Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Reksa Dana: Sama Mudah dan Amannya dengan Nabung di Bank

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami Bareksa.com

Bareksa Logo

 

 

Dewasa ini masih banyak orang yang ragu buat berinvestasi di reksa dana. Pasalnya, banyak orang masih berpikiran bahwa memiliki tabungan di bank lebih aman dan mudah. Padahal nih ya, investasi reksa dana itu juga sama mudah dan amannya dengan menabung di bank.

 

Emang iya gitu? Iya dong. Bahkan investasi reksa dana itu punya banyak kelebihan dibandingin sama tabungan.

 

Coba kita lihat lagi: Biasanya orang menabung di bank cuma pengin ngumpulin duit tanpa ngarepin dana yang kamu tabung akan bertambah. Nah, di reksa dana kamu bisa ngedapetin imbal hasil (return) yang berasal dari selisih pergerakan nilai aktiva bersih (NAB) per unit (harga reksa dana) saat itu dibanding dengan rata-rata NAB saat melakukan pembelian reksa dana.

 

Masih nggak yakin? Ini alasan kenapa investasi reksa dana sama aman dan mudahnya sama nabung di bank:

 

 

 

Return dari reksa dana ini tentu saja lebih besar dibandingin sama bunga bank yang kamu dapetin dan kadang nggak kerasa. (Baca juga: Menabung Pangkal Kaya? Bunga Tabungan 1% Vs Hasil Reksa Dana Pasar Uang Bisa 8%)

 

Emang sih tingkat risiko menabung di bank tergolong sangat kecil. Tapi jangan lupa, menabung di bank juga nggak bisa terhindar dari risiko berkurangnya nilai uang akibat inflasi.

 

Trus reksa dana bebas risiko gitu?

 

Risiko dari reksa dana bergantung dari jenis reksa dana yang diambil. Reksa dana dengan risiko sangat kecil adalah reksa dana pasar uang karena mayoritas asetnya dialokasikan pada deposito. (Baca juga: Risiko dan Return Reksa Dana)

 

investasi reksa dana

Selain mudah dan aman, peluang kamu buat ‘numbuhin’ aset di reksa dana masih terbuka lebar  

 

 

Satu lagi, pas kamu nyimpen uang di bank, nasabah akan dikenakan biaya administrasi dan bunga yang didapat akan dipotong pajak. Kalo investasi reksa dana, biaya pengelolaan reksa dana dan pajak tidak ditanggung oleh investor, melainkan sudah dimasukan dalam perhitungan NAB per unit reksa dana. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya-biaya yang terdapat pada reksa dana, dapat klik tautan ini.

 

Nah jadi mudah dan aman kan? Jadi kamu nggak cuma menabung tapi juga bikin uang hasil jerih payah kamu ‘numbuh’ pas diinvestasikan.

 

Ah, tapi masih takut ah investasi reksa dana. Takut buntung! Tenang bro, kalo masih takut sama risiko fluktuasi dari pergerakan reksa dana, kamu bisa mulai investasi reksa dana pasar uang yang memiliki risiko sangat kecil dan aman.

 

Mantap kan!

 

 

 

Baca Juga:

Mulai Tertarik dengan Reksa Dana?

Reksa Dana Merupakan Alternatif

Sesuaikan Instrumen Investasi Dengan Umur Anda

 

 

 

Image credit:

  • http://media.bareksa.com/resources/image/2015/09/11461/id_14423900451.png
  • http://assets.kompas.com/data/photo/2014/09/27/2056352shutterstock-219755563780×390.jpg

Posting Komentar untuk "Investasi Reksa Dana: Sama Mudah dan Amannya dengan Nabung di Bank"