Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI

Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI
Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI

Tanya:
"Saya mendapatkan sebuah notifikasi SMS dengan keterangan transaksi (reversal) setelah tarik tunai saldo di mesin ATM BRI, padahal transaksi tersebut gagal. Apa artinya notifikasi ini dan apakah saldo saya sudah terpotong?"

Jawab:
Sejak beberapa waktu yang lalu PT Bank Rakyat Indonesia memberlakukan kebijakan notifikasi SMS secara otomatis akan dikirim kepada nasabah Apabila terjadi transaksi dengan nominal diatas Rp500.000 dari rekening tabungan nasabah.

Notifikasi ini sebenarnya bisa dinonaktifkan atau diubah nominal transaksi akan mendapatkan pemberitahuan via SMS dengan menghubungi BRI Call. Namun untuk menjaga keamanan saldo dana rekening Nasabah di bank untuk mengaktifkan fitur ini.

Terkait kasus di atas dimana nasabah mendapatkan sebuah notifikasi SMS dengan keterangan transaksi pada rekening tabungan dan yang muncul adalah transaksi reversal itu merupakan pemberitahuan bahwa transaksi telah gagal dan saldo dikembalikan secara otomatis ke rekening.

Nasabah Bank BRI tidak perlu khawatir saldo terpotong dengan adanya notifikasi SMS tersebut. Untuk memastikannya bisa cek saldo rekening tabungan atau cek mutasi rekening di mesin ATM BRI bisa juga menggunakan layanan digital banking seperti Internet Banking dan SMS Banking BRI.

Apakah SMS notifikasi ini dikenakan biaya SMS? Ya, berlaku biaya SMS berlangganan yang nantinya akan dipotong langsung dari saldo rekening tabungan setiap bulannya.

Baca juga: Biaya Transaksi BRI Internet Banking, BRImo, Mobile Banking, SMS Banking

Jadi transaksi reversal yang ditunjukkan oleh notifikasi SMS dari Bank BRI menunjukkan telah terjadi pengembalian dana setelah adanya transaksi gagal contohnya ketika tarik tunai saldo di mesin ATM BRI atau mesin ATM bank lainnya menggunakan kartu debit dari rekening bank BRI.

Posting Komentar untuk "Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI"