Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Kredit Jika Dipegang Oleh Wanita Karir, Musibah atau Manfaat?

Manfaat kartu kredit sudah gak perlu dipertanyakan lagi. Dari potongan harga sampai cicilan 0 persen, manfaat itulah yang dikejar ketika banyak orang apply kartu kredit.

Tapi, buat sebagian orang, sederet manfaat kartu kredit itu malah bisa menjadi mudarat. Hal ini gak lepas dari kebiasaan dan cara orang tersebut dalam menggunakan kartu kredit.

Bahkan gender pengguna mempengaruhi kebiasaannya dalam menggunakan kartu kredit. Makanya bank sering menerapkan seleksi yang ketat untuk menerbitkan kartu multifungsi ini.

Malah, pada 1970-an, di Amerika sana wanita sangat sulit mendapatkan kartu kredit. Alasannya, wanita dianggap kalah dibanding pria dalam hal pengaturan keuangan.

Sampai-sampai sekelompok wanita mendirikan bank sendiri untuk memperjuangkan hak memperoleh kartu kredit sama seperti pria. Pada masa sekarang, pandangan ini masih ada.

Pandangan itu didukung sejumlah survei tentang perbandingan perilaku pria dan wanita dalam menggunakan kartu kredit. Dalam survei BMO Harris, misalnya, wanita disebut lebih sering bayar minimum tagihan dibanding pria.

kartu kredit jika dipegang
Pria dan wanita pasti beda ya,, menggunakan kartu kredit juga ya (Pria dan Wanita Bercengkerama / Blogspot)

Padahal bayar minimum mengundang bencana. Sebab, bunga akan terakumulasi terus tiap bulan jika gak segera dilunasi.

Namun itu cuma survei. Survei pilkada saja hasilnya bisa berbeda dengan hasil pemungutan suara sebenarnya.

Jadi, kartu kredit di tangan wanita, apalagi wanita karir, gak selalu berarti musibah. Wanita karir lebih gampang punya kartu kredit karena punya penghasilan sendiri.

Tapi kelebihan itu malah bisa jadi bumerang alias merugikan diri sendiri. Lantaran merasa sudah bisa cari duit sendiri, terus belanja sesukanya.

Kartu kredit yang limitnya Rp 5 juta dianiaya buat beli baju dan tas seharga Rp 8 juta. Begitu tagihan datang, bayar cuma jumlah minimum.

Itu sama saja dengan gak menghargai diri sendiri. Bagaimanapun, uang yang didapat sebagai wanita karir itu gak datang dari langit.

Uang itu hasil kerja keras. Semestinya penghasilan itu dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kerja keras yang telah dilakukan. Masak, sudah kerja siang-malam, masih harus mikir utang karena menggunakan kartu kredit dengan sembarangan.  

kartu kredit jika dipegang
Capek kerja harusnya bisa lebih menghargai uang ya (Perempuan Kelelahan / Blogsot)

Apalagi jika sudah punya keluarga. Tanggung jawab bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga suami serta anak-anak.

Agar kartu kredit gak menjadi musibah, berikut ini tips memanfaatkan kartu kredit bagi wanita karir:

1. Bayar penuh

Sebisa mungkin bayar tagihan penuh tiap bulan. Jika pada suatu waktu berhalangan, segera lunasi pada bulan berikutnya. Bayar minimum adalah fasilitas, tapi bisa berbahaya kalau terlena dibuatnya.

2. Pasang alarm

Ketika tagihan datang, kadang lupa bayar karena saking sibuknya dengan kerjaan. Untuk mengantisipasinya, pasang alarm di ponsel pintarmu yang canggih itu. Misalnya jatuh tempo tanggal 7 tiap bulan, setel alarm buat bayar tagihan pada tanggal 4, 5, dan 6 berturut-turut biar gak lupa.

3. Kerja sama dengan pasangan

Jika sudah punya suami atau pacar, beri tahu si dia untuk mengingatkan bayar tagihan. Berikan juga kebebasan untuk menegur ketika kita tampak akan menggunakan kartu itu secara berlebihan. Pemberian wewenang menegur itu perlu agar kita gak tersinggung saat diingatkan.

kartu kredit jika dipegang
Pasangan itu harusnya kompak dalam segala hal ya (Pasangan / Klimg)

4. Pilih kartu yang pas

Beberapa bank menerbitkan kartu kredit khusus untuk wanita. Fasilitas kartu itu lebih terfokus untuk kebutuhan wanita, misalnya perawatan tubuh dan belanja. Manfaat kartu kredit akan terasa lebih maksimal buat wanita jika memakai kartu semacam ini.

Kartu kredit itu seperti pisau dapur yang tajam. Saat berhati-hati dan tahu cara menggunakannya, manfaat maksimal bisa didapat.

Namun jika ceroboh, justru musibah yang datang. Perumpamaan ini pun gak hanya berlaku buat wanita karir, tapi juga semua pemegang kartu kredit.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

[Baca: 3 Denda Kartu Kredit yang Ternyata Bisa Dihilangkan dan Caranya]

[Baca: 8 Langkah Mengatur Keuangan Pasangan Baru Menikah]

[Baca: Buat Penggila Belanja Wajib Tahu Deh Manfaat Cashback Kartu Kredit]

Posting Komentar untuk "Kartu Kredit Jika Dipegang Oleh Wanita Karir, Musibah atau Manfaat?"