Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Keuntungan Reksa Dana Saham, Return di Atas 7 persen Sebulan!

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami Bareksa.com

Bareksa Logo

Reksa dana saham kembali menunjukkan tajinya. Pada Oktober 2015 mayoritas reksa dana saham mencatatkan return positif, padahal bulan sebelumnya nyaris selalu dihantui return negatif.

 

Pada Oktober, Indeks Reksa Dana Saham membukukan return 7.04 persen, bahkan melebihi return IHSG yang sebesar 5.48 persen. Bukti kalau keuntungan reksa dana saham bukan cuma mimpi belaka.

 

Dari 182 reksa dana saham yang ada saat ini, hanya 11 reksa dana yang mencetak return negatif selama Oktober. Jumlah ini naik drastis dibanding bulan sebelumnya, di mana sebanyak 169 reksa dana mencatatkan return negatif dan hanya enam yang menghasilkan angka positif.

 

 Perbandingan performa reksa dana saham September dan Oktober

 

 

Rata-rata keuntungan reksa dana saham selama Oktober adalah 7.66 persen. Dari 167 reksa dana saham yang membukukan return positif pada Oktober, sekitar 90 reksa dana menghasilkan return melebihi rata-rata tersebut.

 

Return tertinggi selama Oktober adalah sebesar 17.25 persen. Ini jauh di atas return tertinggi di bulan September yang hanya 0.58 persen.

 

Sedikit kilas balik, pada September lalu saat mayoritas reksa dana saham mencatatkan return negatif, hanya 88 reksa dana saham yang mempertahankan return di atas rata-rata. Saat itu, rata-rata reksa dana saham mengalami penurunan return hingga 5.6 persen.

 

keuntungan reksa dana saham dipicu oleh pulihnya pasar saham sejak akhir September lalu. Ini dikarenakan beberapa sentimen yang mendongkrak pasar saham, yaitu menguatnya nilai tukar rupiah dan respons positif atas paket kebijakan deregulasi yang dirilis pemerintah. Hal ini membuat aksi beli investor domestik dan asing meningkat.

 

Pulihnya pasar saham pada Oktober membuat beberapa manajer investasi memanfaatkan momen ini untuk merilis reksa dana saham baru. Hingga akhir Oktober, ada 10 reksa dana saham baru yang terdaftar. Enam di antaranya telah berumur satu bulan dan empat lainnya masih tergolong sangat baru.

 

Grafik performa return reksa dana saham selama Oktober

 

 

Sementara itu, reksa dana saham yang mencatatkan return negatif pada sebulan terakhir, disinyalir karena menurunnya nilai pasar aset di portofolio akibat koreksi pada pasar saham yang sempat terjadi pada akhir Oktober.

 

Pada 27-30 Oktober, IHSG merosot hingga 5 persen.

 

 

 

Image credit:

  • http://media.bareksa.com/resources/image/2015/11/11850/id_14466195511.png
  • http://media.bareksa.com/resources/image/2015/11/11850/id_14466195512.png

Posting Komentar untuk "Bukti Keuntungan Reksa Dana Saham, Return di Atas 7 persen Sebulan!"