Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Variasi Makan Indomie ala Anak Kos Gaul yang Kreatif

Tanyain 10 anak kos, apa makanan favoritnya saat akhir bulan. Yakin deh jawaban 8 dari 10 orang itu sama: Indomie. Enggak hanya pas di kantong, Indomie rasanya enggak kalah dari mi ala restoran Cina.
Apalagi sekarang banyak tips mengolah Indomie biar lebih atraktif dan laziz. Biasanya Indomie goreng yang sering diutak-atik, karena lebih gampang modifikasinya kayak motor. Dan pastinya, lebih murah 🙂

 

Lihat 6 variasi makan indomie ala anak kos berikut ini.

 

1. Indomie bawang

Indomie rasa Ayam Bawang memang ada. Tapi lebih afdol lagi kalau pakai bawang beneran!
Indomie rasa Ayam Bawang memang ada. Tapi lebih afdol lagi kalau pakai bawang beneran!

 

Indomie ini biasa tapi enggak biasa. Lha kok? Maksudnya, masaknya kayak biasanya, tapi finishing-nya yang istimewa.

 

Sebelum mulai masak, sediakan 2 siung bawang putih dan setangkai daun bawang. Rebus mi bersama  1 siung bawang putih. Sisa bawang dipotong tipis-tipis bersama daun bawang.

 

Setelah mi masak, campurkan dengan  bumbu dan irisan tipis bawang. Setelah semuanya tercampur, taburkan irisan daun bawang di atasnya.  Kini di hadapanmu sudah ada Indomie goreng dengan aroma bawang yang menggugah selera.

 

Bujet: Rp 2.000-an (bawang putih ama daun bawang kan dikit, minta aja ke ibu kos, sekalian minta sehelai roti kayak di gambar)

 

2. Indomie omelette

Indomie omelette emang enggak ada duanya. Plus nasi, sedaaappp!
Indomie omelette emang enggak ada duanya. Plus nasi, sedaaappp!

 

Indomie omelette ini dijual juga di warung-warung tertentu. Cara membuatnya termasuk gampang. Mi direbus dan ditiriskan seperti lalu dicampur bumbu seperti biasa.

 

Tapi, bumbu dicampur juga ama  telur yang sudah dikocok. Setelah itu, goreng Indomi telur itu di atas wajan teflon sampai warnanya kecokelatan. Bikin Indomie sebulat mungkin, seperti martabak manis.

 

Sebelum mi diangkat, tambahkan topping sesuai selera. Contohnya keju parut, irisan daging sapi/ayam, dan paprika. Setelah itu, lipat pas di tengah, angkat, dan sajikan dengan saus sambal dan tomat. Nyam..nyam..nyam….

 

Bujet: Rp 4.000-an (kalau dompet tipis buat beli topping, pakai telur doang juga bisa. Saus sambal ama tomat ambil dari persediaan di kamar atau minta dikit ke tetangga kos)

 

3. Burger mi

Perpaduan makanan orang Amerika dengan orang Indonesia. Yahud!
Perpaduan makanan orang Amerika dengan orang Indonesia. Yahud!

 

Ini nih perkawinan fastfood antara Barat dan Indonesia. Indomie bisa dibikin burger lezat tanpa roti. Rotinya ya dari mi tersebut. Ide yang satu ini heboh tersebar di medsos, dari video YouTube yang diunggah oleh FungBrosComedy.

 

Caranya, masak Indomie seperti biasa. Setelah dicampur bumbu, taruh keduanya di atas cetakan silinder pipih agar bentuknya seperti roti burger.

 

Biar enggak ribet nggorengnya, bekukan cetakan mi itu di kulkas sebentar saja. Setelah kaku, goreng dengan menambahkan margarin di kedua permukaannya. Setelah berwarna kecokelatan, angkat.

 

Agar menjadi mi burger, taruh potongan tomat, mentimun,  dan daging/telur. Biar sah kawinnya, tambahkan pula keju dan mayonnaise. Tadaaa…burger mi yang enggak ada di McDonald’s bisa kamu nikmati sendiri.

 

Bujet: Rp 8.000-an (biar lebih ekonomis, bisa kok isinya pakai daging ham, tomat-mentimun, ama mayonnaise sachet-an aja)

 

4. Pizza mi

Satu lagi kreasi 'perkawinan campur' dengan Indomie...
Satu lagi kreasi ‘perkawinan campur’ dengan Indomie…

 

Olahan Indomie yang ini mirip-mirip ama mi omelette. Yang membedakan adalah kalau mi omelette digoreng, pizza mi dipanggang. Kreasi yang satu ini juga diunggah oleh FungBrosComedy di Youtube.

 

Tahap bikinnya kayak mi omelette. Tapi, begitu sudah jadi omelette, tidak perlu dikasi topping dan dilipat. Setelah matang, taruh di atas piring dan beri topping khas pizza, seperti saus pizza dan daging asap.

 

Ada satu bahan lain yang enggak boleh lupa: keju mozzarella. Setelah topping lengkap, panggang sebentar saja sampai keju meleleh. Sajikan panas-panas biar berasa makan pizza betulan dengan lelehan keju yang bikin cacing di perut ndangdutan.

 

Bujet: Yang ini agak-agak di atas bujet. Bisa ngeteng daging cincang beli Rp. 10ribu aja. Terus beli kaleng saos tomat. Terus keju mozzarella (kalau enggak ada bisa pakai keju parut yang bisa beli gram-graman di pasar). Terakhir, tentu beli Indomie dan telur-nya.

 

5. Internet kesusu

Indomie campur susu kedengarannya aneh. Tapi apa ruginya dicoba? Kalau enggak cocok ama lidah, ya paling mubazir Rp. 1.500 :D
Indomie campur susu kedengarannya aneh. Tapi apa ruginya dicoba? Kalau enggak cocok ama lidah, ya paling mubazir Rp. 1.500 😀

 

Balik lagi ke Indomie a la Indonesia. Kalau Internet alias Indomie telur kornet, pastinya udah banyak di warung-warung. Yang ini tambahin “kesusu” alias keju susu.

 

Cara bikinnya, masak mi goreng kayak biasanya sampai tercampur bumbunya. Lalu goreng kornet di atas wajan yang sudah diolesi mentega. Kalau mau, bisa ditambahin saus cabai atau tomat.

 

Terus goreng telur mata sapi.  Setelah kornet dan telur mata sapi siap, taruhlah di atas Indomie goreng yang udah matang. Kalau telur mata sapi dibikin setengah matang, Indomie ini bakal lebih nikmat  karena ada lelehan kuning telur yang bikin orang nelen ludah pas ngelihat.

 

Biar jadi Internet Kesusu, parutlah keju di atas olahan mi itu. Lalu siram dengan susu murni sedikit saja. Kalau enggak ada susu murni, bisa pakai susu cair yang plain alias warna putih.

 

Bujet: Rp 15.000 cukup enggak ya buat beli Indomie, kornet sachet, keju sachet, telur, dan susu murni?

 

6. Indomie siram sarden

Indomie ditambah sardin. Aduh, makanan instan yang klop banget deh!
Indomie ditambah sardin. Aduh, makanan instan yang klop banget deh!

 

Dua makanan instan ini siap mengarungi bahtera rumah tangga bersama dalam piring kalian. Cara bikinnya enggak ribet.

 

Pertama, olah dulu sarden. Panaskan di atas wajan. Biar lebih nikmat, campur dengan bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah yang diiris tipis.

 

Setelah sarden matang, bikin mi goreng dengan cara biasa. Kalau mi sudah matang, tuangkan sarden tadi di atasnya. Jadilah Indomie siram sarden ala anak kos.

 

Rp 8.000 (cari sarden yang harga Rp 5 ribuan aja)

 

 

Itulah enam variasi makan Indomie ala anak kos gaul yang kreatif. Bujet bisa disesuaikan dengan kantong masing-masing, jadi fleksibel aja. Jadi enggak bosen anak kos yang biasa makan Indomie tiap akhir bulan karena ada variasinya sekarang.

 

Kreatif enggak perlu mahal. Lagipula, Indomie mau gimana pun, rasanya tetap enak dan dicari di seluruh penjuru dunia. Bule-bule aja berani kreatif sama Indomie kita, masak kita kalah?

 

Kalau niat, kalian juga bisa bikin usaha pakai kreasi Indomie gaul ini. Jarang kan ada di warung pinggir jalan atau restoran. Soal modal, ada banyak jalan. Yang paling utama adalah niat.

 

 

Image credit:

  • http://static3.id.orstatic.com/userphoto/photo/0/7X/001KEX7FA2D482F12A2C9Al.jpg
  • http://4.bp.blogspot.com/-_KTg6biBVYg/T8DIwz2U-2I/AAAAAAAAAUo/yXxyhsvZD_k/s1600/DSC02348.jpg
  • http://scontent-b.cdninstagram.com/hphotos-xaf1/t51.2885-15/e15/10958265_791261790964440_1639805_n.jpg
  • https://infokulinermalang.files.wordpress.com/2011/12/58010596-p1080555copy2.jpg
  • https://ginatea.files.wordpress.com/2014/03/indomie-kuah-susu-2.jpg
  • http://heydiaspora.com/wp-content/uploads/2010/01/MAKAN_mi13.jpg

Posting Komentar untuk "6 Variasi Makan Indomie ala Anak Kos Gaul yang Kreatif"