Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dipercaya Pegang Uang Sumbangan Bencana, Ini yang Wajib Kamu Lakukan

Indonesia sedang dilanda duka akibat bencana alam yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Momentum tersebut banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat maupun publik figur untuk menggalang dana membantu para korban bencana.  

Kamu dipercaya untuk memegang uang bencana tersebut, pasti merasa tidak nyaman takut uang tersebut hilang atau terpakai kan? Ada cara mudah selain membuka rekening di bank untuk menyimpan uang tersebut.

Dikutip dari laman Detik, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno memberikan tips agar masyarakat lebih hati-hati sebelum memberikan simpati dan empati melalui transfer dana.

Apa saja sih yang harus kamu lakukan agar uang sumbangan tetap aman di tangan kamu, yuk disimak.

1. Cermati lingkup penggalangan dana

Penggalangan dana (Ilustrasi).

Mike Rini menjelaskan, siapapun bisa untuk mengelola dana bencana jika lingkupnya hanya orang-orang terdekat yang gak sampai 20 orang. Misalnya penggalangan dana yang terdiri dari anggota kerabat atau teman sepermainan. “Kalau sifatnya informal nggak apa-apa pakai rekening pribadi. Kan hanya orang-orang dekat yang sifatnya kenal,” jelas dia kepada detikFinance.

Sementara itu kalau lingkupnya skala besar, kamu diwajibkan untuk membuka rekening khusus untuk dana tersebut agar lebih profesional. Pasalnya, uang tersebut berasal dari banyak orang yang gak kamu kenal sama sekali.

2. Bentuk organisasi

Bentuk organisasi penggalangan dana bikin sumbangan semakin terarah (Ilustrasi by Shutterstock).

Menggalang dana sumbangan skala besar, selain membuka rekening khusus, ada baiknya kamu juga membentuk tim atau organisasi kepengurusan. Organisasi tersebut bisa berupa yayasan. Tujuannya agar tidak hanya kamu yang bertanggung jawab jika ada hal buruk yang terjadi.

“Kalau banyak, itu sebaiknya ke lembaga ataupun yayasan. Kalaupun bisa ya itu kan sudah buat rekening khusus,” kata dia.

3. Buat laporan mutasi rekening bencana setiap hari

Mobile banking (Ilustrasi by Shutterstock).

Setelah organisasi yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara sudah terbentuk, hal yang perlu kamu lakukan lain adalah mengecek pergerakan uang masuk ke rekening. Segala mutasi keuangan baik keluar atau pun masuk harus dicetak setiap hari.

“Harus jelas itu setiap ada dana yang masuk itu harus dicetak dan disesuaikan kemudian dilaporkan, segala transaksi yang dilakukan harus transparan,” kata dia.

Itu tadi hal yang wajib kamu lakukan jika menyimpan uang sumbangan bencana alam. Gak perlu bingung, yang perlu kamu lakukan selain tiga hal di atas adalah jujur. Selamat berbagi dengan sesama.

Posting Komentar untuk "Dipercaya Pegang Uang Sumbangan Bencana, Ini yang Wajib Kamu Lakukan"