Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Pulang Kampung, Jangan Lupa Diamankan Dengan Asuransi Mudik Tahun 2015

Bulan Ramadan datang, dan begitu juga dengan arus mudik tahun 2015 yang meningkat tajam. Bila kamu termasuk dalam arus mudik yang diisi oleh lautan manusia tersebut, maka artikel ini memang dibuat untuk kamu.

 

Dengan jutaan manusia lain yang melewati jalanan yang sama di waktu yang sama, ada kemungkinan kalau kamu akan ‘bersenggolan’ dengan pemudik lain. Entah bersenggolan dalam bentuk berkenalan dan kemudian berteman akrab, atau bersenggolan dalam kecepatan tinggi dimana kamu bisa berakhir di rumah sakit (amit-amit). Kalau setelah itu mau berteman akrab dengan ‘teman’ kecelakaanmu ya silahkan.

 

Sambil kamu berkenalan dengan teman barumu dan adu argumen soal perban siapa yang kelihatan dipasang paling rapi, jangan lupa kalau kasur rumah sakitmu yang empuk itu ga gratis. Setelah lihat tagihan rumah sakit yang harus kamu tanggung, argumen bersahabat tadi akan segera berubah menjadi jambak-jambakan hingga cakar-cakaran.

 

Kamu akan tetap bisa bercanda dengan tenang kalau kamu sudah dilindungi asuransi. Kalau belum, ada beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi khusus untuk musim mudik.

 

Umumnya, asuransi tersebut akan melindungi kamu dengan menanggung biaya rumah sakit. Seandainya ada kecelakaan hingga memberi santunan bila cacat tetap atau meninggal dunia.

 

Yang bikin asuransi mudik ini menarik adalah premi yang diminta oleh asuransi mudik seperti ini sangat murah dibanding asuransi kesehatan atau jiwa pada umumnya. Asuransi ini murah karena jangka waktu tanggungannya pun hanya sebatas musim mudik, yang biasanya berkisar antara 1 minggu hingga satu bulan.

 

Sekarang akan saya coba bahas ya 3 contoh asuransi mudik yang bisa kamu ambil di musim mudik tahun ini.

 

1. Adira Insurance

Adira-Insurance-Asuransi-Syariah (1)

 

 

Nama ini pasti sering banget didengar oleh orang yang cari kreditan kendaraan bermotor. Tapi Adira ini juga memiliki cabang perusahaan untuk asuransi, loh.

 

Nah Adira Insurance mengadakan progam khusus untuk menyambut musim arus mudik lebaran 2015. Program ini bekerjasama dengan provider layanan telekomunikasi Indosat dan XL dalam proses pembayaran. Khusus untuk program Mudik ini kamu hanya perlu membayar Rp 98 ribu untuk perlindungan selama 7 hari.

 

Layanan yang ada seperti :

 

  • Santunan untuk kematian maupun cacat permanen karena kecelakaan sebesar Rp 50 juta
  • Biaya perawatan medis sebesar Rp 25 juta
  • Penggantian biaya pembatalan perjalanan sebesar Rp 500 ribu
  • Santunan barang bawaan yang hilang dirampok pada saat perjalanan sebesar maksimum Rp 2 juta
  • Penggantian biaya kehilangan dokumen sebesar maksimum Rp 250 ribu
  • Santunan pembajakan pesawat terbang sebesar Rp 2,5 juta
  • Santunan hilangnya harta benda karena perampokan sebesar Rp 2 juta
  • Santunan kebakaran tempat tinggal sebesar Rp 5 juta

 

Prosedur daftarnya begini:

 

  1. Kamu buka www.travellin.co.id
  2. Isi informasi soal perjalanan mudikmu, seperti tujuan dan durasi mudik. Lalu klik ‘Get Quote’.
  3. Pilih opsi “Paket Mudik”
  4. Isi biodata untuk asuransimu
  5. Pilih metode pembayaran. Kamu bisa memilih untuk membayar dengan kartu kredit, Mandiri Clickpay, Indosat Dompetku maupun XL Tunai.

 

2. Simas Mudik

1423154sinarmas2780x390

 

 

Program varian dari asuransi kecelakaan diri ini diadakan oleh PT Sinar Mas. Program ini melindungi kamu dalam perjalanan baik menggunakan kendaraan umum resmi (pesawat, kapal laut, kereta dan bus) maupun kendaraan pribadi (kendaraan beroda empat atau lebih).

 

Dengan Program Simas Mudik, kamu diberi jaminan yang melindungi resiko meninggal dunia maupun catat sebagian/keseluruhan. Kamu juga akan ditanggung bila harus menjalani perawatan dan pengobatan akibat kecelakaan.

 

Ga hanya dirimu sendiri, kamu juga bisa membeli paket asuransi untuk keluarga (maksimum 5 orang) hingga grup (maksimum 50 orang). Berikut nilai pertanggungan dan preminya.

 

Asuransi IndividuAsuransi KeluargaAsuransi Grup
PremiRp 10 ribuRp 50 ribuRp 250 ribu
PertanggunganRp 25 jutaRp 100 jutaRp 500 juta

 

 

Untuk premi Asuransi Individu buat dirimu sendiri diatas tadi ga malu-maluin banget kan? Sepuluh ribu alias ceban, loh! Premi yang kamu bayar itu nantinya akan berlaku selama 30 hari.

 

Seenggaknya masih bisa makan di warteg atau isi bensin dengan harga diri utuh tak tersentuh. Dan uang yang bahkan ga sampai seharga satu bungkus rokok itu bisa kamu gunakan untuk melindungi dirimu dari kejadian yang tidak diinginkan.

 

Tambahan : Jasa Raharja

 

jr-bump1

 

 

Untuk tambahan, nama diatas ini rasanya lebih familiar dengan orang-orang yang rutin menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus. Perusahaan asuransi milik negara ini juga memberikan program asuransi mudik melalui anak perusahaannya, PT Jasaraharja Putera.

 

PT Jasaraharja Putera mengadakan program yang disebut Asuransi JP Aman. Asuransi JP Aman ini khusus diadakan untuk melindungi kamu selama musim mudik Lebaran. Asuransi ini ditujukan ke masyarakat dengan penghasilan rendah yang ingin mudik.

 

Untuk ikut asuransi JP Aman ini, kamu hanya perlu bawa fotokopi KTP dan datang langsung ke kantor Jasa Raharja. kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu per kupon untuk mendapatkan asuransi JP Aman. Masa polis asuransi tersebut berlaku selama tujuh hari.

 

Lima ribu. Goceng, loh!

 

Mungkin kamu cuma bakal diketawain sama mbak-mbak warteg kalau bawa uang segitu. Mas-mas pom bensin pun hanya akan tersenyum kasihan sekaligus simpati kalau kamu beli bensin segitu.

 

Tapi nyatanya kamu bisa mendapat lindungan asuransi melalui Asuransi JP Aman. Bukan pilihan yang sulit kan ya?

 

Pemegang polis JP Aman berhak mendapatkan keuntungan seperti :

  • Santunan meninggal dan cacat permanen sebesar Rp 15 juta
  • Santunan biaya pengobatan untuk luka-luka kecelakaan sebesar Rp 1,5 juta

 

Dan dengan ini, kamu dilindungi oleh dua asuransi langsung, yaitu PT Jasa Raharja dan Jasaraharja Putera. Bila kamu mengalami kecelakaan yang melibatkan lebih dari satu kendaraan alias kecelakaan ganda, kamu berhak klaim dari dua asuransi tersebut. Tapi bila hanya kecelakaan tunggal dari motor, kamu hanya akan dilindungi oleh Jasaraharja Putera.

 

 

Kalau dibandingkan dengan simpel, kurang lebih seperti ini :

 

  • Asuransi Simas terhitung murah, minimal Rp 10 ribu bisa sampai 30 hari. Tapi asuransi tersebut tidak mencakup pemudik yang menggunakan sepeda motor.
  • Adira terhitung yang paling mahal di antara 3 pilihan tadi. Dihitung perhari dengan premi Rp 98 ribu per 7 hari. Tapi asuransi Adira tersebut memberikan perlindungan yang paling lengkap, hingga ke penjarahan dan kebakaran rumah.
  • Asuransi JP Aman yang paling murah, dengan premi Rp 5 ribu per 7 hari. Dengan premi segitu, kamu dilindungi dari kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen atau kematian. Bila harus dirawat pun masih ditanggung oleh JP Aman.

 

Selain asuransi-asuransi tersebut, ada juga program yang diadakan oleh Asuransi Astra yaitu Garda Oto Holiday Campaign. Program tersebut menggandeng beberapa perusahaan lain, seperti Hero Supermarket, Electronic City, dan Shell.

 

Asuransi-Astra-Garda-Oto-Holiday-Campaign-2015

 

 

Untuk kamu yang bertransaksi sebesar minimal Rp 200 ribu (tidak berlaku kelipatan) di cabang manapun dari tiga perusahaan tersebut, kamu berhak menukar struk belanjamu dengan satu Garda Oto Experience Card (GOXC).

 

Melalui kartu ini, kamu berhak mendapatkan layanan darurat dari Garda Siaga untuk masalah seperti aki bermasalah, ban bocor, dan berbagai masalah kendaraan di jalan lainnya

 

Rasanya tidak mungkin untuk mengurangi jumlah arus mudik dengan cara mencegah maupun menghalangi masyarakat Indonesia. Siapa sih yang tahan kangen mau ketemu sanak saudara dan kampung halaman?

 

Mengingat arus mudik ga bisa dikurangi maupun dicegah, setidaknya kamu bisa lakukan semua yang kamu bisa lakukan untuk membuat pengalaman mudik kamu jadi senyaman mungkin. Kejadian yang ga diinginkan memang bisa menimpa siapapun. Makanya lebih baik bersiap, kan?

 

 

 

Image Credit: 

  • http://rmjmarket.com/wp-content/uploads/2014/08/Adira-Insurance-Asuransi-Syariah.jpg
  • http://assets.kompas.com/data/photo/2013/12/06/1423154sinarmas2780x390.jpg
  • http://autoglobemagz.com/wp-content/uploads/Asuransi-Astra-Garda-Oto-Holiday-Campaign-2015.jpg
  • http://jargoone.com/wp-content/uploads/2012/11/jr-bump1.jpg

Posting Komentar untuk "Mau Pulang Kampung, Jangan Lupa Diamankan Dengan Asuransi Mudik Tahun 2015"