Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Menu Sahur yang Sehat dan Praktis? Cobain 8 Smoothies Ini Buat Ganti Makanan Berat dan Bikin Puasa Jalan Teruuss

Siapa bilang sahur kudu makan makanan berat biar kuat puasa seharian? Kalau lagi malas atau malah gak sempat makan nasi dan kawan-kawan saat sahur, ada alternatif yang tetap bikin kita berenergi: smooothies.

 

Smoothies adalah asupan berbahan sayuran dan/atau buah seperti jus, tapi lebih kental. Sayuran atau buah yang dipakai sebagai bahan dasar smoothies dicampur dengan susu kental manis atau yoghurt. Kadang ada campuran madu dan telur kampung agar kandungan energi tambah banyak.

 

Biasanya smoothies dijadikan salah satu menu diet yang pingin badan langsing seperti Maria Renata atau kekar kayak Ade Rai. Smoothies memiliki manfaat nutrisi setara nasi dan lauk-pauk, sehingga tubuh tetap mendapat asupan energi walau gak makan nasi.

 

Tapi gak sembarang smoothies bisa bikin kita berenergi untuk memastikan puasa jalan terus. Musti pilih-pilih buah dan sayuran juga.

 

Perkara biaya, ada beberapa sayur/buah yang gampang ditemui di supermarket atau pasar tradisional yang bisa diolah menjadi smoothies lezat dan bergizi tinggi. [Baca: 3 Trik yang Bikin Belanja Bulanan di Supermarket Lebih Menguntungkan]

 

Dan yang juga penting, sayur/buah itu harganya murah karena bukan barang impor. Gak usah lama-lama lagi, inilah 8 smoothies  yang bisa dijadikan menu sahur yang sehat dan praktis serta murah buat pengganti makan berat:

 

1. Pisang

Pisang enak, murah lagi. Asal bukan pisang kepok yang dibikin smoothies, soalnya lebih pas dibikin pisang goreng ketimbang smoothie

 

 

Pisang adalah makanan tropis gudangnya energi. Satu buah pisang mengandung banyak zat besi, serat, dan vitamin. Rasanya yang manis pun menjadi bukti pisang mengandung gula alami.

 

Untuk menambah kandungan energi, campurkan kacang almond. Almond memang agak mahal, tapi manfaatnya luar biasa. Almond kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang bantu bikin badan gak letoy walau gak makan nasi.

 

2. Apel

Daripada dijadiin kode korupsi, kayak yang dilakuin Angelina Sondakh, mending apel didibikin smoothie

 

 

Gak perlu apel Washington buat bikin smoothies apel kayak nutrisi. Apel malang juga bisa jadi bahan smoothies buat sahur sebab kandungan setiap jenis apel hampir sama.

 

Agar lebih lezat dan banyak energi, bisa juga dikombinasikan dengan pisang. Selain itu, bisa juga pakai madu, tapi yang asli. Hati-hati, madu abal-abal banyak dijumpai di mana-mana.

 

3. Bayam

Gak cuma bisa disayur, bayam juga bisa dijadiin smoothie segar nan menyehatkan

 

 

Dengan bahan dasar bayam, kita bisa bikin sayur bayam versi smoothies. Bayam udah terkenal kaya akan zat besi. Bahkan bayi pun sering diberi asupan zat besi dari bayam yang dihaluskan.

 

Smoothies bayam bisa dikombinasikan dengan sayuran lain seperti pokcoy atau buah alpukat. Kalau pakai alpukat, gak perlu yang jenis mentega. Alpukat biasa juga banyak nutrisinya.

 

4. Jeruk

Pasttin bukan jeruk bali yang kamu jadiin bahan smoothie, ya. Kecuali mau tampil gereget dengan sensasi sepet khas jeruk bongsor itu.

 

 

Selain punya banyak kandungan vitamin C, jeruk mengandung zat besi. Vitamin C berfungsi menjaga daya tahan tubuh, sementara zat besi bikin badan kita kukuh berenergi.

 

Biar mendapat tambahan asupan, campurkan wortel ke smoothies jeruk. Jeruk yang sering dipakai buat smoothies biasanya jeruk peres atau keprok. Kalau mau sedikit pedes-pedes, bisa juga campurkan jahe.

 

5. Mangga

Cari mangga yang manis biar gak perlu nambah gula di smoothie mangga. Kalau gak, bikinnya di depan foto Dian Sastro atau Ariel aja, biar berasa manis.

 

 

Ada yang pernah makan satu buah mangga lalu berasa kenyang? Itu wajar, soalnya mangga mengandung banyak serat. Mangga juga kaya akan kalium, yang berfungsi menambah cairan tubuh.

 

Mangga bisa diolah menjadi smoothies lezat nan mengenyangkan dengan ditambah jeruk lemon. Jeruk lemon sendiri punya banyak kandungan vitamin, terutama vitamin C.

 

6. Jagung

 Sekali-kali jagung dibikin smoothie, bukan dibakar melulu.

 

 

Jangan kira jagung cuma enak dibakar. Dijadikan smoothies pun makanan kaya serat ini bisa bikin lidah bergoyang dombret.

 

Smoothies jagung bakal lebih nikmat kalau dicampur susu kedelai dan madu. Selain enak diminumnya, smoothies jagung-susu kedelai-madu lebih kaya nutrisi dari zat besi sampai rupa-rupa vitamin dan protein.

 

7. Ubi jalar

Makanan rakyat ini diam-diam punya segudang manfaat. Yang mau move on dari nasi, ubi jalar bisa digebet.

 

 

Ubi jalar atau ubi ungu yang legit bisa dijadikan smoothies buat sahur karena kandungan zat besinya melimpah. Belum lagi kandungan beta karoten dan seratnya yang juga banyak.

 

Agar lebih enak di mulut dan bikin kenyang perut, tambahkan alpukat. Kalau mau ditambah sawi hijau juga bisa lho, biar lebih banyak serat dan anti-oksidan.

 

8. Green smoothies

Namanya aja green smoothie, jadi kandungannya sayuran hijau semua. Mau nambah pare juga boleh.

 

 

Yang terakhir ini smoothies yang kaya manfaat, tapi rasanya memang kurang nikmat buat sebagian orang. Bahan-bahannya antara lain bayam, kangkung, pok choy, seledri, timun, dan sayuran hijau lain.

 

Biasanya untuk menambah rasa, orang menambahkan kayu manis dan madu pada green smoothies. Biar lebih gampang diterima lidah, gitu. Tapi kalau memang niatnya mau bikin tubuh sehat dan kuat menjalani puasa, telan saja green smoothies menyehatkan ini.

 

 

Itulah 8 smoothies menu sahur yang sehat dan praktis yang bisa menggantikan makanan berat. Untuk menyiapkannya, malam sebelum tidur kita bisa potong-potong dulu dan simpan di kulkas. Pas sahur, tinggal diblender.

 

Biasanya bahan-bahan tambahan yang sering dicampurkan ke smoothies yakni:

  • Pala
  • Kayu manis
  • Seledri
  • Jahe
  • Yoghurt
  • Susu murni/kental manis
  • Telur kampung

 

Gak perlu tambah gula atau sirup karena bakal mengurangi manfaat kesehatan smoothies. Soalnya gula dan sirup banyak kandungan gula yang justru bahaya buat kesehatan.

 

Tinggal kita kreasikan sendiri bahan-bahan itu sesuai dengan selera. Syukur-syukur malah bisa sekalian usaha dengan kreasi smoothies kita sendiri, ya gak? [Baca: Para Mommies, Ini Ada 13 Ide Bisnis di Bulan Ramadan. Dipilih, dipilih, dipilih..]

 

 

 

Image credit:

  • http://klikbekasi.co/file/2014/09/pisang1.jpg
  • http://www.sunpride.co.id/wp-content/uploads/2013/02/Sunpride-Fruit-fuji-apple-2.jpg
  • http://www.ummi-online.com/foto_berita/55ini-bahaya-konsumsi-sayur-bayam-jika-sudah-lebih-dari-tujuh-jam.jpg
  • http://majalahouch.com/newversion/wp-content/uploads/2012/12/Orange-1024×671.jpg
  • http://sehatcenter.com/wp-content/uploads/2014/06/Manfaat-Mangga_2.jpg
  • http://assets.kompas.com/data/photo/2013/09/04/0341274jagung780x390.jpg
  • http://ibudanmama.com/wp-content/uploads/2014/11/6-Manfaat-Ubi-Jalar-Bagi-Ibu-Hamil.jpg
  • http://alisonburger.com/wp-content/uploads/2014/03/green-smoothie.jpg

Posting Komentar untuk "Cari Menu Sahur yang Sehat dan Praktis? Cobain 8 Smoothies Ini Buat Ganti Makanan Berat dan Bikin Puasa Jalan Teruuss"