Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wish List yang Patut Dimiliki di Tahun 2015

Yang namanya resolusi tahun baru, biasanya identik banget sama rincian daftar keinginan apa yang hendak dicapai oleh pribadi. Macam-macam isi daftarnya. Bisa soal karir, barang, materi yang berlebih, sampai mau liburan kemana.

Sah-sah saja tiap orang punya daftar keinginan. Toh, daftar itu bisa jadi panduan dan strategi buat merealisasikannya. Enaknya ada daftar, bisa jadi kejelasan dalam hal prioritas yang mesti dipenuhi. Tinggal bagaimana strateginya aja.

Daftar yang mau dibikin kali ini adalah deretan item yang patut dilirik di tahun depan. Bikinnya mesti cepat, karena pergantian tahun tinggal dalam hitungan dua hari lagi.

1. Smartphone

Biar enggak dibilang gaptek, penting banget punya gadget yang up to date. Rasanya ada pembenaran buat sesegera mungkin memensiunkan perangkat yang sudah menemani di tahun ini. Banyak pilihan di luar sana. Tinggal tentukan saja mana yang sesuai kebutuhan.

Tahun depan bakal banyak gadget premium yang bisa dipilih. Ada iPhone 6 yang bakal ada di Indonesia di awal tahun depan. Terus kemungkinan Sony Xperia Z4. Nanggung beli Xperia Z3 yang baru dirilis beberapa bulan lalu. Sekalian aja yang seri terbaru.

Bisa juga Samsung Galaxy S6 yang rumornya casingnya dari material logam. Bisa pula Lumia 930 yang cocok banget buat mendukung produktivitas kerja. Selain itu, smartphone jadi andalan buat kerja. Jadi, ngapain yang nanggung. Sekalian saja yang spesifikasinya papan atas. Alternatif lainnya, BlackBerry Passport.

Lagi pula yang asyik dari smartphone premium itu daya tahan baterainya. Jangan sampai punya smartphone tapi selalu fakir daya. Oh ya, pastikan pilih smartphone yang sudah ada konektivitas 4G LTE. Sekarang kan eranya 4G LTE, jangan sampai gadget di genggaman enggak bisa menikmati video di YouTube tanpa buffering.

Tinggal siapkan saja dananya. Pos buat beli gadget mesti disiapkan di kisaran Rp 10-12 jutaan.

2. Liburan

Liburan penting nih. Pengen manjakan diri lihat pemandangan beda. Masak area yang dikitarin cuma rumah, kantor, sama lokasi hangout. Setelah tahun ini liburannya cuma di sekitar Lombok, tahun depan pengen ekspansi keluar negeri.

Ada beberapa opsi sih. Bisa ke Thailand buat manfaatkan promo kartu kredit. Setidaknya tak perlu modal gede banget buat nikmatin udara Pattaya. Atau bisa juga ke Korea Selatan untuk shopping buat yang pengen cantik atau ganteng kayak bintang K-Pop.

Liburan keluar negeri kali ini bisa juga buat jadi honeymoon jilid dua sama istri bagi yang belum berniat punya momongan di tahun depan. Atau justru honeymoon kali ini jadi program bikin momongan?

3. Kamera

Kamera tetap penting lah. Meski banyak smartphone yang sudah dibenamkan kamera beresolusi tinggi, tapi tetap aja rasanya beda kalau buat motret-motret. Apalagi kalau masuk golongan makhluk yang seneng keluyuran di akhir pekan. Punya kamera bisa lebih afdol lagi kalau tahun depan ada rencana keluar negeri. Jadi kamera sifatnya wajib nih masuk dalam wish list.

Kan, sayang kalau melewatkan momen-momen keren yang ditemui di sepanjang perjalanan cuma dengan menjepret via smartphone. Kamera DSLR macam Canon D90 atau Nikon D7000 pas banget dipakai sama traveler. Pengoperasiannya mudah dan hasilnya, pasti bikin pangling melihatnya.

Tapi memang sih, hasilnya tetap berpatokan pada the man behind the gun. Justru di sini tantangannya. Buat apa punya tapi kayak anak alay yang nenteng kamera DSLR cuma tombolnya enggak pernah pindah dari posisi auto.

Buat realisasikan wishlist satu ini, tinggal siapkan pos pengeluaran dari Rp 7-12 juta. Atau kalau perlu bisa pakai kartu kredit dengan fasilitas cicilan nol persen.

4. Modif mobil

Buat ganti mobil, kayaknya belum perlu. Hanya buat penyegaran, opsinya bisa modifikasi saja. Tahun depan bisa masukin daftar modifikasi sistem audio dengan menganut paham sound quality (SQ).

 

Kalau audio udah kelar, giliran mesin nih yang mesti di upgrade. Enggak usah ekstrem, tapi pengen kencang. Macu mobil sambil tekan gas dalam-dalam berasa bikin lebih hidup. Namanya saja masih ada darah muda.

 

Cukup ganti piggyback buat manipulasi ECU mobil terbilang sudah cukup. Mungkin ganti juga knalpot dengan yang jenis racing merek Remus. Pengen suara si hatchback jadi rada ngebass gitu plus juga bisa dongkrak tenaga.

 

Estimasi duit yang dibutuhkan sekitar Rp 30 juta. Cukuplah modal segitu buat modif audio, mesin, sama ganti knalpot.

 

Biar tak berasa ngeluarin duit gede, perlu juga pakai jadwal modifikasi. Misalnya dahulukan update sistem audio. Baru kemudian berturut-turut beli komponen piggyback dan terakhir knalpot deh.

 

Agar niat modif terealisasi, ada baiknya menyisihkan dana untuk budget modif. Atau opsi lainnya biar lebih gampang bisa menggunakan kartu kredit. Saat ini bengkel-bengkel sudah punya mesin EDC. Setelah gesek bisa manfaatkan fasilitas cicilan nol persen sampai tagihan itu lunas.

 

Opsi lainnya bisa menabung dulu. Misalnya target pertama adalah audio mobil seharga Rp 15 juta. Maka bisa menyisihkan dana Rp 3 juta perbulan sehingga bulan kelima bisa melipir ke bengkel audio. Baru kemudian pada bulan ke sepuluh bisa borong piggyback dan knalpot Remus.

 

 

Nah, namanya juga wish list, pasti butuh sokongan dana yang cukup untuk merealisasikannya. Tinggal cara mengelolanya saja agar semua wish list itu tercapai sebelum tahun berganti.

 

Misalnya dengan memanfaatkan promo kartu kredit. Kan banyak tuh promo-promo cicilan nol persen, paket iburan keluar negeri maupun iming-iming hadiah smartphone dengan jumlah pembelanjaan tertentu. Syukur-syukur hadiah jenis smartphone-nya itu masuk dalam incaran.

 

Cara lainnya tentu dengan menabung. Targetkan berapa dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan wish list itu dan mana yang menjadi prioritas. Ini caraku, mana caramu?

 

Posting Komentar untuk "Wish List yang Patut Dimiliki di Tahun 2015"