Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Orang Bisa Sukses Berbisnis Kok, Asal Bisa Hindari Jebakan Betmen Ini

Tujuan orang membuka usaha jelas ingin meraih kesuksesan. Tapi banyak yang ambruk di tengah jalan lantaran banyaknya jebakan.

Umumnya, jebakan ini menjerat pebisnis pemula yang belum banyak makan asam-garam dunia usaha. Tapi bukan berarti yang sudah lama berbisnis pasti bisa menghindari jebakan betmen ini.

Justru keuntungan bisa didapat kita-kita yang sedang berniat membangun usaha. Caranya, pahami jebakan betmen tersebut, dan hindari!

Berikut ini jebakan yang sering bikin impian sukses berbisnis sirna:

1. Terlalu ingin tampil beda

Tampil beda itu penting, biar bisa menonjol daripada yang lain. Namun bukan asal tampil beda. Kita tetap harus logis mempertimbangkan selera pasar dan bujet bisnis.

Misalnya buka warung martabak. Agar beda, telurnya diganti telur puyuh. Mungkin terkesan keren, tapi kandungan kolesterol telur puyuh adalah yang tertinggi dibanding bebek dan ayam.

bisa sukses berbisnis
Nyam, nyam, siapa sih yang gak suka martabak, kalau enak pasti bakal beli terus ya! (Martabak Boss / Shopcoupons)

Pembeli yang paham pasti akan mikir. Apalagi dalam satu porsi martabak butuh banyak telur puyuh, yang ukurannya kecil-kecil. Bisa-bisa bujet untuk telur melebihi gaji karyawan.

2. Yang penting buka dulu

Bob Sadino memang pernah ngomong bahwa bisnis yang bagus itu yang dibuka. Tapi bukan asal buka kali. Seringnya modal menghambat niat buka bisnis bukan tanpa alasan.

Sebaiknya, pertimbangkan masak-masak modal yang sekiranya kuat untuk menopang bisnis. Selain untuk membuka, modal paling tidak tersedia untuk kegiatan operasional 2-3 bulan ke depan, syukur-syukur sampai 1 tahun.

Ini gunanya untuk menghindari bisnis macet di jalan karena belum memenuhi target jumlah pelanggan. Misalnya modal buka toko online Rp 10 juta, paling gak jumlah yang sama tersedia sebagai cadangan jika butuh suntikan modal tambahan.

3. Terlena kesuksesan sementara

Ketika bisnis mulai menuai hasil positif, jangan sampai terlena. Uang hasil usaha mesti dikelola dengan baik, bukan langsung dibelanjakan ini-itu.

Malah, kalau bisa laba diputar lagi ke dalam bisnis agar terus menghasilkan. Ini untuk memanfaatkan tren positif yang sedang dialami bisnis.

bisa sukses berbisnis
Sis, jangan langsung kalap belanja ya baru untung sedikit udah shopping terus nih! (Belanja / Hipwee)

Bisnis yang digenjot saat laba meningkat diharapkan dapat menambah keuntungan usaha. Namun rencana bisnis tetap harus diperhatikan. Jorjoran menambah produksi dari laba juga belum tentu baik untuk keberlangsungan usaha.

4. Pengin pamer

Penghasilan pengusaha memang bisa jauh melebihi karyawan. Tapi menjadi pengusaha bukanlah ajang pamer status atau penghasilan.

Saat penghasilan meningkat, nafsu pamer bisa muncul seketika. Kita harus sadar akan hal ini dan mengontrolnya.

Lebih baik tampil sederhana di depan umum tapi di dalam makmur sejahtera. Uang dari keuntungan usaha bisa diolah lagi atau diinvestasikan ke instrumen lain, misalnya properti atau reksa dana.

5. Emosional

Memang, kita sebaiknya gak menghadapi masalah bisnis dengan panik dan terburu-buru. Misalnya saat pasokan terhambat, gak perlu langsung marah-marah ke pemasok.

Atau bingung sendiri karena pelanggan mulai berdatangan. Hubungi dulu pemasok, tanya alasannya. Jika terjadi hal di luar rencana, seperti jalan macet atau bencana, maklumi.

Pelanggan pun pasti maklum. Kalau ada kesalahan, baru kita bisa menuntut tanggung jawabnya. Pemasok lain pun pasti siap menerima order dari kita kok.

bisa sukses berbisnis
Aduh mbak sis jangan marah-marah nanti cepat keriput loh hehehe (Perempuan Berteriak / Blogspot)

6. Terlalu nyaman

Saat usaha berjalan positif, tentu kita akan lega. Namun jangan sampai terjebak perasaan terlalu nyaman. Tantangan usaha bisa datang kapan saja.

Usaha tetap harus digenjot dan dijaga. Misalnya tetap menjalankan promosi baik di media sosial maupun konvensional.

Konsistensi dan keseriusan dalam usaha sangatlah penting. Meski begitu, gak ada salahnya kita liburan untuk menikmati hasil usaha.

Menjadi pengusaha itu gampang. Yang susah adalah memastikan kesuksesan. Usaha untuk meraih kesuksesan pasti menghadapi beragam rintangan, termasuk sederet jebakan betmen di atas.

Kita harus tahu itu agar gak kaget. Strategi pun bisa disiapkan agar kesuksesan yang didapat, bukan kebangkrutan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 5 Ide Promosi Bisnis Online yang Tepat Sasaran]

[Baca: Kenali 3 Kunci Penting untuk Menjadi Pebisnis Online yang Sukses]

[Baca: Sebelum Memulai Bisnis Siapkan Bisnis Plan Dulu, Berikut 5 Alasannya]

Posting Komentar untuk "Semua Orang Bisa Sukses Berbisnis Kok, Asal Bisa Hindari Jebakan Betmen Ini"