Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Hadiah Online dan Akhirnya Nguras Rekening? Coba Pikir-pikir Lagi Deh

Tak lama lagi musim liburan lebaran. Bila sudah memikirkan mau berikan hadiah apa untuk keluarga, kerabat, teman dekat, Anda tak sendiri! Orang Indonesia memang dikenal royal dalam urusan ini. Ada fakta ilmiahnya lho!

 

Faktanya itu berasal dari survei belanja terhadap konsumen Groupon di Asia Pasifik. Nah, dari sekian negara yang disurvei, terbukti orang Indonesia selalu bikin anggaran belanja khusus untuk hadiah di musim liburan.

 

Dalam mencari hadiah itu, orang Indonesia kebanyakan memanfaatkan smartphone-nya. Sekitar 22% anggaran beli hadiah itu dihabiskan lewat belanja online.  

 

[Baca: Lima Trik Belanja Online yang Enggak Bikin Pasangan Gusar]

 

Nah, mau tahu apa saja daftar hadiah yang diincar orang Indonesia saat belanja online? Berikut rinciannya.

 

1 . Restoran (61%)

2 . Paket Liburan (59%)

3 . Pakaian dan sepatu (47%)

4 . Paket aktifitas (40%)

5 . Barang yang unik (40%)

6 . Elektronik pribadi (38%)

7 . Hiburan (31%)

8 . Voucher belanja (30%)

9 . Perawatan kecantikan atau spa (27%)

10 . Mainan (26%)

 

Benar kan hasil survei itu? Coba deh diingat-ingat kapan terakhir beli hadiah online. 

 

Harus diakui, memberikan hadiah merupakan bentuk nyata menunjukkan rasa empati dan menyambung tali silaturahmi. Bahkan bisa disebut, memberikan hadiah adalah satu tradisi yang dipertahankan. Sudah jadi kelaziman kan saling memberi hadiah saat pernikahan, kelahiran, ulang tahun, sampai event keagamaan seperti lebaran.

 

Meski tujuan awalnya menunjukkan simpati atau empati, tapi lebih jauh lagi pemberian hadiah juga untuk membangun citra diri. Yang disebut terakhir ini, maksudnya dalam pembentukan citra, hadiah seolah mengandung makna ‘keharusan’ dan kental unsur ‘rivalitas’. Makin bagus dan mahal hadiah yang diberikan maka semakin tinggi citra yang terbentuk.

 

beli hadiah online

Beli kado memang sah-sah saja, tapi tetap perhatikan juga bujetmu

 

 

Pandangan yang begini bisa membuat keuangan berantakan. Bagaimana pun, demi mengejar citra yang oke, seringkali pemberian hadiah bisa membuat pengeluaran membengkak. Misalnya saja memberikan baju, sepatu, aksesori ke anak, keponakan atau kerabat lainnya.

 

Bisa juga ada rasa tak enak hati ketika teman yang berulang tahun mentraktir makan, masak tak membawakan hadiah? Belum lagi kalau ada yang lahiran anak, sunatan, sampai kondangan. Siap enggak siap mesti sisihkan pendapatan untuk urusan ini kan?

 

Betul sih, tradisi memberikan hadiah ini bisa dilihat sebagai modal sosial di mana ikatan kekerabatan atau pertemanan bisa terjaga. Acap kali, tradisi ini berkembang bukan lagi sekedar pernyataan empati atau simpati, tapi lebih mengejar sisi gengsi.

 

[Baca: Jauhin 9 Pengeluaran Ini Kalau Enggak Mau Makan Gengsi]

 

Ada rasa malu ketika orang lain bisa memberikan hadiah yang lebih ‘bernilai’ ketimbang yang kita berikan. Atau bisa juga ada rasa sungkan jika dulu pernah menerima hadiah cukup berharga dari orang tersebut, masak saat giliran memberi nilainya di bawah hadiah itu.

 

[Baca: Siasat Berhemat yang Jauhkan Diri Dilabeli Pelit sama Teman]

 

Kalau kondisi ekonomi lagi memungkinkan sih bukan perkara besar, tapi bagaimana ketika lagi seret? Apa karena atas nama gengsi mesti berutang atau mengurangi alokasi pengeluaran lain untuk dialihkan guna memberi hadiah pada seseorang?

 

beli hadiah online

Nilai dari kado itu bukan terletak di nominalnya, tapi ketulusan kita

 

 

Sebenarnya masalah ini bisa disiasati. Misalnya dengan memberikan hadiah yang ‘relevan’ dengan kebutuhan calon penerima. Atau bisa juga pakai jurus kreativitas dengan mengolah barang-barang tertentu untuk disulap menjadi hadiah yang menarik.

 

Pendek kata, membelikan hadiah tetap harus rasional. Apa bukan disebut lebay demi memberikan hadiah atas nama gengsi mesti kuras rekening atau berutang dulu?

 

[Baca: Kesalahan Mengatur Pengeluaran Bulanan Bikin Sengsara]

 

 

 

Image credit:

  • http://blog.lazada.co.id/wp-content/uploads/2014/11/tips-memilih-kado-lebaran.jpg
  • http://antiketombe.clear.co.id/resources/images/base/beli-kado-natal-nggak-harus-mahal-e0a180.jpg

Posting Komentar untuk "Beli Hadiah Online dan Akhirnya Nguras Rekening? Coba Pikir-pikir Lagi Deh"