Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laba Jasa Penyewaan Lapangan Futsal Bikin Ngilerrr

Sudah banyak yang merasakan gurihnya berbisnis penyewaan lapangan futsal. Hampir semua lapangan futsal selalu dipadati pengunjung dari yang muda sampai yang berumur. Tak heran kalau sebagian orang melirik bisnis ini begitu menjanjikan.

 

Kebutuhan lokasi olahraga seperti lapangan futsal cukup tinggi. Selain kesadaran orang berolahraga meningkat, futsal adalah jenis permainan yang banyak disukai orang. Bahkan tak jarang, orang main futsal bukan semata-mata olahraga saja tapi juga jadi ajang sosialisasi sekaligus pelepas stres.

 

Ada tiga alasan kuat mengapa bisnis penyewaan lapangan futsal pantas dilirik.

 

  • ‘Pasar’ sudah terbentuk

Hampir sebagian besar orang suka main bola. Main bola, termasuk futsal, sudah bukan sekadar olahraga saja tapi juga menikmati keseruan dan melibatkan emosi. Ini adalah peluang karena ‘pasar’ sudah ada dan tinggal menggarapnya saja. Selain itu, main futsal adalah tren yang umurnya cukup panjang dan tak lekang oleh waktu.

 

  • Minim biaya perawatan

 Tak perlu pusing memikirkan biaya perawatan bisnis ini. Paling banter tinggal jaga kebersihan karena masa pakai barang modal bisnis ini cukup panjang.

 

  • Ada ‘bisnis ikutan’

Orang olahraga pasti butuh minum bukan? Terus habis olahraga perut juga keroncongan. Nah sekalian saja buka lapak makanan dan minuman. Istilah ekonominya itu intensifikasi usaha.

 

Selain itu, perlu diingat bisnis ini mengundang keramaian. Artinya, perlu dilirik juga lokasi usaha penyewaan lapangan futsal sebagai tempat branding buat produk-produk olahraga. Kalau perlu jualan sekalian produk-produk itu. Misalnya saja jualan bola, jersey, sepatu futsal dan lain sebagainya.

 

Persiapan

Selain nyewain lapangannya, bisa dapat pemasukan tambahan dari kantin.
Selain nyewain lapangannya, bisa dapat pemasukan tambahan dari kantin.

 

Setelah punya alasan kuat buka bisnis penyewaan lapangan futsal, sekarang saatnya action! Tentunya langkah pertama adalah persiapan. Apa saja persiapannya?

 

  1. Pilih lokasi yang gampang diakses dan sebisa mungkin dekat keramaian seperti sekolah atau kantor.
  2. Lahannya cukup luas sehingga bisa menampung lebih dari satu lapangan.
  3. Buatlah desain yang menitikberatkan pada kualitas dan kenyamanan orang bermain futsal
  4. Tambahkan hiburan seperti televisi dan koneksi internet agar pengunjung betah berlama-lama
  5. Lengkapi dengan fasilitas toilet yang bersih, lahan parkir yang memadai, ruang tunggu yang nyaman.

 

Kalkulasi dana

Modal yang disiapkan bisnis penyewaan lapangan futsal terbilang besar. Sebagian besar bakal habis untuk pembelian lahan, pembangunan konstruksi lapangan dan membeli perlengkapan. Besaran modal bisa ditekan kalau lahannya berstatus sewa.

 

Berikut ini simulasi perhitungan biaya investasi. Perkiraan biaya ini dengan asumsi pembuatan sebuah lapangan futsal standar berukuran 16 m x 26 m.

  1. Biaya pembangunan (fondasi, lantai, dinding, lahan parkir, interior) Rp 150.000.00
  2. Biaya konstruksi tiang baja dan atap Rp 150.000.000
  3. Biaya beli dan pemasangan rumput, jaring, instalasi lampu Rp 100.000.000

Total = Rp.400.000.000

 

Modal awal yang disiapkan kurang lebih Rp 400 juta dengan catatan lahan sudah tersedia. Angkanya akan lebih besar lagi kalau mesti menyiapkan pembelian lahan atau pun sewa.

 

Selanjutnya adalah menghitung perkiraan pemasukan untuk tahu sampai berapa lama bisa balik modal (break even point/BEP).

 

Pemasukan:

 

1. Biaya sewa Rp 100 ribu/jam dengan asumsi buka 10 jam per hari.

Total pemasukan per hari = Rp 100.000 X 10 jam X 30 hari

= Rp 30.000.000

 

2. Pemasukan bulanan dari parkir, kantin, bisnis merchandise = Rp  5.000.000

 

Total pemasukan bulanan keseluruhan = Rp 35.000.000

 

Pengeluaran:

  1. Upah pegawai 3 orang @ Rp 1.500.000 = Rp 4.500.000
  2. Tagihan listrik 2.200 watt = Rp 1.500.000
  3. Fasilitas tv kabel, koneksi internet = Rp 1.000.000

Total pengeluaran bulanan keseluruhan = Rp 7.000.000

 

Dengan begitu total pemasukan bersih untuk satu lapangan saja adalah Rp 35.000.000 –  Rp 7.000.000 = Rp 28.000.000/bulan. Alhasil, modal bakal balik dalam waktu kurang lebih 14 bulan (Total modal/pemasukan bersih). Setelah lewat 14 bulan, maka pemilik persewaan lapangan futsal akan memperoleh pendapatan bersih Rp 28 juta/bulan.

 

desain lapangan futsal
Contoh lapangan futsal dengan fasilitas yang cukup lengkap.

 

Memang di atas kertas berbisnis persewaan lapangan futsal begitu menggiurkan. Di saat bersamaan, orang yang terjun di bisnis ini pun juga banyak sehingga terjadinya persaingan tak terhindarkan.  Maka itu perlu trik-trik berikutnya agar bisa mempertahankan ‘keramaian’ dan orang selalu datang ke lokasi. Apa saja itu?

 

1. Jaga kualitas layanan

Penting untuk memperhatikan kualitas lapangan futsal dalam kondisi baik, toilet dan ruang ganti bersih, parkir aman, didukung sarana hiburan, dan lain sebagainya.

 

2. Strategi tarif sewa

Terapkan tarif sewa yang lebih murah di jam-jam sepi pengunjung. Misalnya pagi dan siang hari. Sedangkan di jam-jam ramai misalnya sore dan malam hari bisa memungut tarif sewa lebih mahal.

 

3. Tawarkan program membership

Program membership menjadi andalan agar pengunjung selalu datang berulang kali. Berilah fasilitas khusus bagi membership seperti harga sewa yang lebih miring, mendapatkan jam-jam prime time, bebas parkir, dan lain sebagainya.

 

4. Menyediakan perlengkapan pendukung

Perlengkapan pendukung di sini misalnya sepatu, kaos kaki, jersey, dan lain sebagainya. Bisa sewa atau gratis bagi yang punya membership.

 

5. Gelar kompetisi secara berkala

Agar tak monoton, tak ada salahnya menggelar kompetisi secara berkala dengan memperebutkan hadiah menarik.

 

kompetisi futsal
Kalau lapangan futsal dipakai kompetisi, lumayan tuh, bisa jadi ladang iklan.

 

6. Ajukan kerjasama dengan pihak lain

Ingat, lokasi bisnis adalah ruang publik jadi cukup seksi jadi tempat sponsor untuk memasarkan produknya. Misalnya dengan menyewakan dinding sebagai tempat promosi produk sponsor. Langkah ini juga menjadi sumber pendapatan lain di luar sewa lapangan.

 

7. Menu di kantin menggugah selera

Adanya kantin dengan makanan yang lezat bisa menjadi nilai tambah tersendiri. Bisa saja orang datang ke lokasi lapangan futsal tak semata-mata untuk berolahraga tapi mencicipi makanan di kantin.


 

Bisnis satu ini memang menarik untuk digeluti. Marjin keuntungannya sangat besar tapi diikuti pula dengan modal yang besar. Tak jarang ada orang yang berinvestasi sampai Rp 1 miliar untuk bisnis ini. Maka itu, penting untuk mengelolanya dengan cermat agar secepatnya balik modal.

 

 

Image credit:

  • http://static4.id.orstatic.com/userphoto/photo/0/S1/005JE044DCF858E58C1370l.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/_oxmKnKTxPq0/TQhAeFPrONI/AAAAAAAAAA0/CpgWVoEbU04/s1600/ART+6.JPG
  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/05/27/196202/540×270/manfaatkan-liburan-komunitas-honda-gelar-kompetisi-futsal-20130527151540.jpg

 

Posting Komentar untuk "Laba Jasa Penyewaan Lapangan Futsal Bikin Ngilerrr"