Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabungan CIMB Niaga ON Account Kelebihan dan Kekurangan

Artikel ini atas permintaan seorang pembaca; Ael Ar Syarief, yang disampaikan dalam kotak komentar  pada artikel tabungan CIMB Niaga untuk perorangan.

Jujur deh, saya baru sadar kalau CIMB punya produk baru tersebut. Nggak ngeh. Padahal saya follow akun twitternya, sering bolak-balik login juga di CIMBClick.

Setelah saya perhatikan, baca, dan bertanya by phone di call center 14041, maka pada artikle ini  saya  ambil beberapa catatan mengenai kelebihan dan kekurangan tabungan CIMB Niaga On Account.

Fitur dan Biaya ON Account CIMB Niaga

Kalau ngomongin fitur, ON Account CIMB Niaga sudah lebih dari dari cukup. Semua elektonik banking tersedia. Internet banking di CIMBClick, Mobile Banking dengan Go Mobile yang didalamnya terdapat rekening ponsel, Kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu debet, Phone banking di 14041, CDM, dll.

Jadi untuk faslitas, kita sudahi sampai disini. Namun jika ingin panduan tambahan, silahkan baca artikel berikut; Cara aktivasi Go Mobile.

Item
Rp

Setoran awal minimal
1000.000
Biaya administrasi bulanan
Gratis 
Saldo mengendap minimum
50.000
Cek saldo dan tarik tunai di ATM CIMB Niaga
Gratis
Tarik Tunai di ATM  jaringan Bersama & Prima BCA untuk saldo sebelum penarikan ≥ Rp 1 juta
Gratis
Tarik tunai di ATM Bersama & Prima untuk saldo sebelum penarikan <  Rp 1 juta
5500
Biaya transfer ke bank lain dalam jaringan Bersama dan prima u/saldo ≥ Rp 1 juta
Gratis
Biaya transfer antar bank  Kliring ( SKN ) di inet dan mobile banking u/ saldo rata2 bulanan < 1 Juta
5000
Biaya transfer RTGS  di inet dan mobile banking u/ saldo rata2 bulanan < Rp 1 juta
25.000
Biaya penutupan rekening
Gratis



Kelebihan ON Account CIMB Niaga

Yang paling menarik dari produk simpanan ini adalah bebas biaya transaksi dan bebas biaya administrasi dengan syarat saldo mengendap sebesar Rp 1 juta saja. Transaksi berlaku untuk semua penarikan tunai di atm jaringan prima dan bersama. Transfer ke bank lain dengan semua system yang di gunakan. Semuanya gratis.

Dengan begitu, pemegang tabungan ON Account dipastikan bisa leluasa tarik tunai di ATM BCA Mandiri BNI BRI dan puluhan bank lain. Atau bisa juga transfer ke bank-bank tersebut tanpa dikenakan biaya, baik dari ATM, Internet banking, GO Mobile ataupun phone banking.

 Note: mekanisme gratis tarik tunai dan/atau transfer melalui  interkoneksi provider ATM atau transfer melalui sistem kliring BI, adalah dengan sistem refund. Pada saat transaksi akan tetap ada biaya, biaya pemotongan akan di balikin lagi dalam waktu maksimal satu bulan ( info by niken)
Dengan semua kebebasan seperti itu, ada tanda tanya besar di otak saya; Sampai kapan semua transaksi  tersebut serba gratis? apakah akan terus berlangsung. Atau ini bagian dari promo produk baru?

Jawabannya belum saya temukan. Karena ketika saya tanyakan di 14041, mereka juga belum memberi kepastian.  Namun saya akan update jika ada perkembangan baru. Bagi yang telah mengetahui terlebih dahulu nantinya tolong ya informasikan di kotak komentar.

update; 16 februari 2015
Beberapa teman menyampaikan masalah mengenai pengembalian biaya transfer yang tak kunjung diterima. Pastikan teman-teman membaca  pengalaman mereka pada komentar dibawah artikel ini
---------------------------------

Kelebihan/keunggulan ON Accout Lainnya adalah bisa di buka secara online. Setelah itu antara 2-30 hari harus di tindak lanjuti di kantor cabang untuk pengambilan kartu ATM dan setoran awal. Atau kalau tidak mau datang ke kantor cabang, bisa juga pihak CIMB Niaga yang datang ketempat kita, dengan syarat setoran awalnya minimal Rp 2 juta.

Untuk membuka rekening secara online berikut linknya https://aovi.cimbniaga.co.id/aovi/index.jsp

Kekurangan ON Account CIMB Niaga

Kekurangan yang paling mendasar dari tabungan ini adalah soal transaksi di kantor cabang. Setoran dan penarikan hanya bisa di lakukan melalui e-chanel.



Namun bagi nasabah CIMB Niaga sebenarnya hal itu bukan masalah besar. Kalau mau nabung atau ambil duit bisa dilakukan di Alfamart atau indomaret yang jumlahnya bertebaran di seluruh pelosok tanah air. Yang jumlahnya lebih banyak dari kantor cabang bank tebesar sekalipun.

Caranya dengan menggunakan rekening ponsel sebagai HUB. Kalau mau nabung, kita bisa top up rekening ponsel dari indomaret atau alfamart. Kemudian saldo rekening ponsel itu di transfer ke rekening ON Account atau tabungan CIMB Lainnya.

Kalau mau ambil uang tunai. Kita transfer dari ON Account ke rekening ponsel. Lalu buat kupon sebesar uang yang mau diambil. Kemudian ambil duit di kasir pada kedua minimarket tersebut. Bahasan lengkap mengenai rekening ponsel telah saya tulis pada panduan rekening ponsel CIMB niaga.

Solusi menggunakan rekening ponsel  sebagai penghubung tersebut sebagai alternative jika lokasi ATM dan CDM CIMB Niaga jaraknya jauh dari rumah. Jadi cukup datang sekali saja kekantor cabang saat membuka rekening, kemudian biarkan kita bertransaksi secara digital, ini zamannya branchless banking Bung!

Catatan Tambahan:

Produk ini cocok buat kamu yang berpikiran logis, termasuk didalamnya anak muda dan mahasiswa. Atau mereka yang terbiasa dengan gadget sehari-hari. Kalau orang yang pikirannya kuno, yang berpikir aktivitas perbankan hanya bisa dilakukan antara kamu dan karyawan bank, maka tidak cocok membuka ON Account.

Terlepas dari tanda tanya soal bebas biaya transaksi interkoneksi diatas, namun berminat menjadi nasabah di CIMB Niaga, produk ini layak untuk dimiliki. Kalaupun biaya interkoneksi diberlakukan (semoga tidak),  masih punya peluang untuk bebas biaya administrasi bulanan dengan threshold saldo ringan.
Hal itu jika mengacu pada dua produk CIMB Niaga lainnya; AirAsia Saver dan Hypermart Savers. Baca : threshold saldo supaya bebas biaya administrasi.

Dari sisi lain, pihak CIMB Niaga dituntut untuk sigap menyelesaikan masalah berbasis teknologi. Jangan sampai ketika nasabah mengadu masalah yang dialami via telepon atau social media, malah disuruh datang kekantor cabang. Ini akan jadi kontradiktif nantinya. Kecuali masalah yang memang harus diselesaikan di kantor cabang. Soal begini sebenarya saya tidak berbicara untuk satu bank secara khusus, tapi semua perbankan. Geli aja gitu kalau telepon disuruh datang kekantor cabang terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sekian. Terima kasih telah membaca

Posting Komentar untuk "Tabungan CIMB Niaga ON Account Kelebihan dan Kekurangan"