Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Bisa Bikin Prospek Usaha Kecil Cerah, Nih Caranya

Teknologi berkembang lebih cepat daripada perkiraan banyak orang. Siapa sangka orang sekarang bisa jadi pengusaha hanya dengan modal Internet?

 

Perkembangan teknologi khususnya sangat membantu pengusaha kecil. Soalnya kalangan pengusaha ini lebih terbatas dalam hal modal ketimbang pebisnis kelas kakap.

 

Kalau disuruh berhadap-hadapan ya pasti KO. Selain bantuan pemerintah lewat kredit usaha rakyat (KUR), kita bisa manfaatin teknologi buat mastiin prospek usaha kecil cerah dan bersaing dengan pengusaha besar.

 

 

[Baca: Cicipi Kredit Usaha Rakyat, Hidup Sejahtera pun Terbuka Lebar]

 

Mau tahu caranya? Jangan meleng, ya, baca artikel ini.


1. Gampang buka usaha

Gak perlu sewa lapak, cukup klak..klik..klak..klik..jadi deh itu etalase buat dagangan di Internet. Saat ini ada sejumlah pilihan “lapak online” buat mereka yang mau menjajal bisnis di dunia maya, antara lain:

  • Forum jual-beli
  • Situs e-commerce
  • Blog
  • Situs domain berbayar

 

Di forum jual-beli, situs e-commerce, dan blog, kita gak perlu ngeluarin duit buat gelar dagangan. Paling duit kuota Internet doang.

 

Prospek Usaha Kecil

Nggak perlu sewa atau beli lahan buat buka toko, di dunia maya kamu juga bisa mengembangkan bisnismu

 

 

Kalau situs dengan domain berbayar, kita harus ngeluarin duit. Tapi paling sekitar Rp 1-2 juta per tahun kita udah dapet situs dengan fitur canggih dan tampilan menarik.

 

2. Gampang cari modal

Berkat Internet, gak perlu keluar rumah buat cari informasi. Termasuk informasi modal usaha. Info kredit yang komplet tersedia di jagat maya, salah satunya di DuitPintar.com.

 

Prospek Usaha Kecil

Nyari modal usaha masih offline? Udah nggak jaman lagi. Manfaatkan internet dong

 

 

Di DuitPintar kita bahkan bisa sekaligus bandingin penawaran kredit dari satu bank dengan bank lain. Jadi kita bisa pilih mana yang paling pas dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita.

 

3. Gampang cari tenaga kerja

Kalau kita udah punya toko fisik dan butuh pegawai, tinggal pasang pengumuman misalnya di Facebook. Jika mau lebih meyakinkan dan menjaring banyak kandidat, bisa pakai situs seperti Jobstreet dan JobsDB.

 

Prospek Usaha Kecil

Pencari kerja di luar sana itu bejibun. Yang jadi masalah adalah menjangkau mereka. Nah, pakai sosial media adalah salah satu cerdas untuk menjaring tenaga kerja

 

 

Pasang syarat lowongan kerja, tunggu surat lamaran, seleksi, selesai. Paling lama seminggu udah bisa jaring calon pegawai terbaik dari para kandidat yang kirim lamaran.

 

[Baca: 9 Website Pencari Lowongan Kerja Paling Populer di Indonesia]

 

4. Gampang masarin produk

Gak cuma bikin gampang buka usaha, teknologi Internet juga bikin pengusaha kecil gampang masarin produknya. Punya toko tapi pemasaran terbatas sama juga boong, kan.

 

Untuk memperluas pangsa pasar, pengusaha kecil bisa bikin akun media sosial dari Facebook, Twitter, Instagram, sampai YouTube. Gunanya, biar bisa lebih menjangkau calon konsumen.

 

Prospek Usaha Kecil

Kesulitan memasarkan produk secara offline? Mungkin kamu belum mencoba strategi pemasaran online

 

 

Selain itu, bisa lebih gampang berinteraksi dengan masyarakat. Jadi kita tahu apa yang diinginkan mereka dari kita sebagai bekal buat ngembangin usaha.

 

Zaman sekarang lebih enak daripada eranya Bob Sadino, yang harus jalan dari pintu ke pintu buat jualan telur dagangannya. Seharusnya kita pun bisa lebih sukses daripada Om Bob.

 

[Baca: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol]

 

5. Gampang cari info terkini

Terakhir, Internet bisa kita manfaatin buat cari info terkini yang berhubungan dengan usaha kita. Misalnya soal suku bunga kredit dari bank. Juga pameran-pameran atau seminar yang berguna buat pengembangan usaha.

 

Prospek Usaha Kecil

Ungkapan dunia dalam genggaman cocok menggambarkan era digital saat ini. Beragam informasi dari seluruh dunia bisa dengan mudah diakses

 

 

Kalau kita berniat jadi pengusaha, sebaiknya terbuka dengan segala perkembangan dunia, termasuk teknologi. Kalau memilih menutup diri, jangan ngeluh kalau lahan bisnisnya dilahap pengusaha lain yang lebih melek teknologi.

 

Lihat tuh bukti konkret Go-Jek. Pengojekpangkalan protes karena merasa kalah bersaing dengan Go-Jek yang mengandalkan teknologi.

 

 

[Baca: 5 Fakta bahwa Ngelamar Jadi Gojek Bisa Kasih Penghasilan Lebih]

 

Sekarang tinggal kita yang memilih. Mau mastiin prospek usaha kecil cerah lewat teknologi. Atau diam saja dan nerima bisnis yang gitu-gitu aja, dan bahkan terancam kalah oleh pebisnis lain.

 

 

 

 Image credit:

  • http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/07/ecommerce.jpg
  • http://pinjaman.web.id/wp-content/uploads/2015/04/pinjaman-uang.jpg
  • http://kkpnews.kkp.go.id/wp-content/uploads/2015/10/jobs.jpg
  • http://cdn.bisnisukm.com/2013/06/toko-elektronik-online.jpg
  • http://www.terasbintang.com/wp-content/uploads/2015/10/polisi-internet.jpg

Posting Komentar untuk "Teknologi Bisa Bikin Prospek Usaha Kecil Cerah, Nih Caranya"