Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan Sudah Usai, Yuk Kembali Semangat Bekerja dengan 10 Cara Ini

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Setelah sibuk dengan rutinitas harian setiap manusia bekerja pasti butuh yang namanya waktu untuk istirahat dan rehat sejenak ya. Emangnya penting ya? Iya dong, suaya kita gak penat atau jenuh dengan rutinitas.

Salah satu hal untuk mengatasi kelelahan dan penat dari rutinitas biasanya adalah dengan pergi menikmati liburan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. de Bloom, dari 54 orang yang berlibur selama 23 hari, hasilnya mereka lebih sehat dan lebih bahagia setelah liburan. Indeks kebahagiaan tersebut meningkat dari hari pertama hingga hari ke- 8 liburan dan indeks tersebut mulai perlahan menurun pada hari ke – 9.

[Baca: 5  Cara Agar Tetap Produktif Meski Bekerja dari Rumah]

Kenyataannya terkadang saat kembali dengan aktivitas kerja, kita masih merasa kurang semangat atau masih terbawa kebiasaan saat liburan. Nah, gimana cara meningkatkan kembali semangat kerja setelah liburan? Berikut ini 10 tips singkat:

1. Bersihkan dan Rapikan Tempat Kerja

Ternyata tempat kerja yang bersih dan rapi dapat mempengaruhi semangat kerja. Coba deh hari-hari pertama bekerja, rapikan tempat kerja kita, bersihkan kertas-kertas yang sudah gak berguna. Biarkan meja bersih dan kosong sehingga enak dilihat.

2. Bersihkan dan Rapikan Laptop atau Komputer

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki desktop penuh dengan icon? Ini saatnya kamu membersihkan tampilan layar dengan menata kembali letak-letak file pekerjaan. Rapikan tampilan komputer agar kamu dapat bekerja lebih maksimal. Usahakan agar tampilan desktop tetap bersih ya.  

kembali semangat bekerja
Duh, berantakan banget ya, yang ada males kerja hehehe

3. Balas Email yang Masuk

Selain membersihkan tempat kerja, kita juga perlu mengecek dan membalas email-email yang masih tersimpan di kotak masuk (inbox), mengecek dokumen-dokumen yang harus ditanda tangani dan lain sebagainya.

Selesaikan pekerjaan sesuai prioritas satu per satu. Gak usah terburu-buru, lakukan dengan baik supaya gak perlu bolak-balik direvisi.

Sebagai tips, sebaiknya cek email berdasarkan subyek dan pengirim. Jawablah email-email yang lebih mudah dijawab hingga ke email yang membutuhkan waktu lebih lama untuk di jawab.

4. Cek Kembali Jadwal

Setelah beberapa hari liburan, kini saatnya kembali bekerja dan memulai rutinitas. Pastikan kita sudah mengecek semua jadwal dan tanggal-tanggal penting di kalender kita. Atur kembali jadwal-jadwal kerja dalam smartphone atau gunakan fasilitas google calendar.

5. Buat Prioritas Pekerjaan

Meningkatkan semangat kerja setelah liburan itu membutuhkan waktu, sama seperti saat kita melakukan pemanasan untuk mesin kendaraan. Jadi sangat disarankan untuk mulai membuat prioritas pekerjaan.

Setidaknya buatlah 5 daftar pekerjaan yang harus diselesaikan minggu ini. Prioritas adalah hal yang penting untuk disiapkan loh. Dalam hal perencanaan keuangan, prioritas akan mempengaruhi segala rencana yang akan dibuat.

kembali semangat bekerja
Santai masbro, gak usah buru-buru kerjain aja pelan-pelan

[Baca: Cari Kerja Idaman Iini 5 Keuntungan Buat Kamu yang Bekerja Sesuai Passion]

6. Fokus Selesaikan Satu Pekerjaan Pada Satu Waktu

Biasanya setelah selesai liburan dan kembali bekerja, pekerjaan tiba-tiba menumpuk. Jangan selesaikan 2 atau 3 pekerjaan di satu waktu. Fokus selesaikan satu pekerjaan dengan baik, agar gak terlalu banyak melakukan kesalahan.

Fokus pada satu pekerjaan tanpa kesalahan, jauh lebih baik daripada melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, tetapi banyak melakukan kesalahan.

7. Singkirkan Hal-Hal yang Dapat Mengganggu Fokus Kerja

Sedikit banyak, mood mempengaruhi kinerja kita bukan? Nah, sebisa mungkin singkirkan hal-hal yang dapat mengganggu mood dalam bekerja. Silent handphone, tutup aplikasi belanja online, social media dan game. Mulai fokus bekerja. Capcuz!

8. Nikmati Suasana Bekerja dan Berkumpul dengan Teman

Kembali bekerja berarti kembali bertemu dengan teman-teman kantor. Nikmati suasana bekerja dan ngumpul bareng teman-teman. Saling menceritakan pengalaman liburan, tukar oleh-oleh liburan dapat menjadi salah satu cara meningkatkan mood. Liburan yang cukup panjang, sebaiknya dijadikan momen untuk melupakan kesalahan teman kerja dan memulai hubungan baru yang lebih sehat.

9. Berangkat Lebih Awal dan Pulang Sedikit Lebih Telat

Memulai hari-hari lebih awal ternyata banyak memberikan energi positif. Banyak hal yang dapat dilakukan saat pagi hari. Pulanglah sedikit lebih terlambat buat sekedar ngobrol dan bergurau di tempat kerja. Seimbangkan hari-hari kerja dengan kehidupan pribadi ya.

10. Berikan Waktu pada Diri Sendiri untuk Beradaptasi

Jangan terlalu stress atau memusingkan pekerjaan yang menumpuk. Lakukan pekerjaan-pekerjaan yang memang bisa diselesaikan segera sesuai dengan prioritas. Seseorang yang sudah kembali pada rutinitas akan dapat bekerja lebih maksimal.

kembali semangat bekerja
Pusing kepala Barbie lihat kerjaan numpuk

Setelah liburan kemarin, pastikan kita juga tetap menjaga kondisi kesehatan badan dan kondisi keuangan. Percaya gak kalau stres memikirkan kesehatan badan (berat badan naik, kolesterol naik) atau memikirkan keuangan (bayar utang, bayar tagihan kartu kredit) juga dapat mengurangi produktivitas kerja

[Baca: 5 Cara Mengelola Keuangan Setelah Selesai Liburan]
So, selamat kembali semangat bekerja ya!

 

 

 

Image Credit:

  • http://tango.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2014/10/tumblr_m7dbi9sGrX1qd1c32o1_500.jpg
  • https://karyaguru.files.wordpress.com/2014/08/kursus-autocad-equity-tower-jakarta-pusat.jpg
  • http://socialgadgetnews.com/wp-content/uploads/2014/05/Work-Stress-720×340.jpg

Posting Komentar untuk "Liburan Sudah Usai, Yuk Kembali Semangat Bekerja dengan 10 Cara Ini"