Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabungan Syariah Tanpa Biaya Administrasi Yang Bagus

Cukup mudah nemuin  tabungan syariah tanpa biaya administrasi bulanan, tinggal pilih produk tabungan  di bank syariah dengan akad  wadiah, maka  akan gratis biaya admin untuk pemeliharaan rekening setiap bulan. Memang tidak semua, tapi kebanyakan bebas potongan. Jadi pokok simpanan tidak berkurang satu rupiah pun.

Meskipun tidak ada potongan saldo setiap bulannya, bukan berarti perbankan syariah mengesampingkan fasilitas yang di sertakan demi memanjakan nasabah. Misalnya fasilitas ebanking ( ATM, internet banking, mobile banking dll ), kemudahan penyetoran di cabang konvensional dll.

Berangkat dari sana, mungkin kita punya imaginasi sesaat, bahwa kesan bagus tidaknya nama bank syariah dan produk tabungannya, tidak bisa lepas dari sang induk.

Selidik punya selidik, ternyata tidak demikian, karena bank dengan nama besar di konvensional tidak menjamin unit syariah nya mengikuti.

Okelah, buat teman-teman yang ingin membuat rekening tabungan di  islam banking, berikut beberapa produk simpanan tanpa biaya administrasi di bank syariah beserta fitur dan beberapa hal yang perlu di ketahui. Tentang apa keuntungan dan kerugian nabung di bank syariah, silahkan lanjut aja dulu baca nya.


Tabungan Faedah iB ,  BRI Syariah

Boleh di coba nih, tanpa ada potongan apa-apa setiap bulannya. Bahkan untuk menggunakan kartu ATM di bank lain dalam jaringan Prima dan Bersama juga gratis. Yang penting saldo simpanan diatas 50ribu, serta harus ada transaksi minimal  satu kali dalam enam bulan supaya rekening tetap aktif.

Selain ATM yang di dapat, nasabah tabungan faedah BRI Syariah juga dapat fasilitas mobile banking dan internet banking jika menginginkan.

Ulasan lebih jauh  produk ini saya telah tulis pada artikel keuntungan Tabungan Faedah BRI Syariah, silahkan di baca ya kalo mau lengkap.


Tabungan iB Hasanah, BNI Syariah

Kalau nabung di BNI Syariah yang bebas biaya pilih produknya ib Hasanah akad wadiah.   Ingat ya tabungan ib Hasanah itu punya dua prisip, wadiah dan mudharabah. Yang wadiah tanpa ada biaya bulanan, sementara yang mudharabah ada potongan sebesar Rp 5000,- Baca : Tabungan BNI Syariah akad wadiah dan mudharabah.

Fiturnya, dapat kartu ATM, bisa internet banking,  bisa menggunakan mobile banking dengan android  blackberry iphone windows mobile bahkan java.


Tabungan X-Tra iB, CIMB Niaga Syariah

Ini juga tanpa biaya administrasi bulanan dari CIMB Niaga Syariah. Untuk membuat simpanan ini cukup siapkan uang 200 ribu untuk setoran awal. Selanjutnya silahkan nikmati semua fitur yang sama dengan tabungan X-Tra seperti halnya di CIMB Niaga biasa. Misalnya menggunakan mesin ATM yang sama, internet banking login pada website yang sama, atau mobile banking dengan aplikasi yang sama juga.


Tabungan Simas iB, Bank Sinarmas Syariah

Pilih Tabungan Simas iB dengan akad wadiah, maka tidak akan ada biaya admin setiap bulannya. Setoran awal ringan, cukup 100 ribu saja siapapun dapat membuat rekening disana.

Bentuk laporan transaksi bisa di pilih antara buku tabungan atau e-statement. Tinggal di sesuaikan saja dengan kenyamanan masing-masing individu.

ATM? Tentu di kasih sama bank sinarmas syariah.

Permata Tabungan iB, Bank Permata Syariah

Meskipun dengan akad Mudharabah, simpanan ini membebaskan biaya administrasi setiap bulannya. Yang menarik adalah karena tersedia dalam dua mata uang; rupiah dan dollar. Jadi kalau mau investasi uang dalam mata uang asing  yang sesuai dengan syariah maka produk ini patut di coba.

Setoran awalnya cukup Rp. 250 ribu untuk mata uang rupiah, sementara untuk dollar adalah sebesar usd 100.

Fiturnya bagus dan  komplet, yang mau tarik tunai dengan ATM di sediakan kartu ATM, yang mau transaksi dengan inet banking bisa memakai permatanet, begitu juga dengan mobile banking yang bisa digunakan via ponsel.

Selain tabungan iB diatas, bank permata syariah juga punya produk tabungan gratis biaya administrasi lainnya, yaitu permata optima iB, dengan setoran awal sebesar Rp 5 juta, nasabah akan mendapat keuntungan porsi bagi hasil ( Nisbah ) lebih besar.


Tabungan PaS iB, Panin Bank Syariah

Tabungan ini ada biaya administrasinya sebesar maksimal Rp  5000,- / bulan, tapi jika dalam perhitungan bagi hasil nasabah dalam satu bulan mendapat  kurang dari Rp 5000, maka potongannya adalah sebesar  bonus bagi hasil itu. Misalnya nasabah bulan ini dapat keuntungan imbal hasil dari tabungan PaS iB sebesar seribu rupiah, maka biaya adminya adalah sebesar seribu rupiah juga. Jadi di pastikan biaya admin ini tidak akan memotong pokok simpanan, tetap utuh. Jadi nasabah akan tetap untung, tidak akah rugi.

Untuk yang berminat siapkan uang tunai sebesar 100 ribu rupiah untuk persyaratan setoran awal, dan nasabah akan mendapat kartu ATM dari Panin bank syariah.

Selain itu, di bank panin syariah juga ada produk yang namanya PaS iB Fleksibel. Nah kalo yang ini benar2 bebas potongan setiap bulannya dengan ketentuan saldo mengendap Rp 100 ribu. Untuk setoran awal cukup siapkan uang sebesar Rp 500.000,-


Tabungan iB SiAga, Bank Bukopin Syariah

Yang jadi catatan saya dari produk ini adalah adanya perlindungan asuransi gratis untuk saldo rata-rata akhir bulan minimal Rp 1 juta rupiah. Tidak besar; 10 juta untuk meninggal karena kecelakaan, dan,5 juta jika meninggal  wajar.

Untuk bikin rekening ini cukup dengan uang 50 ribu rupiah untuk setoran awal. Bebas biaya administrasi setiap bulan dan mendapat kartu ATM sebagai fitur yang di sertakan.


Tabungan Bisa iB, Bank Danamon Syariah

Pokonya serba bebas. Bebas biaya admin bulanan, bebas biaya ATM dan pembuatan kartu ATM. Ada dua skema dari tabungan Bisa ib Danamon syariah. Dengan skema  Mudharabah maka nasabah akan mendapat nisbah berapapun saldonya. Untuk skema wadiah tidak di ketahui berapa saldo minimum agar mendapat keuntungan bonus.

Setoran awal tabungan Bisa iB danamon syariah adalah minimum Rp 100 ribu.


Tabungan Batara iB, BTN Syariah

Setoran awalnya Rp 50 ribu. Dapat kartu ATM dan gratis dari biaya. Bisa di bikin di seluruh cabang BTN   Syariah atau di layanan syariah di BTN konvensional.

**

Itulah ringkasan dari tabungan syariah yang bebas biaya administrasi bulanan. Tentu ada batasan saldo minimum mengendap agar tidak ada potongan, tapi, percayalah, saldo minimum mengendap itu tidak lebih besar dari minimum setoran awalnya. Jadi, tabungan syariah bisa di pastikan tidak memberatkan semua lapisan masyarakat di semua golongan dan agama, bagus toh.

 Anda, saya, atau siapapun, anak muda yang masih berpenghasilan pas-pasan,  mahasiswa untuk keperluan menerima transferan dari orang tua, pedagang kaki lima yang menyisihkan sebagian keuntungan untuk berkeinginan membeli toko, ibu rumah tangga yang menyisihkan kelebihan jatah bulanan, bahkan ini juga bagus untuk pelajar  yang ingin memulai berkenalan dengan perbankan, semua bisa nabung di bank syariah.

Sebelum artikel ini saya tutup, diseberang sana ada yang teriak; bagaimana tabungan di unit syariah dari dua bank terbesar indonesia; Bank syariah mandiri dan BCA Syariah. Untuk itu, silahkan baca posting sebelumnya; Tabungan BSM Simpatik, dan Tahapan iB BCA Syariah.

Atau kalau mau baca perbandingan lebih mudah silahkan baca artikel beriikut : Komparasi tabungan syariah Mandiri vs BNI vs BRI

Terima kasih telah membaca. Wasalam....


Posting Komentar untuk "Tabungan Syariah Tanpa Biaya Administrasi Yang Bagus"