Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Ragu Gunakan e-Statement !

Jika ada dua pilihan laporan transaksi rekening tabungan antara passbook (buku tabungan )  dan e-statement ( rekening koran elektronik), maka saya akan merekomendasikan e-statement kepada siapapun.

"Dengan e-statement, nasabah akan di kirim rincian pernyataan transaksi  selama satu bulan ke alamat email yang telah di daftarkan"

Belakangan semakin marak produk tabungan menggunakan e-statement , kita ambil contoh   CIMB Niaga AirAsia Saver, Simas Lion Ticket, atau PermataMe bank permata. Kehadiran mereka seperti mempertegas bahwa kini zamannya serba elektronik. Lebih dari itu, ini juga sebagai upaya perbankan menerapkan green banking di institusinya.

Kita anak-anak muda yang telah melek teknologi seharusnya tidak perlu ragu dengan system demikian, yuk kita dukung, move on ya ke e-statement!


Keuntungan

Banyak keuntungan yang di dapat ketika fitur ini di jalankan secara luas, diantaranya;

Transaksi Lebih Terperinci

Laporan transaksi apapun dapat di lihat dalam satu dokument itu. Setoran, tarik tunai di atm, transfer  antar rekening bank, pembelian ke mana, bunga bank dll.

Bandingkan jika menggunakan passbook, semua transaksi yang pernah kita lakukan hanya bisa dilihat jika mencetak buku tabungan. Apabila tidak mencetak dalam periode tertentu, maka hanya akan terlihat hanya total kredit dan debet saja selama periode itu.

Belum lagi jika kita bicara biaya, pihak bank akan mengenakan biaya pada setiap cetak buku tabungan. Ini diluar biaya yang di keluarkan untuk biaya transport ke bank loh.


Go Green

Meski saya tidak tahu data mengenai berapa banyak penghematan kertas beserta  tinta printer karena tidak menggunakan buku tabungan, tapi sedikitnya, ini sebagai upaya menghemat penggunaan kertas, yang bermula dari penebangan hutan.


Yang Perlu di Perhatikan


Karena dokument rincian transaksi di kirim ke alamat surat elektronik, maka di perlu di perhatikan keamanan akun email itu;

Sebaiknya, alamat email itu hanya di khususkan untuk keperluan  e-banking saja. Tidak untuk yang lain. Jadi, jangan di satukan dengan email yang di pernah di pakai untuk facebook atau twitter. Buat email baru hanya satu menit kok.  Bikin  saja di gmail, karena di percaya lebih aman di banding yang lain.

Begitulah kira-kira

Posting Komentar untuk "Jangan Ragu Gunakan e-Statement !"