Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Teman Suka Ngutang? Ini Caranya Biar Gak Susah Nagihnya

Dalam pertemanan emang suka ada teman yang berutang. Nah, kadang kamu susah banget ya buat nagih utang ke teman yang berutang.

Siapa sih yang gak pernah kesulitan buat nagih utang ke teman yang suka berutang? Pasti kebanyakan dari kamu kesulitan banget ya pas nagih bahkan bikin pusing kepala banget ya.

Seringkali kamu menemukan teman yang berutang tapi susah banget buat nagihnya. Ada yang menghindar atau pura-pura lupa dengan utangnya ke kamu.

Ya, meskipun sedikit kalau dia keseringan berutang ke kamu lama kelamaan jumlah utang si dia bakal membengkak ya kan. Biasanya bakal seperti apa sih teman kamu yang suka berutang? “Eh pinjem uang lo dulu ya nanti gue ganti”, “Bro pinjam uang lo dulu ya nanti habis bulan gue ganti ya”, atau “Eh talangin gue dulu ya nanti gue transfer”.

Baca juga: Sepele! Tapi 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Terjerat Banyak Utang Lho

Nah, mungkin kalimat di atas sering banget kamu temui di lingkungan pertemanan kamu. Betul gak? Karena kamu model orang yang gak enak menagih utang lantaran membiarkan kesadaran si dia, mau gak mau kadang bikin keki sendiri ya.

Apalagi kalau utangnya udah banyak dan si dia kelupaan nih membayarnya ke kamu. Jangankan lupa, yang menghindar juga ada lho. Ya seribu alasan bakal keluar nih dari mulut teman kamu yang suka berutang.

Emang sih yang namanya berutang itu bakal jadi penyakit banget di lingkungan pertemanan kamu. Apalagi kalau orang tersebut sulit banget ditagih, bahkan ada yang sampai menghilang dari peredaran pertemanan kalian.

MoneySmart.id udah merangkum nih beberapa hal yang mesti kamu lakukan saat salah satu teman kalian berutang dan susah banget ditagihnya. Mau tahu cara apa aja yang jitu buat kamu lakukan? Yuk, kita lihat bareng-bareng di bawah ini.

1. Ketahui dulu dia orang yang seperti apa

Ketahui dulu teman kamu seperti apa? Kalau dia termasuk orang yang boros sebaiknya jangan dipinjamkan uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam pertemanan ada baiknya lho kamu mengetahui karakter dari teman yang suka berutang atau pertama kalinya pinjam uang. Dia teman dekat atau gak, mau gak mau kamu mesti ketahui dulu karakternya seperti apa.

Misalkan dalam keseharian dia terbilang orang yang boros, kamu mesti waspada nih. Karena kalau orang yang udah boros dalam kesehariannya uang yang ia miliki bakal cepat habis.

Baca juga: Waspada! Terlilit Banyak Utang Picu Penyakit-Penyakit Berbahaya Ini

Yang ada nanti kamu kerepotan lho buat menagih uang kamu di dia. Ya, gimana gak repot, si dia aja boros pasti uangnya cepat habis.

2. Kamu mesti kenal orangtuanya

Kamu mesti ketahui orangtua teman yang berutang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika ada teman kamu yang berutang dan sulit menagihnya, ada baiknya sebagai pemberi utang mesti tahu keluarganya. Ya, setidaknya kamu tahu kedua orangtua teman kamu yang berutang.

Emang sih cara ini paling jitu banget saat menagih teman kamu yang susah bayar. Kamu bisa langsung bertemu dengan kedua orangtuanya.

Baca juga: Sering Ngutang, Perlukah Kita Khawatir? Ini Bahayanya

Saat orangtua tahu anaknya berutang ke kamu, mau gak mau ibu atau bapak si dia bakal mengingatkan atau menegur ke teman mu itu.

3. Bikin perjanjian saat si dia berutang

Bikin perjanjian sebelum teman kamu berutang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bikin perjanjian dengan teman kamu yang berutang itu sangat penting lho. Ya, meskipun kadang hal ini suka meleset saat si dia berutang dan mesti bayar.

Buat kamu yang suka meminjamkan uang ke teman ada baiknya bikin perjanjian agar dia menepati janjinya. Misalkan, kamu memberikan waktu tenggang kapan dirinya mesti melunasi utangnya.

4. Kamu mesti berpikir dua kali saat memberikan utang

Pikir matang-matang sebelum memberikan utang ke teman kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ada baiknya nih kamu gak membiasakan meminjamkan uang ke teman kamu. Kalau kamu keseringan memberikan uang ke teman alias utang, yang ada nanti si dia bakal kebiasaan banget.

Jadi kamu mesti berpikir dua kali nih buat meminjamkan uang ke teman. Ya, gak apa-apa deh dibilang “pelit” atau apa, ya setidaknya kamu gak bakal direpotkan dengan ulah teman yang suka berutang tapi sulit banget nagihnya.

Beri alasan gak menyinggung teman yang mau berutang. Dengan memberikan alasan yang masuk akal pasti teman kamu bakal mengurungkan niatnya berutang.

5. Kasih omongan pedas juga gak apa-apa

Gak ada salahnya kok kamu menegur teman yang suka berutang dan sulit menagihnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau teman udah kelewatan gak bayar utang alias susah banget bayarnya, gak apa-apa kok kamu berikan omongan yang sedikit pedas. Kalau udah kesal ya mau gak mau terkadang kamu bakal emosi ya kan.

Kasih penjelasan yang sedikit monohok ke dia biar dirinya mudah mengembalikan uang kamu. Kamu gak mesti merasa bersalah karena udah mengeluarkan kalimat gak enak, ya namanya utang ya janji.

Jadi gimana nih dengan tips di atas? Semoga sih bisa membantu kamu buat menagih utang ke teman yang susah banget bayarnya. Jadi buat kamu mesti hati-hati deh saat meminjamkan uang ke teman kamu.

Yang ada nanti malah pertemanan kalian malah gak enak. Ada baiknya gak membiasakan ke teman kamu buat berutang ke dirimu. (Editor: Mahardian Prawira).

Posting Komentar untuk "Punya Teman Suka Ngutang? Ini Caranya Biar Gak Susah Nagihnya"