Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Reparasi Tas Bikin Penghasilan Tak Terbatas? Bisa Banget Kok, Simak Dulu Nih

Buat orang yang punya prinsip “kalau masih bisa dipakai, ngapain beli baru”, ahli reparasi adalah pahlawan. Merekalah yang membuat pengeluaran orang-orang tersebut bisa ditekan.

Wokshop ahli ini pasti didatangi jika ada barang mereka yang rusak. Termasuk workshop berjalan alias perlengkapan tempur tukang sol sepatu yang sering lewat di kompleks.

Kabar baiknya, orang-orang yang sadar akan betapa pentingnya menekan pengeluaran ini gak sedikit. Yang pasti gak bisa dihitung dengan jari. Artinya, bisnis servis barang gak akan ada habisnya.

Bicara soal bisnis servis, ada satu barang yang menjanjikan keuntungan besar buat ahli reparasinya: tas. Hampir semua orang punya tas, apalagi yang usia sekolah dan berstatus pekerja.

Dengan kata lain, pangsa pasar bisnis reparasi tas terhitung luas. Jika kita bisa memanfaatkan kondisi pasar ini dengan jeli, bukan mustahil penghasilan tak terbatas menanti.

Apalagi modalnya gak perlu banyak-banyak. Bahkan dengan Rp 5 juta kita bisa buka bisnis reparasi tas sendiri. Berikut ini simulasinya:

penghasilan tak terbatas
Buat modal, cari mesin jahit yang biasa saja dulu. Saat udah lancar, bisa beli yang agak bagusan (Reparasii Tas / Blogspot)

Modal Rp 5 juta:

– Mesin jahit: Rp 3 juta (bisa untuk kulit)

– Ritsleting: Rp 5.000 per meter, sudah termasuk kepala.
Stok:

Hitam: 10 meter (mayoritas tas favorit berwarna hitam, jadi stok dibikin banyak): Rp 5.000 x 10 = Rp 50.000
Cokelat: 7 meter (warna tas yang juga umumnya disukai) Rp 5.000 x 7 = Rp 35.000
Krem: 5 meter: Rp 5.000 x 5 = Rp 25 ribu
Cadangan untuk beli jika warna ritsleting tas gak ada di stok: Rp 100.000

– Lem latex: Rp 50.000 per kilogram

– Jarum: Rp 700, beli ukuran 9, 11, 13, 16, 18, dan 21 masing-masing 5
Rp 700 x (6 x 5) = Rp 21.000

– Benang: Rp 25 ribu per pak (isi 6 gulung), beli warna hitam, cokelat, dan krem: Rp 25.000 x 3 = Rp 75.000
Cadangan untuk beli benang yang diperlukan: Rp 100.000

– Kain atau kulit pengganti: Rp 1.000.000

– Sewa kios: Rp 500.000 per bulan

Total: Rp 4.956.000

Peluang pemasukan:

Dengan ongkos reparasi rata-rata Rp 25 ribu dan dalam sehari menangani perbaikan 5 tas, perhitungan pemasukannya:

Sehari: Rp 25.000 X 5 = Rp 125.000

Seminggu:

Rp 125.000 x 7 hari = Rp 875.000

Sebulan:

Rp 875.000 x 4 minggu = Rp 3.500.000

penghasilan tak terbatas
Segala jenis tas mestinya bisa direparasi, kecuali tas kresek (Kantong Plastik / Tstatic)

Untuk diingat, pembelian mesin jahit hanya sekali saat buka usaha. Selain itu, benang, jarum, lem, dan perlengkapan lain bisa jadi gak habis dalam sebulan pemakaian.

Karena itu, ongkos operasional bulan depan pasti di bawah Rp 4.956.000, yang merupakan modal usaha. Jika gak ada ongkos mesin jahit saja, berarti modal hanya Rp 1.956.000.

Jika pemasukan per bulan Rp 3.500.000, berarti penghasilan bersih Rp 1.544.000. Namun itu jika perlu beli-beli barang seperti benang. Jika stok masih ada, berarti penghasilan bisa lebih besar.

Selain itu, besar-kecilnya penghasilan bergantung pada pemasaran dan kualitas kerja. Di era Internet saat ini, manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram untuk berpromosi.

Ajak follower di media sosial untuk berkomunikasi. Kalau ada yang tanya, dijawab. Sesekali bikinlah kuis berhadiah dan unggah gambar menarik, misalnya foto lucu. Jangan lupa juga sapa mereka tiap hari. Ini penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Untuk permulaan, kita bisa buka jasa reparasi untuk segala jenis tas. Seiring waktu, kita mesti mengembangkan keahlian atau merekrut orang yang punya keahlian khusus untuk reparasi tas bermerek.

Tas seperti Hermes yang harganya jutaan itu pastinya disayang-sayang oleh penggunanya. Saat rusak, jelas mereka akan memilih reparasi ketimbang beli baru.

Karena harga tasnya mahal, tentunya ongkos reparasinya bisa kita naikkan. Namun perlu diingat, gak bisa sembarangan reparasi tas mahal. Jika hasilnya jelek, bisa-bisa malah reputasi hancur.

Namun jika bagus, mereka bisa saja merekomendasikan kita ke komunitasnya. Biasanya orang yang punya tas bermerek kayak gini punya komunitas sendiri untuk arisan atau rumpi-rumpi. Makanya, kita harus memastikan bahwa kerjaan reparasi tas kita bagus biar direkomendasikan.

Agar penghasilan lebih tak terbatas, kita bisa buka usaha sejenis. Yakni reparasi sepatu.

penghasilan tak terbatas
Kerja atau bisnis apa saja yang penting halal bro, walau cuma buka bengkel reparasi sepatu (Reparasi Sepatu / Kompas)

Bisnis reparasi tas memang menjanjikan dari segi pangsa pasar. Namun besar-kecilnya penghasilan bergantung pada strategi penjualan. Mau penghasilan tak terbatas, rencanakan dengan matang.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Teknologi Bisa Bikin Prospek Usaha Kecil Cerah, Nih Caranya]

[Baca: Buka Usaha Modal Kecil Itu Bukan Mustahil, Asal…]

[Baca: 7 Tips Mempertahankan Kesuksesan (Buat Pengusaha UKM yang Sudah Sukses, Tapi Mau Lagi, Lagi dan Lagi)]

Posting Komentar untuk "Bisnis Reparasi Tas Bikin Penghasilan Tak Terbatas? Bisa Banget Kok, Simak Dulu Nih"