Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dicap Kartu Setan! Manfaat Kartu Kredit Juga Beri Kamu Keuntungan-Keuntungan Ini

Gara-gara tercekik utang hingga diuber-uber debt collector, beberapa orang menyebut kartu kredit sebagai kartu setan. Apa gak ngeri tuh? Setan dituduh bikin kartu kredit terus pakai utang buat mencekik orang.

Lagian, yang pakai kartu kredit siapa, yang disalahin siapa. Ada-ada aja ya?

Namun, gak ubahnya teka-teki, apa benar kartu kredit itu kartu setan seperti yang diisukan selama ini?

Sebenarnya sih ini cuma soal gimana persepsi orang tentang kartu kredit. Gak sedikit yang keliru memahami kartu gesek ini. Mestinya, sebelum benar-benar memakainya, pahami dulu esensi dari alat pembayaran nontunai yang satu ini.

Asal kamu tahu aja. Kartu kredit diciptakan sebagai alat pembayaran nontunai di mana transaksi yang kamu lakukan jadi tanggungan bank. Namun, bank bayar transaksimu bukan cuma-cuma lho ya. Singkat kata, kamu berutang pada bank dan kamu wajib melunasinya.

Sampai di sini udah paham kan apa itu kartu kredit? Jadi, dengan gesek kartu ini setiap kali transaksi, itu berarti kamu sama aja dengan berutang. Makin sering menggesek, makin besar utangmu. Namun, besarannya itu ada batasnya lho. Ini yang disebut limit kartu kredit.

Makanya, sebelum gunakan alat pembayaran ini, kamu pikir-pikir dulu apakah transaksi atau belanja yang kamu lakukan emang perlu banget dibayar dengan utang?

Kalau iya, bijak memakai, misalnya menggunakan kartu kredit gak sampai sentuh limit agar bayar cicilannya gak berat.

Perlu kamu tahu juga, banyak manfaat menguntungkan banget alat pembayaran nontunai ini. Apa aja? Yuk simak ulasannya di sini:

1. Praktis dan transaksinya bisa dicicil

kartu kredit

Praktis dan mudah, itulah yang menjadi manfaat yang kamu rasakan dengan memakai kartu kredit. Bukannya kartu debit atau ATM juga praktis dan mudah ya?

Emang benar pakai kartu debit atau ATM mirip dengan pakai kartu kredit. Pasalnya, kedua kartu ini sama-sama pembayaran nontunai.

Bedanya, kalau pakai kartu debit atau ATM, uang kamu dalam rekening bank langsung terpotong sesuai jumlah yang ditransaksikan. Sementara kalau pakai kartu kredit, kamu bisa transaksi dengan cara dicicil.

2. Kasih banyak promo belanja dan rewards

Kartu kredit
Kartu kredit beri banyak promo dan rewards

Ini lagi yang membedakannya dengan kartu debit atau kartu ATM. Promo belanja dan rewards bisa kamu dapatkan lebih banyak dengan menggesekkan kartu kredit buat sejumlah transaksi.

Mulai dari promo makan, travel, penginapan, hingga belanja. Promo yang diberikan umumnya berupa diskon. Ada diskon 10 persen, 15 persen, 20 persen, hingga 60 persen buat momen tertentu. Ini masih ditambah rewards berupa poin yang bisa ditukarkan.

3. Bisa bayar cicilan dengan bunga 0 persen

Kartu kredit
Kartu kredit memberi cicilan 0 persen

Meski bunga yang berlaku 2,25 persen, faktanya ada beberapa transaksi tertentu yang memberlakukan bunga 0 persen. Kebayang kan gimana untungnya bayar cicilan tanpa bunga?

Belum lagi, kalau cicilan bunga 0 persen ini bisa digabung dengan promo yang lain semisal diskon. Kurang hemat apa tuh coba? Belanja dapat potongan harga, bayarnya dicicil pula. Selain itu, tenor cicilannya bisa sampai 24 bulan lho. Mantap banget, kan?

4. Gak kesulitan saat transaksi di luar negeri

Belanja di luar negeri pakai kartu kredit
Belanja di luar negeri pakai kartu kredit

Manfaat lainnya nih bakal kamu rasakan saat berada di luar negeri. Kamu gak perlu lagi menukarkan uangmu ke mata uang negara yang kamu tuju demi bisa transaksi.

Sebab dengan gunakan kartu kredit, kamu bisa lakukan transaksi di mana pun kamu berada. Kenapa bisa gitu? Soalnya label Visa dan Mastercard yang melekat di alat pembayaran nontunai ini menjadi akses buat kamu transaksi di banyak negara.

5. Belanja online gak ribet

belanja-online
Belanja online gak ribet pakai kartu kredit

Enaknya lagi, kalau kamu suka belanja online. Urusan transaksi menjadi lebih mudah dengan menggunakan kartu kredit.

Saat membayar belanjaanmu nanti, kamu cukup melengkapi identitas diri. Lalu memasukkan informasi kartu kredit, seperti nama pengguna, nomor kartu kredit, kode Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV), dan masa kedaluwarsa kartu. Baru kemudian bayar.

Sampai di sini kamu udah selesai melakukan transaksi. Mudah banget, bukan?

Udah paham dong sekarang apa sebanarnya kartu kredit, dan apa aja manfaatnya? Lagi-lagi ini balik lagi ke penggunanya lho.

Kalau digunakan dengan bijak, manfaat-manfaat yang disebut di atas tadi benar-benar kamu rasakan deh. Sebaliknya, kalau menggunakannya gak benar, jangan salahkan alat pembayaran ini ya seandainya malah kerugian yang didapat. (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Dicap Kartu Setan! Manfaat Kartu Kredit Juga Beri Kamu Keuntungan-Keuntungan Ini"