag.co.id/wp-content/uploads/2014/11/Tabungan-Pendidikan.jpg

Posting Komentar untuk "Belajar Mengelola Keuangan dari Kim Kardashian, Kenapa Gak!"