Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Boleh Ambil KTA Asal Jangan Hidup Bergelimang Angsuran

Hanya saja, di balik kemudahannya, tetap harus ingat pinjaman dengan skema KTA tidaklah gratis. Calon nasabah mesti mengetahui dengan persis aturan main produk yang menawarkan pinjaman dana cepat tanpa jaminan ini. Misalnya saja berapa suku bunga yang dibebankan, jangka waktu peminjaman, besaran angsuran tiap bulan, dan biaya-biaya tambahan lainnya.

 

Atas dasar itulah, penting untuk mengukur kemampuan finansial sebelum mengajukan KTA. Syukur-syukur suntikan dana dari KTA itu dialokasikan untuk kegiatan produktif. Sebut saja sebagai tambahan modal usaha sehingga keuntungannya sebagian bisa disisihkan untuk membayar cicilan. Meski begitu, sah-sah saja menggunakan KTA untuk berbagai keperluan lain seperti biaya anak masuk sekolah, modal pernikahan, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

 

Poin lainnya yang tak kalah penting adalah disiplin mengangsur tepat waktu. Kedisiplian ini bisa menjadi investasi masa depan. Dengan rekam jejak yang apik, bank tak akan segan-segan lagi mengucurkan pinjaman berikutnya jika suatu hari nanti mengajukan lagi.

 

Yang tak kalah penting, sebisa mungkin mencari KTA yang menawarkan suku bunga rendah. Luangkan waktu ekstra untuk memilah-milah berbagai produk KTA dari berbagai bank. Ini sesuai dengan prinsip konsumen yang selalu mencari yang ‘paling murah’.

 

Langkah berikutnya adalah bagaimana meyakinkan bank agar bersedia mengucurkan KTA. Syarat-syaratnya pun relatif mudah dipenuhi. Besaran angsurannya pun relatif bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan pemohon. Suku bunganya tergantung dari jangka waktu angsuran.

 

Kadang kala, justru pihak bank yang aktif menawarkan KTA kepada nasabahnya. Biasanya bank menyeleksi nasabah yang memiliki saldo di rekening yang mencukupi. Langkah ini sengaja diambil bank untuk meminimalisir risiko kegagalan bayar dari nasabah.

 

Satu anjuran lagi, sebelum mengajukan KTA pastikan dulu tidak ada beban utang lain yang mesti dilunasi. Jangan sampai kemudahan mendapatkan KTA malah membuat hidup bergelimang angsuran. Toh tujuan dari KTA itu sendiri adalah solusi mengatasi masalah keuangan, bukan menambah masalah.

Posting Komentar untuk "Boleh Ambil KTA Asal Jangan Hidup Bergelimang Angsuran"