Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TabunganKu Yang Paling Bagus Dapat ATM

Saya bagi dalam 3 kelompok; TabunganKu yang paling bagus, tabunganku yang cukup bagus, serta yang biasa-biasa saja. Tentang kenapa saya bagi dalam tiga kelompok itu, silahkan lanjut aja bacanya.

Sebenarnya saya telah tulis produk TabunganKu setiap bank pada halaman posting utama dari produk simpanan harian. Tapi kemudian saya  perlu merekap semuanya dalam satu halaman   untuk memudahkan calon nasabah ketika mencari perbandingan.

Hal ini saya anggap perlu agar pembaca tidak lagi bingung  menentukan pilihan setelah melakukan riset kesana-kemari untuk segera eksekusi.

Perlu di pahami, pembagian kelompok dari TabunganKu yang dari yang  paling bagus hingga yang biasa-biasa saja ini,  bukan berarti saya memiliki keberpihakan pada salah satu bank, tapi lebih untuk memudahkan pembaca dengan data yang ada.

Namun mohon dicatat, kriteria bagus tidaknya  yang maksud disini tidak memasukan unsur  ukuran besar kecil nya bank, banyaknya kantor cabang, rasio kecukupan modal, sehat atau tidak bank itu, keberadaan modal asing didalamnya,  kepemilikan swasta atau milik pemerintah, atau bahkan bunga yang di berikan.

Khusus yang terakhir itu saya anggap “terlalu” jika menyimpan uang di tabunganku mengharapkan bunga. Karena toh kita cari produk yang ramah untuk kalangan menengah kebawah

Disini saya hanya beroriestasi pada fitur TabunganKu yang di berikan oleh  masing-masing bank konvensional. Sementara  dari bank syariah dan BPD se indonesia ( BPD jabar , BPD jatim ) mudah-mudahan saya bisa update di halaman lain . 

Catat:
Setoran awal untuk membuka rekening TabunganKu adalah sama yaitu Rp.20.000. Sementara untuk setoran minimal  selanjutnya adalah Rp. 10.000,- . Persyaratan untuk membuatnya cukup datang ke kantor cabang dengan membawa KTP atau identitas lain beserta tambahan biaya Rp 6000 sebagai pengganti biaya materai. 

TabunganKu juga bisa untuk tabungan anak-anak / pelajar dengan  perwalian orang tua
update: 
Saya sudah lakukan update fitur tabunganku 2015 dalam bentuk tabel supaya mudah di pelajari, silahkan baca dan bandingkan di halaman berikut ; Fitur TabunganKu pilihan netizen

TabunganKu Yang Biasa Saja


Yang saya masukan pada kategori ini karena standar banget dengan platform tabunganku; bebas biaya administrasi bulanan dengan setoran awal 20 ribu. Kalau pun ada fitur tambahan seperti ATM yang di berikan, nasabah harus mengeluarkan biaya tambahan atau persyaratan lain. Jadi tidak istimewa lagi kalo gitu. Makanya saya katakan biasa -biasa saja, atau sebut saja ala kadarnya.

Tapi  jangan menganggap bank-bank ini  pelit atau bagaimana, karena mereka telah sesuai dengan standar tabunganku yang di inginkan pemerintah sebagai pemiliki produk.


TabunganKu Bank Mega


TabunganKu bank mega adalah  standar  sesuai  platform produk ini. Untuk mendapat fasilitas lebih seperti ATM, internet banking, dan mobile banking, tabunganKu bank mega akan mengenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp.5000,- per bulan.

Kalo tidak mau kena potongan bulanan, ya jangan minta  minta kartu ATM dan fitur lain ketika membuka rekening. Cukup nikmati saja bukti kepemilikan tabungan , tarik tunai dan transfer dengan menggunakan buku di kantor cabang.


TabunganKu BRI


Tidak ada yang  istimewa dari tabunganku BRI. Standar  banget. T idak ada fitur menarik untuk dijadikan bahan bagi saya untuk merekomendasikan produk ini . Nampaknya  nasabah rakyat kecil BRI   di pedesaan yang  ingin dapat fitur teknologi terkini harus bikin tabungan Simpedes atau Britama.


TabunganKu Bank Danamon


Kalau mau buat tabunganku di bank Danamon datangnya ke Danamon Simpan Pinjam ( DSP ). Karena hanya disanalah danamon menyediakan produk ini.

Tidak ada fitur ebanking di berikan. Nikmati saja gratis  biaya administrasi sebagai penggembira bagi nasabah.

Tapi kalau terasa produk ini kurang menarik, silahkan coba  tabungan Danamon Lebih, simpanan yang tak ada potongan setiap bulannya.

Tabunganku Bank Permata


Fitur ebanking yang menarik cuma pada layanan Navigator, yaitu  penyampaian SMS atas mutasi transaksi senilai > Rp. 250.000,- pada rekening secara online & realtime. Tapi fasilitas tambahan seperti ATM  tidak dapat.

Tapi tabunganku bank permata juga bisa setoran di semua kantor cabang.

TabunganKu Yang Cukup Bagus


Saya tulis cukup bagus karena banyak catatan yang harus di perhatikan. Yah, seperti yang sudah sering kita baca  dan jadi bahan guyonan banyak orang, yaitu;  “Syarat dan ketentuan berlaku”

Jadi mohon perhatikan baik-baik ketika bertanya kepada customer service saat membuka rekening.

Tabunganku BCA


Tabunganku BCA dapat kartu ATM sebagai salah satu fasilitas ebanking yang di berikan. Sementara fitur ebanking lain, seperti mbanking atau internet banking tidak ada.

Buat yang sudah cukup puas bisa tarik  tunai di ATM BCA yang jumlahnya banyak itu, atau untuk keperluan  transfer sesama rekening BCA lewat ATM, silahkan bisa buat tabunganku. Tapi kalau kurang puas bisa buat rekening tahapan BCA  atau xpresi.

  • Dapat Kartu ATM khusus Tabunganku dengan limit silver (tarik tunai maksimal Rp 5 juta, transfer ke sesama rekening BCA Rp 15 juta).
  • Transaksi pendebetan maksimum 4 kali dalam sebulan.
  • Tidak ada fitur internet banking ( KlikBCA ) atau mbanking.
  • Setoran tunai, transfer, dan penarikan bisa dilakukan di semua kantor cabang BCA

Tabunganku Bank Mandiri

Apakah tabunganku Bank mandiri akan mendapat kartu ATM ?
 Jawabannya YA, tapi itu  kalo setoran awalnya minimal 500 ribu. Kalo setoran awalnya cuma 20 ribu  tidak di kasih.

Buat yang sudah terlanjur tidak dapat kartu ATM  saat membuka rekening, dan kini ingin punya ATM tabunganku mandiri, silahkan tambah dulu saldonya hingga diatas 500 ribu. Baru datangi lagi customer service di tempat membuka rekening untuk minta di buatkan kartu ATM.

 - Fasilitas Kartu ATM khusus Tabunganku diberikan kepada nasabah yang membuka  rekening dengan setoran awal atau saldo rekening minimal Rp 500.000. ATM Tabunganku Mandiri bisa di pakai di jaringan ATM Bersama dan Link
 - Penyetoran dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat    pembukaan rekening
 - Transaksi penarikan tunai melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat pembukaan rekening, dengan ketentuan ;  
  • Minimal Rp 100.000 per transaksi
  • Maksimal penarikan 1 kali per bulan, penarikan ke-2 dan seterusnya dalam satu bulan dikenakan biaya Rp 5.000,-.
  • Minimal Rp 100.000, per transaksi
  • Penarikan < Rp 5 juta dikenakan biaya Rp 5.000,-
update 23 agustus 2014
Ada tambahan informasi dari teman yang komentar dibawah, dengan setoran awal Rp 20 ribu di tabunganku madniri  sudah di kasih atm, jadi tidak harus 500 ribu
Ada kabar juga kalau tabungaku di bank mandiri sudah diberi fasilitas internet banking, setelah yang bersangkutan melakukan setoran awal diatas 2 juta.


TabunganKu Bank Panin


Dari Bank Panin masih  tetap layak jadi pilihan untuk yang ingin membuka disana. Meski Panin mendesign khusus  ATM untuk tabunganku, tapi kartu tersebut bisa untuk tarik tunai di bank lain dalam jaringan Alto dan Bersama.

  • Fasilitas Kartu ATM design khusus Tabunganku dan dapat digunakan sebagai Debit Card
  • E-Banking: ATM Panin, Mobile Banking, Phone Banking, Internet Banking

Tabunganku Bank Sinarmas


Dari bank Sinarmas juga ngasih kartu ATM dengan design khusus tabunganku. Sementara transaksi penarikan tunai dan transfer  melalui counter hanya bisa dilakukan di kantor cabang tempat membuka rekening.

Jika produk ini dirasa kurang menarik namun ingin menjadi nasabah bank sinarmas, coba baca dulu Tabungan Sinarmas dan Lion Air.


TabunganKu OCBC NISP


Ini boleh juga untuk di pertimbangkan. Tabunganku dari bank NISP ngasih kartu ATM juga.
  •  Nasabah akan mendapatkan kartu ATM.
  •  Limit transfer perhari ke sesama NISP maksimal Rp 1.000.000 dan ke rekening lain maksimal Rp 1.000.000
  •  Limit penarikan tunai perhari maksimal Rp 1.000.000

TabunganKu Bank  BTN


Tabunganku dari bank BTN adalah yang paling di rekomendasikan untuk mereka Penggemar bank plat merah. Silakan buka rekening disana dan dapatkan kartu ATM nya.

TabunganKu Bank Bukopin


Jika dalam kategori  tabunganku yang cukup bagus adalah grade B, maka tabunganku bukopin lebih layak ada di grade B plus. Karena fasilitas yang di tawarkan terbilang lengkap.Fitur ebanking yang di berikan adalah; ATM, SMS, Call, dan internet banking.

Hanya saja, ATM yang di berikan hanya bisa di gunakan di jaringan ATM bukopin saja, tidak bisa digunakan pada jaringan bank lain, serta tidak bisa di fungsikan sebagai kartu debet.

Karena faktor ATM yang terbatas itu, serta tidak ada layanan mobile banking berbasis aplikasi, makanya tabunganku bukopin tidak saya masukan dalam kategori grade A / tabunganku yang paling bagus.


TabunganKu Bank BNI


Pastikan membaca syarat dan ketentukan ketika ingin membuka di Bank BNI. Beberapa point di bawah ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  • Setiap nasabah Tabunganku akan memperoleh bukti kepemilikan berupa buku tabungan tapi tidak mendapatkan kartu ATM.
  • Transaksi penyetoran tunai dapat dilakukan setiap saat melalui teller Kantor Cabang BNI yang  tersebar di seluruh Indonesia.
  • Transaksi penarikan tunai dapat dilakukan setiap saat melalui teller  di Kantor Cabang BNI tempat pembukaan rekening tanpa kenakan biaya penarikan untuk 2 (dua) kali transaksi per bulan.
  • Transaksi penarikan  ke-3 dan seterusnya tiap bulannya dikenakan biaya Rp 1.000/transaksi.
  • Transaksi penarikan tunai di Kantor Cabang BNI tempat pembukaan rekening minimal Rp 100.000
update: 28 februari 2015
Berdasar info di kotak komentar, tabunganku BNI sekarang ada fitur ATM.  Yang mengetahui fitur lainnya tolong kasih info kan ya
-------------

TabunganKu Yang Paling Bagus 


Nah ini dia juaranya, juara bersama produk tabunganku;  BII Maybank dan CIMB Niaga. Tabunganku dari dua bank ini sama-sama ngasih fitur ebanking lengkap;  kartu ATM, fasilitas internet banking dan mobile banking.

Kartu ATM nya pun di samakan dengan produk utama bank bersangkutan; berlogo master card dan dapat menarik uang dalam jaringan ATM lain.

Bagusnya lagi, kedua bank ini tidak mengenakan biaya tambahan meskipun memberi  fitur lebih. Jadi tabunganku dari dua bank ini masuk kategori Grade  A.


TabunganKu BII Maybank


Dengan setoran awal cuma 20 ribu dan langsung dapat kartu ATM yang bisa dipakai pada jaringan ATM lain. Internet banking. Mobile banking. Serta tidak ada biaya admin tambahan tiap bulannnya. Sepertinya Tabunganku dari BII Maybank sudah lebih dari cukup untuk penabung pemula, mahasiswa yang masih labil ekonomi, anak muda di bawah “20 my age”,   atau orang tua yang ingin ngasih ATM khsusus untuk anaknya yang masih duduk di sekolah SMA atau SMP yang tidak ingin membuat tabungan khusus untuk anak-anak.

  • Mendapat ATM BII berlogo mastercard dalam jaringan ALTO, Bersama, Prima BCA, yang bisa berfungsi sebagai debit card.
  • Fasilitas internet banking, Mobile banking
  • Limit  tarik tunai di ATM  per hari maksimal Rp 2 juta, sementara di cabang tempat membuka rekening Rp.10 juta.
  • Penarikan tunai gratis maksimal 5 kali dalam satu bulan. Transkasi ke-6 dan seterusnya dalam satu bulan akan di kenakan biaya Rp.2 ribu
  • Setoran bisa di lakukan di seluruh kantor cabang/cabang pembantu BII Maybank dimanapun tempatnya.

TabunganKu CIMB Niaga


Seperti hal nya di BII Maybank, Tabunganku CIMB Niaga juga cocok untuk semua kriteria yang saya sebut diatas.

  • Dapat kartu ATM dan bebas biaya administrasi kartu bulanan
  • Jumlah minimum penarikan di counter sebesar Rp 100.000
  • Jumlah penarikan di ATM sebesar Rp.1000.000,-
  • Fitur internet banking dan mobile banking

Namun, jika jenis produk ini dirasa kurang minat, coba buka tabungan CIMB Niaga AirAsia Savers.

update:
Ada tambahan informasi dari teman komentar dibawah;
Bagi yang belum bekeja dan ingin membuat tabungan di cimb niaga di haruskan membawa ktp orang tua, dan mengisi surat pernyataan yang di tanda tangani orang tua, adapun form sudah disediakan oleh pihak bank.
--
**

Begitulah kira-kira sekilas tentang tabunganku, semoga dapat menjawab pertanyaan bagi mereka yang sedang riset tentang tabunganku dari bank mana yang bagus, yang pakai ATM, yang dapat kartu ATM, atau yang ada fasilitas internet banking-nya, dari masing-masing bank.

Untuk di catat, meskipun tabunganku tidak ada potongan biaya tiap bulannya, tapi perlu di perhatikan adalah ketentuan dormant alias penabung pasif. Jika tidak aktivitas transaksi selama periode tertentu maka akam timbul biaya administrasi alias potongan, yang ujung-ujungnya saldo bisa habis juga.

Ketentuan dormaint ini bisa berbeda satu bank dengan bank lainnya, bisa setelah tiga bulan atau enam bulan. Jadi silahkan tanyakan  pada CS nya saat membuka rekening tentang berapa lama ketentuan dormant di berlakukan.

Menutup artikel ini,  saya mengajak teman-teman untuk untuk berbagi pengalaman dengan tabunganku yang dimiliki. Entah yang puas atau yang kecewa setelah membuat rekening tabunganku, ini juga sekaligus untuk koreksi jika ada yang keliru dari posting yang saya buat. Tujuannya; supaya teman-teman lain  yang ingin bikin rekening dapat terbantu.

Terima kasih telah membaca.

update: 
mohon maaf semua komentar baru dihalaman ini gak bisa tampil, diskusinya di lanjutin di halaman baru : Fitur tabunganku pilihan netizen

Posting Komentar untuk "TabunganKu Yang Paling Bagus Dapat ATM"