Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Baik Masak Makanan Sendiri di Rumah atau Beli? Mana yang Lebih Hemat?

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Terkadang bosan atau gak punya waktu lebih untuk masak makanan sendiri di rumah ya. Pilihannya ya antara tetap memasak atau beli makanan di luar. Pertanyaan tersebut mungkin sering dilontarkan setiap hari.

 

Beli makanan pasti lebih praktis dan gak perlu capek menyiapkan segala bahan-bahannya, membeli makanan di luar menjadi pilihan banyak keluarga. Padahal, memasak sendiri di rumah lebih baik dari segi keuangan dan kesehatan.

 

[Baca: Stop Borosin Uang untuk Jajan Makanan yang Gampang Dimasak Sendiri Ini Deh]

 

 

Selain pastinya lebih murah, menu masakan rumah juga bisa disesuaikan dengan selera. Memang sih, kesibukan sehari-hari membuat kita enggan memasak sendiri.

 

Sebenarnya kita cuma perlu meluangkan waktu sebentar untuk menyiapkan makanan yang menyehatkan. Nggak perlu jenis masakan yang susah-susah, yang penting bergizi dan murah.

 

Menyesuaikan budget

Jangan lalai soal menyusun budget, karena menyusun budget itu penting selama kita hidup. Tujuannya agar pengeluaran nggak melebihi pendapatan.

 

Semisal nih, budget untuk makan selama ini Rp 2 juta per bulan. Budget tersebut biasanya buat makan di luar. Coba mulai kurangi budget tersebut menjadi Rp 1,5 juta per bulan dan mulai dengan kebiasaan memasak di rumah.

 

masak makanan sendiri

Wih si mbok keren, goreng gak pake sodet, kayak debus dong hahaha

 

 

Setelah itu coba bikin pos-pos pengeluaran. Contohnya:

– Beras satu bulan: Rp 200 ribu

– Sayur dan lauk pauk: Rp1 juta (Rp1 juta : 30 hari = Rp 33 ribu)

 

Budget Rp 33 ribu per hari tersebut bisa untuk masak sederhana buat keluarga dengan menu seperti sayur sop, bayam, tempe, tahu dan lain sebagainya. Menu tersebut bisa buat 3 kali makan.

 

Coba bandingkan jika kita beli makanan di warteg. Rata-rata harga makanan di warteg mulai dari Rp 10 ribu dengan lauk sederhana. Kalau dalam satu keluarga ada 3 anggota, berarti satu kali makan saja sudah Rp 30 ribu. Nah, kalau makannya 3x sehari berarti: Rp 30 ribu x 3 = Rp 90 ribu.

 

Yuk, hitung-hitungan jika memasak di rumah

Dengan rajin belanja ke pasar di pagi hari, kita bisa memasak untuk seharian loh. Biar gak digetok penjual dengan harga selangit, kamu bisa cek dulu harga kebutuhan pokok di Informasi Pangan Jakarta

 

[Baca: Ibu-ibu Kini Bisa Cek Harga Kebutuhan Pokok Sebelum Belanja Lewat Info Pangan Jakarta]

 

 

Contohnya mau memasak sayur sop:

– Sayur mayur: Rp 20 ribu

– Ayam satu ekor: Rp 35 ribu

– Tempe: Rp 6 ribu

 

Strateginya adalah sayur mayur dan ayam tersebut jangan diolah sekaligus. Tapi dibagi secukupnya untuk stok esok hari.

 

masak makanan sendiri

Ah si ibu nawar mulu, ya namanya juga usaha bang!

 

 

Misalnya saja hari ini bikin sayur sop dengan lauk ayam dan tempe plus sambal. Sisa ayam dan sayur mayur tersebut bisa digunakan untuk memasak semur ayam keesokan harinya. Jangan simpan terlalu lama ya, karena bisa gak fresh bahkan busuk.

 

Gak cuma soal penghematan

Selain itu, memasak makanan di rumah juga bisa digunakan sebagai penyaluran hobi. Memasak merupakan aktivitas yang bermanfaat buat keluarga. Misalnya, agar lebih dekat dengan si kecil sekaligus mengajarinya memasak.

 

Gak mustahil juga loh untuk memulai bisnis sampingan seperti catering atau warung makan. Bisnis makanan ini adalah salah satu usaha yang gak bakal mati. Selama bisa mengedepankan inovasi dan mengemasnya sedemikian rupa agar berbeda dari kompetitor.

 

Soal modal nggak usah khawatir. Banyak kok bank yang menawarkan kredit usaha mikro. Asalkan memenuhi syarat, dana pasti cair.

 

masak makanan sendiri

Nasi pake ayam tepung plus sayuran nyaam, jadi baper eh laper hehehe

 

 

Nah, kalau sudah tahu segi penghematannya, masih ngotot juga buat jajan setiap hari di luar?

 

[Baca: Selebriti Saja Bisa dengan Gaya Hidup Hemat Masa Kamu Nggak]

 

 

 

Image Credit:

  • http://images.solopos.com/2013/05/1505mui-foto-Ibu2-masak-pakai-arang3.jpg
  • https://cdn.tmpo.co/data/2014/02/04/id_260374/260374_620.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEht3ZDbSlL2HUENWu4JE48lTiCVQT7TYtQeRbHYNfbgKImU5uXS799Vn7muJaQO9rJF1DYSO02TPZxlOknzK9VlSQO3DDg5jq0n57MzdqfT7wCR2Hj7KgZkQwWDsV2_IJbwUieDy0k7QGc/s1600/Kathering.jpg

Posting Komentar untuk "Lebih Baik Masak Makanan Sendiri di Rumah atau Beli? Mana yang Lebih Hemat?"