Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Nyaman dan Makin Produktif di Tempat Kerja

Produktivitas ternyata gak cuma mengandalkan skill dan pikiran. Selain dua hal tersebut, lingkungan kerja yang positif juga mampu membantu menaikkan produktivitasmu.

 

Iya dong, percuma kalau skill-mu mumpuni kalau lingkungan kerjamu gak kondusif. Yang ada malah prestasimu bisa-bisa jeblok.

 

Ada beberapa tips nih biar kamu semakin nyaman dan produktif di tempat kerja. Simak teruss sampai habis:

 

[Baca: Hei Atur Gaji Karyawan Baru Kalau Gak Mau Masuk Lubang Utang]

 

1. Menjaga meja kerja selalu bersih

Bungkus bekas cemilan, kertas-kertas kerja plus stationary berserakan di meja kira-kira bakal bikin kamu semangat kerja gak? Eyaaa…pake nanya! Belum lagi ada noda-noda bekas minuman atau noda-noda cintanya Rossa, jayus ih.

 

Kebayang gak sih lagi banyak kerjaan, bos udah makin sering bernyanyi (ngomel) di telinga kamu. Bisa tuh kerja? Yang ada kamu malah pengin teriak setinggi langit karena stress.

 

Gak usah lebay sampai bisa ngaca di atas meja kerja sih. Tapi paling gak semua peralatan kerja tersusun rapih. Habis ngemil atau makan dan minum di meja jangan lupa dibersihkan ya. Emang sih ada cleaning service di kantor, tapi masa mereka harus sedikit-sedikit melayani kamu.

 

2. Jalin hubungan baik dengan semua rekan kerja

Kita ngabisin waktu minimal 8 bahkan 12 jam di tempat kerja. Punya hubungan yang baik dengan rekan kerja itu penting bingits loh. Kecuali kamu jumawa bisa hidup sendiri di tengah keramaian, ya silahkan aja.

 

produktif di tempat kerja

Kerja tim yang kompak dan gak ada slek-slekan pasti lebih enak buat mendorong produktivitas

 

 

Gak ada salahnya kok baik sama semua orang yang ada di kantor, jangan cuma baik sama para atasan ya. Itu namanya modus, cari muka, cari kesempatan, eh. Bersikap baik ya sama semua, atasan, bawahan, kolega sampai para cleaning service.

 

Punya hubungan yang baik, bikin kamu ngerasa nyaman bekerja. Sesekali bisa curhat, lunch bareng dan nebeng minta dibayarin, lah ngelunjak hahaha. Eeits, awas office romance.

 

[Baca: Mau Sukses Gak Cuma Pinter Aja Bro Punya Attitude yang Positif Juga Penting]

 

3. Bikin playlist musik favorit

Musik terbukti menstimulasi kinerja otak jadi relax dan makin kreatif juga loh. Bikin deh playlist musik kesukaan kamu di laptop kerja atau media musik player lainnya. Biar jangan tegang and kaku terus bro kayak kanebo kering.

 

4. Nyediain stock cemilan

Berjam-jam berkutat di depan laptop, memeras otak untuk berpikir dan memproduksi sesuatu bakal bikin kamu gampang laper, bukan baper ya. Sediain deh beberapa stock cemilan di dalam lemari meja kerja. Bisa juga mencegah kamu dari rasa kantuk yang suka menyerang di jam-jam kritis.

 

Tapi, jangan juga trus isi supermarket dipindahin ke laci meja kerja kamu ya. Iya sih ga ngantuk dan bantu kamu nyelesain kerjaan. Pas nimbang wakwaw, langsung pingsan lihat angka.

 

5. Bikin to-do list kerjaan

Sebelum mulai kerja, biar kamu fokus dan well-organized. Bikin deh tuh yang namanya to-do list kerjaan. Dari sini kamu bisa tahu mana yang prioritas harus dikelarin. Jangan kebalik, bisa bahaya bro.

 

produktif di tempat kerja

Tulis to-do list setiap weekend atau kapan pun kamu sempat. Tulis di buku, smartphone atau sticky notes

 

 

Kebiasaan bikin to-do list juga biar kamu gak bingung harus kerjain apa dan yang mana dulu. Katanya mau naik jabatan dan gaji, masa bikin to-do list aja gak mau.

 

6. Datang lebih awal

Masih banyak karyawan kantoran yang sampai kantor ngepas bahkan gak jarang terlambat. Terlambat kok setiap hari. Alasannnya macet. Ini Jakarta bung, Jakarta bagian mana yang kalau hari kerja bebas kemacetan?

 

Datang lebih awal sebelum jam kerja bisa bikin kamu lebih siap menghadapi tantangan kerja. Kamu bisa dandan dulu (yang cewek ya), bikin kopi sambil sarapan atau browsing-browsing youtube. Jadi gak grusa-grusu gitu.

 

Emang enak, udah sampai kantor telat, ditunggu bos serahin laporan atau ada meeting. Yang naik motor atau kendaraan umum tuh muka pasti kucel dan bersimbah peluh. Gak enak dilihat banget deh.

 

[Baca: Gak Selamanya Kepo Itu Negatif Dampak Positif Dari Kepo Bisa Juga Kok Bikin Kamu Sukses]

 

7. Nonton video lucu pas break makan siang

Setiap perusahaan pasti punya kebijakan dan peraturan ya. Kecuali kantor nenek moyang kamu. Salah satunya gak boleh korupsi waktu kerja untuk hal-hal di luar kerjaan seperti streaming pas jam kerja.

 

produktif di tempat kerja

Jangan tegang mulu lah broo… Isi waktu santai dengan nonton video musik atau klip lucu biar gak stres

 

 

Sebenarnya streaming video favorit gak dilarang kok, selama waktunya pas. Pas makan siang atau kalau ada waktu break sore misalnya. Hal-hal kayak gini boleh-boleh aja buat refreshing sejenak.

 

 

 

Image credit:

  • http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2015/05/27/14352/664xauto-pentingnya-menjaga-hubungan-dengan-mantan-rekan-kerja-150527r.jpg
  • http://grantcardonetv.com/wp-content/uploads/todo_list.jpg
  • http://tekooo.com/wp-content/uploads/2015/12/Tips-Streaming-Musik-dengan-Youtube.jpg

Posting Komentar untuk "7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Nyaman dan Makin Produktif di Tempat Kerja"