Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemenuhan Aksesibilitas Tps Masih Jauh Dari Target

difabel/penyandang disabilitas bukanlah rakyat nomor dua di negeri ini. Dalam membangun bangsa untuk menuju bangsa yang besar sudah seharusnya pemerintah juga memperhatikan hak difabel. Selain hak untuk memperoleh pendidikan yang mutlak harus diterima oleh difabel, ada juga hak politik yang dihentikan dikesampingkan. Hak untuk menentukan atau memperlihatkan suaranya untuk menentukan para pemimpin negeri juga harus didapat oleh difabel dimana penyandang disabilitas/difabel sanggup dengan gampang menuju ke kawasan pemungutan bunyi (tps), dan sanggup memanfaatkan kemudahan yang disediakan oleh pihak komisi pemilihan umum.


Berdasarkan laporan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilihan untuk Rakyat (JPPR), melaporkan bahwa belum semua kawasan pemungutan bunyi yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum menerapkan prinsip-prinsip aksesibelitas. Dijelaskan juga oleh M. Afifuddin dari JPPR bahwa tiap penyandang disabilitas memiliki tantangan sendiri dalam melakukan proses Pemilu. Oleh alasannya ialah itu, TPS yang disediakan seharusnya sanggup memnuhi syarat aksesibilitas.


Sementara data yang berhasil dihimpun oleh General Election Network for Disability Access (AGENDA), dari 470 TPS tahun kemudian (2014) hanya 74 TPS (16%) yang memenuhi syarat aksesibilitas. Sisanya 84% atau 396 TPS belum memenuhi prinsip-prinsip akseseibilitas.


Dari perbandingan jumlah persentase yang masih sangat jauh dari kata cukup, hal itu sangat disayangi mengingat untuk memenuhi syarat aksesibilitas bukan hal yang sulit. Misalnya saja, penyandang disabel/difabel memperoleh pelayanan yang ramah dan mengerti disabilitas dari panitia Pemilihan Umum, kemudian kawasan pemungutan bunyi yang cukup luas sehingga penyandang disabilitas sanggup bergerak dengan mudah, dan kawasan atau jalan menuju ke kawasan pemungutan bunyi tidak licin. Kalau hal-hal menyerupai itu sanggup diwujudkan oleh komisi Pemilihan Umum, bukan mustahil penyandang disabilitas akan berperan aktif dalam Pemilihan Umum lantaran sudah memperoleh kenyamanan.


Dikutip dari viva news.com 6 Juni



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Pemenuhan Aksesibilitas Tps Masih Jauh Dari Target"