Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Saya Sudah Layak Memiliki Kartu Kredit? Jawab Bareng-Bareng 6 Pertanyaan Ini Yuk!

Jaman memang serba mudah ya, transaksi apapun bisa pakai ‘uang plastik’ alias kartu kredit. Gesek sana sini seolah-olah uang yang digunakan itu jatuh dari langit. Inilah yang gak banyak disadari oleh pengguna kartu kredit, bahwa kartu kredit itu butuh tanggung jawab besar dalam menggunakannya. 

 

Kalau gak bijak dan lalai menggunakan kartu kredit, bukan gak mungkin terbelit utang yang kamu hasilkan sendiri dong! Aduh, ngenes banget ya bro! 

 

[Baca : Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Wajib Banget Ajukan Pertanyaan Penting Ini (1)]

 

 

Sebelum ngajuin kartu kredit, kamu harus tahu bahwa cara kerja kartu kredit adalah ‘nalangin’. Dengan kata lain, bank akan membayari terlebih dahulu semua transaksi kartu kredit. Paham kan?

 

Kalau gitu, sebelum ngajuin permohonan untuk memiliki kartu kredit, lebih baik kamu pastikan dulu deh! Apakah keadaan finansial kamu sekarang sudah mencukupi atau belum. 

Ajukan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini pada diri sendiri sebelum ajuin kartu kredit: 

 

1. Apakah penghasilan saya memenuhi syarat?

Memiliki kartu kredit emang gampang-gampang susah. Banyak yang disetujui, namun banyak pula yang ditolak. Pastinya ada persyaratan mutlak yang harus dipenuhi. Syarat utama adalah memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

 

Kalau penghasilan kamu masih di bawah Rp 3 juta per bulan, lebih baik urungkan niat memiliki kartu kredit deh! Kenapa? Ya pihak bank sudah pasti menolak. Kamu bakal dianggap tidak potensial dan susah membayar tagihan di kemudian hari.

 

2. Apakah saya memiliki NPWP?

Kalau jawabannya gak, lagi-lagi ini berarti kamu belum mampu memiliki kartu kredit. Kenapa? Gak punya NPWP itu artinya kamu kurang bertanggung jawab. Kok bisa? Lah, wong bayar pajak saja gak dilaksanakan, padahal itu tanggung jawab, gimana kartu kredit?

 

memiliki kartu kredit

Hari gini gak punya NPWP? Please deh!

 

 

Pihak bank jelas akan menolak permohonan kartu kredit kamu tanpa adanya NPWP. Hal ini adalah sesuatu yang gak bisa ditawar lagi.

 

3. Apa saja biayanya dan siapkah saya membayarnya?

Kartu kredit itu gak gratis loh, pasti ada biaya-biaya yang menyertai. Beberapa biaya itu antara lain, annual fee, bunga, biaya over limit dan biaya keterlambatan pembayaran tagihan.

 

Nah, sekarang coba bayangkan. Dengan penghasilan kamu yang masih di bawah Rp 3 juta  per bulan, apakah mampu membayar biaya-biaya tersebut?

 

[Baca : Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Wajib banget Ajukan Pertanyaan Penting Ini (2)]

 

 

4. Apakah keuangan saya cukup untuk membayar tagihan?

Perlu diingat lagi ya, kalau kartu kredit itu bukan pemasukan tambahan. Ada bunga yang mesti dibayar untuk setiap cicilan.

 

Pada kenyataannya banyak pengguna kartu kredit yang lupa diri saat sudah gesek sana sini. Mereka baru sadar dan menyesal setelah tagihan datang.

 

Saat penghasilan per bulan masih pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup, lalu gimana dengan tagihan kartu kredit? Bukan gak mungkin kamu jadi pusing sendiri cari cara bayar tagihan.   

 

memiliki kartu kredit

Jangan cuma mikir enak gesek sana-sini ya, tagihan datang bisa melotot deh!

 

 

5. Apa yang akan terjadi jika saya menunggak tagihan?

Pada point ke-3 di atas sudah dijelaskan tentang biaya-biaya yang menyertai kartu kredit kan. Salah satunya biaya bunga yang akan terus beranak-pinak jika tidak segera dibayar. Belum lagi tambahan biaya keterlambatan saat sudah bisa membayar tagihan.

 

Menunggak tagihan apalagi hingga berbulan-bulan bakal bikin skor kredit kita di Bank Indonesia jadi jelek loh! Bukan gak mungkin masuk daftar hitam BI.

 

6. Mengapa / untuk apa saya memiliki kartu kredit?

Sekarang saatnya jujur deh sama diri sendiri. Tujuan kamu memiliki kartu kredit itu sebenarnya untuk apa sih? Kalau hanya sekedar ikut-ikutan trend gak jelas lebih baik ditunda. Apalagi kalau selama ini kamu masih merasa nyaman-nyaman saja bertransaksi tanpa kartu kredit.

 

[Baca : Kartu Kredit atau Kartu Debit Kartu Utang Kok Dibanggain Pakai Duit Sendiri Dong]  

 

memiliki kartu kredit

Mau hidup tenang atau hidup runyam? Sesuaikan kemampuan dengan keinginan ya

 

 

Fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit memang banyak dan bisa bikin hidup jadi lebih mudah. Tapi kalau kamu belum mampu bertanggung jawab dan disiplin ya pikir-pikir lagi deh! 

 

 

So, pertimbangkan lagi secara bijak dan sadari kemampuan keuangan kamu sebelum mengajukan kartu kredit. Gak semua trend harus diikutin dong! Lebih baik kudet tapi aman dan hidup tenang, daripada maksain tapi hidup resah dan gelisah.

 

 

 

 Image Credit :

  • https://armanpasaribu.files.wordpress.com/2008/12/img1.jpg?w=640
  • https://sangprabo.files.wordpress.com/2013/05/billing_statement_mandiri_credit_card.png
  • http://1.bp.blogspot.com/-goxAiG7XkZE/Ux33YE_C_xI/AAAAAAAAAk0/LjzHzsfJ6UM/s1600/sm-Ada.jpg

 

Posting Komentar untuk "Apakah Saya Sudah Layak Memiliki Kartu Kredit? Jawab Bareng-Bareng 6 Pertanyaan Ini Yuk!"