Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Duit Tapi Bukan Gaji Tetap, Apply Secured Credit Card Aja! Tapi Tetap Perhatikan Poin-poin Ini

Bagi banyak orang yang pengin punya kartu kredit dengan proses simpel, secured credit card adalah idaman. Sebab, tanpa ngasih syarat bukti slip gaji ataupun surat pengangkatan karyawan tetap, manfaat kartu kredit udah di tangan.

 

[Baca: Secured Credit Card Indonesia: Jalan Pintas yang Ingin Apply Kartu Kredit]

 

Bank memang menerapkan syarat yang bisa dibilang ketat buat nerbitin kartu kredit. Tapi aturannya ya begitu. Kalau gak ketat, bisa-bisa bank yang rugi karena nasabah lari dengan meninggalkan tagihan.

 

Syarat pokok yang umumnya diminta bank dari pemohon kartu kredit antara lain:

  • KTP/dokumen identitas lain
  • Slip gaji/laporan penghasilan

 

KTP dipakai sebagai bukti bahwa pemohon punya alamat yang jelas. Jika alamat gak jelas, bank bakal susah nagih.

 

Sedangkan slip gaji dipakai untuk memastikan bahwa orang yang apply kartu kredit punya kapasitas untuk melunasi tagihan tiap bulan. Salah satu indikasinya, punya penghasilan tetap dengan jumlah minimum sesuai dengan jenis kartu kredit.

 

Tapi syarat ini gak berlaku buat apply secured credit card. Soalnya bank cuma butuh jaminan uang dengan jumlah tertentu untuk nerbitin kartu itu.

 

Mekanisme apply secured credit card agak mirip dengan kredit multiguna alias pinjaman dengan agunan. Jadi, pemohon memberikan aset kepada bank untuk mendapatkan dana pinjaman. Kalau gak bisa bayar pinjaman, aset itu akan disita bank.

 

[Baca: Cari Pinjaman dengan Jaminan? Perhatikan Dulu Hal Ini]

 

secured credit card 1

Jaminan koin sih mungkin boleh-boleh saja… Asal totalnya sesuai minimum deposit yang disyaratkan. Humm, mecahin berapa celengan yaaaa???

 

 

Sementara kredit multiguna menjaminkan aset berupa barang nontunai, secured credit card sebaliknya. Yang mau apply secured credit card harus menjaminkan duit tunainya ke bank.

 

Tapi dana yang dijaminkan ke bank ini gak ngendon begitu saja. Duit itu akan diperlakukan seperti tabungan pada umumnya, yakni mendapat bunga.

 

Namun, meski terbilang lebih gampang untuk dapetin secured credit card, bukan berarti kita bisa asal menyodorkan duit jaminan biar dapet alat pembayaran serbaguna itu. Seperti saat apply kartu kredit biasa, kita perlu melihat syarat dan ketentuan yang berlaku dalam secured credit card.

 

Poin-poin yang harus dilihat di antaranya:

  • Bunga: berapa bunga tarik tunai dan belanja
  • Biaya-biaya: berapa biaya keterlambatan bayar dan over limit
  • Iuran tahunan: ada bonus bebas iuran tahunan gak
  • Fitur manfaat: apa ada rewards, cashback, bisa tarik tunai, diskon, dan lain-lain
  • Cara bayar tagihan: apa autodebet dari rekening , bayar ke teller, atau bisa lewat ATM

[Baca: Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit, Wajib Banget Ajukan Pertanyaan Penting Ini (1)]

 

Lho, kok sama kayak pas mau bikin kartu kredit? Ya, memang sama. Secured credit card dan kartu kredit konvensional sangat mirip. Yang membedakan hanya mekanisme pembuatan dan aturan saat tagihan gagal dibayar.

 

Kalau tagihan kartu kredit biasa gak dibayar-bayar, bank akan membawa masalah itu ke pihak otoritas. Tapi kadang sebelumnya ada debt collector yang datang menagih.

 

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

 

secured cc 2

 Kalau pakai secured credit card, ga perlu ngumpet di kolong meja dari debt collector. Kalau ga bayar tagihan, ya uang yang jadi jaminan tinggal diambil sama bank-nya.

 

 

Sedangkan kalau tagihan secured credit card yang ditunggak, bank tinggal mengambil alih duit yang dijadikan jaminan.

 

Walau sebenarnya semua bank bisa menerbitkan secured credit card, saat ini di Indonesia jumlah kartu kredit spesial ini sangat terbatas. Yang tercatat melayani nasabah yang hendak apply secured credit card antara lain Bank Sinarmas dan BCA.

 

Khusus di Sinarmas, jumlah dana yang ditentukan untuk dijadikan jaminan adalah minimal Rp 2 juta dan maksimal Rp 2 miliar. Sedangkan limitnya 80 persen dari total jaminan.

 

Kalau mau membuat kartu kredit untuk pertama kalinya, sebaiknya baca dan pahami betul syarat dan ketentuan yang menyertai. Mau apply secured credit card atau kartu kredit biasa, terserah.

 

[Baca: Deg-degan Mau Membuat Kartu Kredit Pertama Kali? Jangan Khawatir, Ini Tata Caranya]

 

Yang penting, jangan hanya dilihat manfaatnya, tapi juga konsekuensi kalau kita gak mampu bayar tagihan.

 

 

 

DuitPintar.com memberi berbagai pilihan produk kartu kredit di Indonesia. Anda dapat membandingkan untuk mendapatkan kartu kredit yang paling tepat untuk Anda. Setelah itu, Anda dapat mengajukan aplikasi online untuk produk pilihan Anda.

 

 

 

Image credit:

  • http://pratiwanggini.net/wp-content/uploads/2013/01/20130117_201400-1024×768.jpg
  • https://c1.staticflickr.com/3/2387/2520396361_f929f192ca_b.jpg

Posting Komentar untuk "Punya Duit Tapi Bukan Gaji Tetap, Apply Secured Credit Card Aja! Tapi Tetap Perhatikan Poin-poin Ini"