Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tazkiyah, Aplikasi POS Berbasis Web Gratis dan Open Source

Aplikasi POS (Point of Sale) atau yang biasa disebut dengan aplikasi kasir adalah sistem atau program khusus yang ditujukan untuk mencatat penjualan retail. Aplikasi atau program POS banyak digunakan di cafe, minimarket, warung kelontong, dan usaha sejenisnya. Selain mempermudah pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya, aplikasi ini juga mempermudah pekerjaan kasir dalam penghitungan total pembayaran yang dilakukan oleh customer.

 atau yang biasa disebut dengan aplikasi kasir adalah sistem atau program khusus yang ditu Tazkiyah, Aplikasi POS Berbasis Web Gratis dan Open Source


Memperhatikan kebutuhan aplikasi Point of Sale yang tinggi, kami mengembangkan sebuah aplikasi POS sederhana berbasis web, dengan memanfaatkan framework Yii 2. Aplikasi POS ini kami beri nama "Tazkiyah", yang secara bahasa berarti tumbuh dengan suci dan berkah. Saat ini aplikasi tersebut memang sedang dalam pengembangan dan belum selesai 100 persen. Kami menggratiskan kode sumbernya (dengan lisensi BSD 3), begitu pula versi Androidnya.

Beberapa fungsi dasar dari aplikasi ini antara lain :

Produk dengan Varian / Atribut

Produk dapat memiliki variasi atau atribut khusus, semisal bila Anda menjual nasi goreng, maka dapat dibedakan harga untuk nasi goreng biasa dengan nasi goreng seafood (misalnya). Atau bila menjual kentang goreng, maka dapat dibedakan harga untuk ukuran regular dan extra. Ini termasuk kombinasinya, misal roti maryam dapat dibedakan berdasarkan ukuran, maupun isinya (daging ayam, sapi, dll), sehingga nantinya akan ada roti maryam regular isi daging ayam, atau roti maryam ukuran jumbo isi sosis keju.

 atau yang biasa disebut dengan aplikasi kasir adalah sistem atau program khusus yang ditu Tazkiyah, Aplikasi POS Berbasis Web Gratis dan Open Source

Seratus Persen Online

Anda dapat menyiapkan server tersendiri, dan memiliki sejumlah usaha di lokasi yang berbeda. Semuanya terhubung via internet. Kekurangannya tentu masalah koneksi internet akan menjadi pos pengeluaran tersendiri. Namun data Anda akan selalu tersimpan di sisi server, dan dapat diakses dari mana saja. Anda pun bisa mengetahui apakah usaha Anda di Makassar berjalan baik, saat ini juga.

Basis Data Pelanggan

Catat loyalitas setiap pelanggan dengan mendaftarkan nomor telepon seluler mereka. Kini Anda dapat mengetahui ada seseorang yang setiap Sabtu malam datang ke cafe Anda, memesan menu yang selalu sama.

Login Pegawai / Kasir

Masing -masing pegawai dapat memiliki akses yang berbeda. Ini berguna untuk melakukan verifikasi isi uang kas saat shift kerja berakhir.

Diskon dan Pajak, dari Persentase dan Nilai

Penerapan diskon dapat dihitung dari masing-masing item, maupun dari subtotal, baik dari nilai langsung (misal Rp 10,000) atau dari persentase (misal 9%).

Catatan Tambahan per Produk

Masing-masing pesanan dapat ditambahkan catatan opsional, misal untuk produk jus buah dapat diselipkan catatan dapur "tidak pakai susu", dan sebagainya.

Fitur lainnya yang masih akan dikembangkan antara lain : sinkronisasi apabila putus koneksi, cetak struk ke berbagai tipe printer, termasuk penggunaan kartu kredit dan debit. Untuk melihat apa yang telah kami kerjakan sejauh ini, Anda bisa melihat link menuju kode sumber aplikasi POS ini di https://github.com/prabowomurti/tazkiyah-pos, dan link menuju kode sumber aplikasi POS client di Android di https://github.com/prabowomurti/tazkiyah-pos-android.

Demo

Untuk demo menuju page operator, Anda bisa masuk ke http://tazkiyah.CuciMata.net/operator dengan menggunakan username demo.operator@CuciMata.net dan kata kunci : demo.operator. Silakan berkontribusi di halaman Github untuk membuat issue seputar bug, atau usulan saran fitur selanjutnya. Silakan tinggalkan komentar jika ada yang ingin Anda tanyakan.

Demikian, semoga bermanfaat.

PS : Mohon maaf karena keterbatasan performa server kami, untuk sementara website demo belum dapat diakses. Terima kasih.






Posting Komentar untuk "Tazkiyah, Aplikasi POS Berbasis Web Gratis dan Open Source"