Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabungan Faedah BRI Syariah iB

Untuk banyak hal, Tabungan BRI Syariah  iB Faedah lebih bagus dari pada Simpedes ataupun Britama dari bank rakyat indonesia konvensioal. Kenapa saya katakan demikian, kita akan membahas  di halaman ini mengenai beberapa hal, seperti di bawah ini;

Tentang Tabungan Faedah BRI Syariah iB
Fitur dan Biaya Tabungan Faedah BRI Syariah iB
Membandingkan Tabungan Faedah BRI Syariah iB dengan Simpedes dan Britama
Cara Membuat Tabungan Faedah BRI Syariah iB

Note :
Mohon abaikan ketika saya mengunakan variasi kata dengan spasi;  BRI Syariah, yang benar ditulisnya adalah BRISyariah ( kata tersambung)


**

Tentang Tabungan Faedah BRISyariah iB


Tabungan Faedah (Fasilitas Serba Mudah )  adalah produk simpanan dari  Bank Rakyat Indonesia  Unit Syariah ( BRISyariah ). Kita bisa sebut juga ini tabungan BRI Syariah iB ( baca; ai bi ).

Tabungan Faedah adalah simpanan harian untuk perorangan dengan prinsip sesuai syariat  islam dengan skema wadiah atau  Titipan.  Lebih jauh baca; mengenal bank syariah.

Meski pengelolaan berdasar syariat  islam, tapi tabungan dan bank syariah  bersifat universal. Semua golongan agama dapat  membuat rekening di sana. Tak peduli apakah itu mereka beragama kristen, katolik, hindu, budha, atau konghucu.

Nasabah pemilik  tabungan Faedah BRI Syariah dapat melaukan setoran tunai di kantor cabang BRI konvensional yang ada unit layanan syariah-nya.

Karena ini adalah jenis tabungan harian, maka transaksi  tidak terikat  jangka waktu, jumlah penyetoran dan waktu penarikannya. Kapan saja terserah. Sepanjang jam buka kas, atau selama elektonik banking berfungsi.

Tabungan Faedah BRISyariah termasuk simpanan yang di jamin LPS. Jadi kalau ternyata bank ini kolap maka dana nasabah  dijamin pemerintah hingga 2 milyar per nasabah.


Fitur dan Biaya  Tabungan Faedah BRI Syariah iB.


Saya tertarik menulis artikel setelah melihat tayangan iklan TV mengenai produk ini yang dirasa cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, dalam iklan itu terdapat sederet  klaim serba gratis. Betulkah semuanya gratis? Saya telah melakukan beberapa riset kecil-kecilan , sehingga saya bisa menuliskannya disini, yang mereka sebut  7 fasilitas serba mudah.

Biaya - Biaya

  • Setoran awal minimal Rp 50.000
  •  Gratis biaya administrasi bulanan tabungan
  •  Gratis biaya bulanan kartu atm
  • Gratis biaya debit prima
  • Gratis biaya cek saldo di atm bri, jaringan atm bersama & atm prima
  •  Gratis biaya tarik tunai di atm bri, jaringan atm bersama & atm prima
  •  Gratis biaya transfer di atm bri, jaringan atm bersama & atm prima

Untuk tiga item pertama saya langsung percaya, karena sekarang sudah  nge-trend tabungan bebas biaya administrasi dengan setoran awal ringan setelah kemunculan Danamon Lebih, atau belakangan  TabunganKu, serta yang terbaru Simas Lion Ticket.

Yang menjadi perhatian saya terutama pada tiga  item terkahir, yaitu semua gratis;  cek saldo, tarik tunai dan transfer di jaringan ATM Bersama dan Prima. Bagaimana tidak, BRI Syariah bisa membebaskan biaya pada dua jaringan itu. Padahal, biasanya pada bank lain, apabila kita melakukan  cek saldo/  tarik tunai akan di kenakan biaya hingga Rp. 5000,- . Kalaupun di gratiskan biasanya  jika  saldo di rekening mencapai belasan atau puluhan juta rupiah.

Saya coba telepon customer servce BRI Syariah tentang syarat dan ketentuan supaya bebas biaya ketika di gunakan di jaringan ATM Prima dan Bersama, ini untuk mengetahui kalau-kalau ada biaya tersembunyi yang tidak sesuai seperti dalam iklan, serta  tidak  di publish di websitenya. Si CS cuma bilang; yang penting saldo diatas Rp.25.000,- , itu saja, tidak ada hal lain.

update 2 oktober 2014
Mulai 10 november 2014, saldo minimum supaya gratis transaksi di ATM Bersama dan Prima adalah sebesar Rp 500 ribu.
---

Namun sayang, ketika saya belum selesai  bertanya, CS nya bilang  seolah ingin segera mengakhiri pembicaraan;  supaya saya mencari tahu pada teman yang telah telah membuka rekening Faedah BRI Syariah.

Yah beginilah bro, kalo nanya produk tabungan gratis biaya administrasi yang di tujukan untuk kalangan bawah, maka kita akan di vonis orang miskin, yang tidak perlu banyak di kasih penjelasan oleh orang diseberang sana,  hahay........

Biarpun begitu  jangan khawatir teman, saya telah dapat info tambahan, bahwa nasabah memang hanya cukup menahan saldo minimum 25 ribu saja, karena jika saldo kurang dari itu maka akan kena biaya administrasi / potongan perbulan sebesar Rp.2500,-

update 2 oktober 2014

Mulai 10 november  2014 saldo minimum adalah Rp 50.000 , biaya dibawah saldo minimum dikenakan biaya Rp 12.500 / bulan
---

Selain  itu, biaya  juga  bisa timbul  karena faktor rekening pasif  selama enam bulan berturut-turut tidak ada transaksi (dormant). Dalam hal ini akan ada potongan Rp.10 ribu per bulan.

Jadi,  meskipun tidak ada biaya macam-macam untuk menikmati fasilitas dari Tabungan Faedah BRI Syariah  iB , jangan sampai menelantarkan tabungan hingga lebih dari enam bulan berturut-turut, atau membiarkan saldo sampai di bawah Rp.25 ribu.  Kalo itu di lakukan, tetap saja saldo tabungan akan habis  kena potongan seperti di bank lain yang ada biayanya.

e-Banking

Yang juga menarik perhatian saya tentang fasilitas elektronik banking ( e-banking) yang di sediakan Tabungan Faedah BRI Syariah iB, terutama untuk hal yang biasa di lakukan  keperluan sehari-hari.

ATM
Seperti yang telah di singgung diatas, semua nasabah berhak mendapat kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu debet.

Kartu ATM BRI Syariah bisa di gunakan di semua ATM BRI konvensioanal, serta dalam jaringan ATM Bersama dan Prima BCA.

Mobile Banking
Ada empat aplikasi mobile banking yang bisa di install pada ponsel setiap nasabah untuk keperluan transfer, cek saldo, pembelian, pembayaran dll , yaitu, android, blackberry, iphone, java.

Mobile banking BRI Syariah di namakan mobileBRIS, jadi silahkan ketik kaca kunci tersebut pada masing-masing toko aplikasi yang di inginkan, atau lihat link langsung di website www.brisyariah.co.id

SMS Banking
Mereka menamakan smsBRIS,  dengan nomor pengiriman ke 3388. SMS banking dari BRI Syariah ini bisa menjadi pilihan untuk mereka yang masih akrab dengan ponsel fitur.

Operator yang bisa digunakan hingga tulisan ini dibuat adalah Telkomsel, Indosat, XL dan Axis.

Phone Banking
Dapat langsung menghubungi call center di 500-789


Itulah fitur ebanking yang bisa di dapat oleh penabung Faedah BRI Syariah. Sementara fitur internet banking sampai tulisan ini dibuat belum ada. 

Disinilah uniknya  BRI Syariah, biasanya pihak perbankan lebih dahulu membangun  internet banking dari pada layanan ebanking berbasis mobile aplikasi.

Tapi setelah saya pikir-pikir, ternyata masuk akal juga jika managemen BRI Syariah melakukan strategi demikian. Karena  masyarakat indonesia ( terutama di pedesaan) lebih banyak yang memiliki HP dari pada PC. Atau apa karena  investasi untuk pengembangan mobile banking lebih murah? Saya tidak tahu!

uupdate 21 desember 2014
 BRI Syariah sekarang sudah ada fitur internet banking. Yang sudah jadi nasabah silahkan manfaatkan fasilitas tersebut. Yang baru mau buka rekening jangan lupa saat membuka rekening minta langsung di aktifin fitur inet bankingnya

28 maret 2015
Efektif tanggal 6 mei 2015 ada perubahan biaya interkoneksi e-chanel BRI Syariah.  Tranfer antar bank, tarik tunai di BRI atau di atm bank lain akan dikenakan biaya administrasi per transaksi

**

Tabungan Faedah BRISyariah vs Britama, Simpedes


Sepertinya tidak fair membandingkan tabungan BRI Syariah Faedah dengan Simpedes dan Britama. Yang satu simpanan berkonsep syariah islam, sementara yang lain nya bersifat konvesional. Masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan menurut sudut pandang setiap individu.

Namun, karena ini produk simpanan  satu kelurga dari bank sejuta umat, terlebih bagi mereka yang bingung menentukan pilihan, apakah ingin nabung di BRI Syariah, atau nyimpan duitnya di  BRI konvensional, rasanya wajar saja jika saya coba mengadu produk ini, sebagai bahan pertimbagan bagi calon nasabah.

Saran saya;

Nabung di Faedah BRI Syariah iB jika kamu;
Kondisi keuangan masih cekak. Pelajar. Mahasiswa.  Tidak memerlukan bunga / imbal hasil. Memiliki keyakinan bunga bank adalah riba.  Akan lebih sering menggunakan ebanking dengan HP. Jaringan atm bersama dan Prima mudah di jangkau. Buat belanja supaya tidak perlu pegang uang cash.


Nabung di Britama  atau Simpedes jika anda;
  • Dapat menahan saldo diatas 19 juta rupiah untuk Britama dan 10 juta simpedes, agar dapat menghindari berkurangnya saldo karena potongan biaya administrasi.
  • Untuk keperluan bisnis yang memerlukan pemeriksaan saldo secara berkala dengan internet banking, atau sering melakukan transaksi.
  • Individu yang rawan kecelakaan setiap harinya sehingga memerlukan perlindungan asuransi gratis (khusus britama )

Cara Membuka Tabungan Faedah BRI Syariah iB


Untuk membuat rekening cukup datang ke kantor cabang BRI Syariah dengan membawa bukti identitas diri, KTP / SIM / Kartu Mahasiswa / Paspor dll, serta uang tunai untuk setoran awal.

Untuk tahapan-tahapan nya saya  telah menulis pada artikel lain, silahkan  baca; cara menabung di bank.

Itu adalah panduan untuk pemula yang ingin menabung di bank, karena pada dasarnya langkah-langkahnya sama.

**

Itulah beberapa hal yang bisa saya catat tentang Tabungan Faedah BRI Syariah iB. Dengan segala kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan kerugian, produk itu tetap layak untuk nasabah perorangan dimanapun.

Terima kasih telah membaca.

baca juga: merger bris bsm bnis dan btn syariah serrta dampaknya bagi nasabah

Posting Komentar untuk "Tabungan Faedah BRI Syariah iB"